Memahami Apa Itu Investasi Saham dan Jenis-jenisnya

apa itu investasi saham

Investasi merupakan salah satu kata yang sering didengar di telinga masyarakat. Investasi ini menjadi salah satu dari banyak jenis investasi yang bisa dilakukan, seperti investasi emas, deposito, reksadana, properti dan sebagainya. Memahami apa itu investasi saham menjadi hal yang cukup penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar sebagai calon investor, kita dapat mengetahui apa saja kelebihan dan kerugian dari jenis investasi ini. Juga untuk mengantisipasi adanya resiko investasi yang mungkin terjadi di masa depan. Saat ini, banyak anak muda yang menjalankan investasi ini karena caranya cukup mudah dan bisa dilakukan melalui Smartphone. 

Apa Itu Investasi Saham? 

apa itu investasi saham
Mengenal Jenis Investasi Saham

Pengertian investasi saham merupakan kegiatan penanaman modal yang dilakukan dengan cara membeli beberapa saham di suatu perusahaan dengan tujuan untuk mendanai keperluan serta mendukung jalannya ekonomi. Dengan melakukan kegiatan ini bisa memberikan banyak keuntungan bagi penanam modal.

Pengertian lain dari investasi saham adalah kegiatan menanam modal, baik dalam bentuk fisik atau non fisik, dengan tujuan untuk mendukung jalannya perekonomian. Orang yang menanam saham disebut dengan investor. Dalam jangka waktu tertentu investor tersebut nantinya akan memanen hasilnya. Dengan kata lain melakukan investasi saham untuk mendapatkan keuntungan. 

Apa Saja Jenis-Jenis Investasi Saham?

apa itu investasi saham
Berbagai Jenis Investasi Saham

Perlu diketahui bahwa investasi saham dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

1. Investasi Saham Biasa (Common Stock)

Jenis investasi saham satu ini adalah yang paling sering digunakan oleh emiten (perusahaan publik). Selain itu, investasi saham biasa menjadi yang paling populer di pasar modal. Bisa dikatakan banyak orang yang menggunakan investasi jenis ini. 

Adapun karakteristiknya adalah memiliki hak suara dalam memilih dewan direksi beserta keputusan lainnya yang ditetapkan saat rapat umum pemegang saham. Apabila mengeluarkan saham baru maka harus memberikan hak untuk didahulukan membeli saham sebelum ditawarkan ke publik. Terakhir barulah kepada perseroan terbatas (PT).

2. Investasi Saham Preferen (Preferred Stock)

Berbeda dengan jenis saham sebelumnya, investasi saham preferen lebih mendahulukan hak pemiliknya dibandingkan pemilik saham biasa. Investasi saham jenis ini memiliki beberapa karakteristik, seperti pembayaran dividen akan diprioritaskan, jumlah dividen tidak berubah, mempunyai hak suara lebih dibanding saham biasa, serta saham preferen bisa diubah menjadi saham biasa.

Sementara itu, berdasarkan kinerja perdagangannya, investasi saham dibagi menjadi 7, antara lan:

1. Blue Chip 

apa itu investasi saham
Jenis Saham Blue Chip

Jenis investasi saham ini merupakan saham biasa yang mempunyai reputasi tinggi sebagai pemimpin dalam dunia industri.. 

2. Income Stocks

Investasi saham ini juga bisa disebut saham emiten dan mempunyai kemampuan membayar dividen dengan rata-rata lebih tinggi dibanding dividen sebelumnya.

3. Growth Stocks 

Jenis investasi saham ini terdiri dari saham saham terkenal maupun saham kurang terkenal atau tidak terkenal. 

4. Speculative Stocks 

Speculative stocks merupakan jenis saham yang secara konsisten mendapatkan penghasilan atau keuntungan dan juga memiliki potensi penghasilan lebih tinggi di masa depan.

5. Cyclical Stocks 

Jenis saham ini ini adalah jenis saham yang tidak terpengaruh oleh berbagai macam pergolakan dalam ekonomi makro.

6. Emerging Growth 

Investasi saham jenis ini saham yang diterbitkan suatu perusahaan memiliki jumlah relatif kecil namun stabil  meski dalam kondisi ekonomi yang sedang tidak memungkinkan.

7. Defensive Stocks 

Investasi saham ini akan tetap stabil meski dalam kondisi atau keadaan yang sedang tidak pasti dan tidak menentu.

Demikianlah informasi mengenai apa itu investasi saham dan jenis-jenis saham yang bisa digunakan sebagai instrumen investasi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para pembaca agar lebih memahami mengenai jenis investasi satu ini ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *