10 Produk Asuransi Keluarga Yang Cocok Bagi Anggota Keluarga Anda

Produk Asuransi Keluarga

Di perkotaan, semakin banyak keluarga yang sadar akan pentingnya asuransi. Hal ini berimbas kepada semakin banyaknya produk asuransi keluarga yang ditawarkan.

Produk jasa asuransi keluarga yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi antara lain mulai dari asuransi kesehatan, asuransi kendaraan bermotor, asuransi jiwa, asuransi aset tetap ataupun asuransi pendidikan.

Berikut kami akan membahas mengenai jenis-jenis asuransi yang cocok bagi seluruh anggota keluarga anda:

1. Asuransi Kesehatan

asuransi kesehatan keluarga

Asuransi kesehatan keluarga merupakan asuransi yang paling banyak digunakan oleh hampir semua anggota keluarga. Hal ini karena asuransi kesehatan keluarga merupakan salah satu kebutuhan mendasar bagi setiap orang.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi kesehatan, yaitu kita haruslah betul-betul memahami apa saja yang ditawarkan oleh pihak asuransi. Mulai dari premi yang dibayar, fasilitas kesehatan yang didapatkan hingga kemudahan yang ditawarkan.

Bertransaksi dengan perusahaan asuransi yang terpercaya. Serta harus betul-betul memahami isi perjanjian polis, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman ketika melakukan klaim.

Jangan mudah tergiur oleh asuransi murah untuk keluarga anda. Karena harga yang murah belum menjamin kualitas yang diberikan. Kesehatan keluarga anda lebih berharga dibandingkan harga murah yang ditawarkan oleh pihak asuransi.

Contoh produk asuransi kesehatan : Prudential, Allianz, Sinarmas, AXA Mandiri, BNI Insurance, Manulife.

2. Asuransi Rumah

Produk asuransi yang tak kalah pentingnya yaitu adalah asuransi untuk rumah. Jika terjadi hal yang tak diinginkan terhadap rumah kita maka tentu saja ikut merugikan anggota keluarga yang lainnya.

Namun, yang perlu diperhatikan sebelum mengasuransikan rumah kita adalah dengan memahami segala ketentuan polis yang akan diambil. Biasanya rumah dengan ukuran tertentu serta aset didalamnya memiliki nilai polis yang beragam.

Untuk itu diperlukan estimasi yang akurat mengenai produk asuransi yang akan anda ambil.

3. Asuransi Pendidikan

Pendidikan menjadi salah satu prioritas produk asuransi bagi keluarga. Bagi orangtua, memberikan pendidikan terbaik merupakan kewajiban para orangtua.

Ada dua metode yang biasa digunakan pada asuransi pendidikan. Yaitu dwiguna (endowment) dan asuransi unitlink.

Asuransi Endownment

Asuransi endownment adalah asuransi yang bersifat dua fungsi (dwiguna). Dimana kita diwajibkan untuk membayar selama periode yang telah ditetapkan.

Namun, selama premi berjalan jika ada hal yang tidak diinginkan maka kita dijamin akan mendapat tanggungan. Dan di akhir periode premi pun kita akan mendapatkan manfaat dari asuransi. Lebih bersifat seperti tabungan deposito.

Asuransi Unitlink

Sedangkan asuransi unitlink adalah asuransi yang bersifat mencari perlindungan jiwa dengan tambahan investasi, meski berisiko dana pada akhir kontrak jauh dari perhitungan awal karena investasi tidak berjalan lancar.

4. Asuransi Kendaraan Bermotor

Meskipun asuransi dianggap sebagai asuransi yang tidak terlalu penting. Produk asuransi kendaraan bermotor dinilai cukup memberikan manfaat bagi para penggunanya.

Mengingat tingginya angka kendaraan bermotor yang ada di jalan maka, risiko untuk terjadinya kecelakaan juga semakin tinggi. Oleh sebab itu diperlukan produk asuransi kendaraan bermotor.

Contoh produk asuransi : Tokio Marine Auto, ACA Auto Asuransi, Autocilin, AXA Mandiri Otomotif dan sebagainya.

5. Asuransi Berbasis Syariah

asuransi berbasis syariah

Pada dasarnya asuransi konvensional dan asuransi syariah memiliki persamaan metode. Namun, perbedaannya adalah asuransi syariah mengedepankan syariah islam sebagai pedoman dalam bertransaksi.

6. Asuransi Perjalanan

Ketika anda melakukan perjalanan/travelling sebaiknya menggunakan produk asuransi perjalanan untuk mencegah risiko yang dapat terjadi. Mulai dari kehilangan bagasi, kecelakaan dan sebagainya. Dengan begitu, anda memiliki jaminan santunan atau klaim biaya kesehatan bila terjadi hal yang tidak diinginkan.

7. Asuransi Pensiun

Untuk mempersiapkan masa pensiun, perlu rasanya bagi para pekerja memiliki asuransi guna menyongsong hari tua nanti.Ada banyak pilihan produk asuransi dana pensiun yang bisa anda ambil. Seperti pada bank konvensional maupun syariah.

8. Asuransi Jiwa

Tujuan utama produk asuransi adalah untuk melindungi serta memberikan jaminan kepada anggota keluarga ketika hal yang diinginkan terjadi. Manfaat lain dari asuransi jiwa adalah :

  • Sebagai bentuk jaminan keluarga
  • Investasi masa depan
  • Dapat digabung dengan asuransi lainnya

9. Jaminan Sosial

asuransi jaminan kesehatan

Sama seperti produk asuransi kesehatan, jaminan sosial juga memberikan jaminan atas hak hidup masyarkat. Mulai dari pengobatan medis hingga santunan atas kematian pemegang jaminan.

Perbedaan utamanya terletak pada pendanaan jaminan tersebut. Karena jaminan sosial merupakan program pemerintah dan mendapatkan dana subsidi. Beberapa contoh jaminan sosial adalah BPJS, Asuransi Kesehatan dan Kartu Indonesia Sehat.

10. Asuransi Untuk Orang Lanjut Usia

Di usia tua, orang tua semakin rentan terhadap penyakit-penyakit kritis. Untuk itu kita perlu mempersiapkan asuransi untuk mengantisipasi hal -hal seperti berobat, rawat inap, operasi dan sebagainya.

dengan menggunakan asuransi maka kita memimalisir pengeluaran yang tak terduga sehingga neraca keuangan keluarga tetap aman terkendali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *