Apa Itu Segmentasi Pasar dan Pentingnya dalam Strategi Pasar

apa itu segmentasi pasar

Ketika menjalankan suatu bisnis atau usaha pasti sudah sangat sering mendengar istilah segmentasi pasar. Namun, ternyata masih banyak orang yang belum tahu dan paham mengenai apa itu segmentasi pasar. Padahal keberadaan segmentasi pasar sangat penting sebagai  strategi pasar.

Perlu diketahui bisnis atau usaha yang dijalankan bisa mendapatkan kesuksesan apabila bisa menentukan target pasar yang tepat. Sebelum menentukan target pasar pastinya terlebih dahulu harus melakukan riset. Sebenarnya apa itu segmentasi pasar? Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

Apa Itu Segmentasi Pasar dan Cara Menentukannya

apa itu segmentasi pasar
Memahami pengertian market segmentation

Bagi Anda seorang pebisnis wajib untuk tahu apa pengertian dari market segmentation. Segmentasi pasar merupakan salah satu strategi dalam dunia bisnis dengan mengelompokkan produk yang dimiliki. Dikelompokkan dalam beberapa kategori, seperti kemiripan, kesamaan, minat dan juga kebutuhan pelanggan. 

Pengertian lainnya yaitu market segmentation adalah proses pengelompokan target pelanggan menjadi kelompok-kelompok segmentasi. Pengelompokkan ini akan berbeda dengan faktor pengelompokan tertentu. Dimana pelanggan yang memiliki karakteristik-karakteristik tertentu juga akan berada dalam satu kelompok.

Setelah mendapatkan jawaban dari pertanyaan apa itu market segmentation, selanjutnya harus mengetahui cara menentukannya. Sebenarnya bagaimana cara menentukan segmentasi pasar? Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Menentukan Target Pasar

Bagaimana cara menentukan target pasar? Caranya tergantung dengan kebutuhan bisnis yang sedang dijalankan. Ada tiga hal yang harus diperhatikan, seperti new consumer, focused consumer dan supported consumer. Ketika hal tersebut kemudian merujuk jenis-jenis market segmentation, seperti demografi, harga, produk yang dijual dan juga waktu.

2. Mengetahui Masalah dan Kebutuhan Konsumen

Cara selanjutnya yaitu mencari tahu kebutuhan calon konsumen kemudian disesuaikan dengan produk yang dijual. Untuk mendapatkan informasi mengenai hal ini maka harus melakukan riset dengan bertanya langsung kepada calon konsumen. Jika sudah mengetahui masalah konsumen, selanjutnya tinggal melakukan klasifikasi kebutuhan , keinginan dan masalah konsumen.

3. Mengetahui Perilaku Konsumen

Amati dan analisis perilaku konsumen dengan cara memperhatikan bagaimana konsumen menggunakan produk. Selain itu, bagaimana keadaan sebelum dan sesudah menggunakan produk serta pola tren yang berkaitan dengan produk tersebut. Setelah itu olah data dan analisis data tersebut.

4. Menentukan Strategi Pemasaran Produk

Segmentasi pasar yang dilakukan pastinya memiliki strategi pemasaran produk yang berbeda-beda pula. terlebih jika target pasar juga berbeda. Maka dari itu, sesuaikan target pasar dengan strategi pasar yang dilakukan. Pebisnis bisa menerapkan jenis strategi pemasaran yang merujuk pada market segmentation.

5. Evaluasi dan Respons Pasar

Apabila strategi pasar yang dipilih sudah berjalan dan menghasilkan penjualan, maka perusahaan perlu mengetahui respons dari konsumen. Respons konsumen yang harus diketahui seperti kekurangan produk. Kemudian catat semua masukan yang diberikan konsumen untuk selanjutnya diperbaiki

Manfaat Melakukan Market Segmentation

apa itu segmentasi pasar
Membuat gagasan pemasaran menjadi lebih jelas

Perlu diketahui jika keberadaan market segmentation sangatlah penting sebagai strategi pasar. Jika segmentasi pasar dilakukan dengan benar maka bisnis atau usaha yang dijalankan akan mendapatkan kesuksesan. Lalu apa saja manfaat dari market segmentation?

1. Gagasan Pemasaran Lebih Jelas

Manfaat segmentasi pasar yang pertama adalah gagasan pemasaran menjadi lebih jelas. Hal ini dikarenakan sebelum mensuplai atau mendistribusikan barang perusahaan sudah memiliki data konsumen yang akan membeli produk tersebut. Data yang dimiliki biasanya berkaitan dengan karakteristik konsumen, kebutuhan konsumen dan kemampuan daya beli masyarakat.

2. Lebih Mudah Mengatur Produk

Penerapan market segmentation yang tepat bisa membuat pengaturan produk menjadi lebih mudah. Alasannya karena target konsumen dari suatu produk sudah ada sehingga perusahaan tinggal memasarkan saja. Pemasaran dengan segmentasi pasar menjadi lebih efektif dan efisien karena produk yang dijual berpeluang besar akan laris diborong konsumen.

3. Menemukan Perbandingan Antar Pasar

Ketika menerapkan market segmentation pastinya pihak perusahaan sudah memiliki data mengenai karakteristik konsumen, daya belinya, jenis marketing yang disukai dan juga kebutuhan konsumen. Maka dari itu, setiap konsumen memiliki ukuran yang berbeda-beda sehingga perusahaan harus melakukan perbandingan antar pasar dengan cara mengelompokkan konsumen. 

Nah itulah penjelasan dari pertanyaan apa itu segmentasi pasar dan seberapa pentingnya dalam strategi pasar. Diharapkan penjelasan diatas bisa membantu pebisnis yang sedang menentukan segmentasi pasar. Semoga bermanfaat ya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *