Pahami Apa Itu Pasar Sekunder dan Mekanisme Pasar Sekunder

apa itu pasar sekunder

Bagi orang awam pasti banyak yang bertanya-tanya mengenai apa itu pasar sekunder. Pasar sekunder juga dikenal dengan istilah secondary market. Istilah pasar sekunder seringkali di dengar atau dilihat ketika sedang membahas mengenai pasar modal. Hal ini dikarenakan dalam pasar modal terdapat dua jenis pasar yaitu pasar perdana dan pasar sekunder.

Apa Itu Pasar Sekunder?  

apa itu pasar sekunder
Memahami istilah pasar sekunder atau secondary market

Pasar sekunder itu sendiri merupakan pasar keuangan yang digunakan untuk memperdagangkan sekuritas yang telah diterbitkan. Dalam hal ini sekuritas yang dimaksud adalah saham dan juga obligasi. Dimana Bursa Efek Indonesia (BEI) merupakan tempat untuk transaksi jual beli saham di pasar sekunder.

Kemudian saham akan dicatat dan diperdagangkan di BEI setelah dijual di pasar primer. Dimana perantara perdagangan efek (broker) bisa memperdagangkan saham suatu perusahaan yang ada di pasar sekunder setelah BEI mencatatnya di papan perdagangan. Dalam hal ini investor sudah bisa menjual dan membeli saham.

Investor bisa menjual dan membeli saham kapan saja dan pada siapa saja. Proses pembelian pastinya dilakukan melalui perusahaan sekuritas. Pasar sekunder bisa dibilang lebih fleksibel dan juga fluktuatif dibandingkan dengan pasar primer. 

Manfaat Pasar Sekunder

Pasar sekunder memiliki peran yang sangat penting bagi pasar modal yang modern dan efisien. Tidak heran jika pasar sekunder memiliki banyak manfaat. Adapun manfaat dari pasar ini yaitu menyediakan platform bagi investor untuk melakukan transaksi perdagangan saham, obligasi, surat utang dan instrumen keuangan lainnya.

Pasar sekunder bertindak sebagai media dalam menentukan harga aset transaksi dengan permintaan dan penawaran. Manfaat lainnya yaitu membantu perusahaan memantau dan mengendalikan persepsi publik. 

Mekanisme Pasar Sekunder

apa itu pasar sekunder
Jalannya mekanisme dari secondary market

1. Bursa Saham dengan Lokasi Fisik

Mekanisme pasar sekunder dengan lokasi fisik yaitu para anggotanya bisa dikatakan memiliki kursi di bursa meski pada kenyataannya semua orang berdiri. Kursi-kursi tersebut diperjualkan dan memberikan hak kepada pemiliknya untuk melakukan perdagangan dalam bursa.

Bursa itu sendiri dibuka pada hari kerja normal dan para anggotanya bertemu di sebuah ruangan besar yang dilengkapi dengan telepon. Tidak hanya itu tetapi juga dilengkapi dengan peralatan elektronik lainnya yang memungkinkan setiap anggotanya bisa berkomunikasi dengan kantornya.

2. Transaksi Jual Beli di Pasar Saham

Bursa saham memfasilitasi komunikasi antara penjual dan pembeli. Dimana bursa tersebut memiliki anggota yang dikenal sebagai spesialis yang mempercepat proses perdagangan dengan mempunyai persediaan lembar saham yang menjadi spesialisasinya. Spesialis akan menjual sebagian persediaannya meski ada perintah beli dan tidak ada perintah jual.

Ketika ada perintah jual, spesialis juga akan membeli dan menambahkan persediaannya. Dimana spesialis juga menentukan harga permintaan yaitu harga saham yang bersedia dibayarkan oleh spesialis untuk persediaan saham. Serta harga penawaran yaitu harga saham dijual dari persediaan.

3. Pasar Luar Bursa Saham

Sebagian besar saham dari perusahaan diperdagangkan melalui bursa saham. Jika jumlah saham yang dimiliki lebih besar akan diperdagangkan di luar bursa saham. Hal ini dikenal dengan istilah yang bernana pasar luar bursa saham atau Over The Counter. Lalu apa pengertiannya?

Pasar luar bursa saham adalah sekumpulan besar pialang dan dealer yang terhubung secara elektronis melalui telepon dan komputer yang melakukan perdagangan efek tidak terdaftar. Dimana bursa beroperasi sebagai pasar lelang serta perintah jual maupun beli datang dalam waktu yang hampir bersamaan dan anggota akan mencocokkan perintah tersebut.

Jenis-jenis Pasar Sekunder

apa itu pasar sekunder
Berbagai jenis secondary market secara umum

1. Pasar Reguler

Saham yang diperjualbelikan dalam pasar ini menggunakan satuan lot atau 100 lembar dan settlement t+3. Sedangkan untuk transaksi saham menggunakan mekanisme tawar menawar yang berlangsung selama periode perdagangan. Mekanisme tawar menawar berlangsung secara lelang oleh anggota bursa efek melalui JATS.

2. Pasar Negoisasi

Transaksi jual beli saham yang terjadi dalam pasar negosiasi tidak dilakukan di pasar bursa efek. Akan tetapi, dilakukan dalam pengawasan bursa dan dilakukan melalui anggota bursa. Perdagangan yang ada di pasar negosiasi tidak menggunakan satuan lot tetapi menggunakan satuan lembar.

3. Pasar Tunai

Pasar tunai ini tersedia untuk menyelesaikan kegagalan anggota bursa untuk memenuhi kewajibannya di pasar reguler dan negosiasi. Ketika seseorang membutuhkan dana pada hari yang sama maka bisa menjual saham melalui pasar tunai. Adapun sistem pembayaran yang dilakukan adalah t+0 dan dilakukan di hari itu saja.

Nah itulah penjelasan mengenai apa itu pasar sekunder dan mekanisme pasar sekunder. Diharapkan penjelasan diatas bisa membantu pembaca dalam mengenal dan memahami pasar sekunder. Semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *