BI checking atau cek bi checkin adalah cek bi checking via hp dan bi cek king online 2021

BI Checking, Pentingkan Bersihkan Nama Dari Hutang

Anda harus paham kalau dalam hutang bank memiliki ketentuan khusus dan harus melakukan angsuran dengan benar. Akibat tidak melunasi hutang dengan baik namanya menjadi hitam di BI Checking. Anda bisa menggunakan cara mengecek BI Checking terlebih dahulu untuk melihat bagus tidaknya tracking hutang Anda. Kerugiannya ketika sudah termasuk dalam nama daftar gelap pengajuan hutang di bank manapun akan ditolak atau kemungkinan tidak dikabulkan. 

BI Checking, Ketahui Nilai yang Didapatkan

Beberapa orang mungkin belum paham bahwa BI Checking ini menggunakan sistem nilai untuk melihat kelancaran kredit dari seseorang. Anda harus tahu bahwa kredit yang terjadi setiap bulannya dibagi menjadi beberapa score sebagai berikut:

  • Nilai 5

Nilai pertama dari BI Checking yang perlu diketahui adalah dengan jumlah lima. Dari segi jumlah memang sangat banyak namun score ini memberikan artian tidak baik dari kredit yang dijalankannya. Nilai dari cek BI Checking ini adalah kredit macet, kredit yang dijalankan sudah macet sampai dengan 180 harian dan lebih. 

  • Nilai 4

Nilai kedua dari BI Checking adalah jumlahnya 4. Arti dari nilai yang satu ini adalah kredit diragukan. Biasanya diberikan untuk orang yang macet tidak mengangsur selama rentang 121 sampai 180 harian. 

  • Nilai 3

Selanjutnya ada nilai 3 untuk BI Checking. Nilai ini memiliki artian juga untuk kredit yang dijalankan yakni kredit tidak lancar. Dalam BI Checking adalah artinya hutang macet dalam rentang 90 sampai dengan 120 harian. 

  • Nilai 2

Nilai berikutnya dari BI Checking adalah 2. Umumnya nilai ini diberikan untuk kredit yang perlu diperhatikan. Cocok untuk Anda yang menunggak hitungan maksimal 90 harian dari tanggal cicilannya. 

  • Nilai 1

Nilai dari BI Checking yang satu ini adalah yang terkecil. Termasuk nilai yang paling bagus untuk dimiliki dalam cek BI Check. Nilai ini menunjukkan seseorang yang selalu lancar dalam melakukan kredit uangnya. 

Cek BI Checking Via Hp, Hindari Catatan Buruk

Untuk Anda yang memiliki tanggungan hutang harus selalu berhati-hati agar tidak sampai menunggak. Adapun untuk membersihkan nama dalam BI Checking ternyata bisa dilakukan asalkan mampu memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Klarifikasi

Anda hanya bisa membela dan melakukan klarifikasi pada BI Checking jika membawa bukti dan memang benar terjadi kesalahan penulisan score. Caranya adalah bisa datang langsung ke BI Cek King online dan menjelaskan tempat peminjaman yang dilakukan. Anda bisa menjelaskan kronologi dan kelancaran kredit yang sudah dilakukan. Lakukan konfirmasi menuju OJK ketika pinjamannya berupa pinjol dan diteruskan ke BI. Dengan begitu namanya bisa benar-benar bersih dan bisa mengajukan pinjaman lagi. 

  • Lunasi hutang

Jika benar memiliki tanggungan hutang jangan lupa untuk melunasi semua jumlahnya tanpa terkecuali sebelum lapor ke BI Checking. Hal ini membuat score yang didapatkan tidak akan bertambah. Anda harus siap dengan kemungkinan ditolak pengajuan hutangnya di semua peminjaman. 

  • Pantau BI Checking

Hal ketiga adalah  pemberian score pada BI Checking tetap bertambah padahal sudah lunas. Perkara yang satu ini mungkin saja bisa terjadi jadi selalu pantau score yang didapatkan jangan sampai lengah. Jika belum berubah lakukan konfirmasi dengan pihak pemberi pinjaman untuk mengubah score cara cek BI Checking via Hp yang dimiliki. 

Cara Cek BI Checking Di Hp Android, Ketahui Syaratnya

  • Kartu identitas

Hal pertama yang wajib dimiliki untuk mengecek status BI Checking adalah menggunakan kartu identitas. Anda bisa membawa beberapa dokumen penting yang membantu dalam cara cek BI Checking seperti KTP dan Paspor. Untuk WNA bisa menggunakan paspor dan KTP untuk WNI. 

  • Datang ke OJK

Setelah membawa dokumen yang diperlukan untuk BI Checking bisa datang langsung ke OJK. Cara cek Slik OJK online ini adalah dengan mengisi formulir dengan data yang dibutuhkan. Pastikan semua formulir dan dokumennya agar bisa dilayani. Mereka akan membantu untuk mengecekkan. 

Dengan adanya BI Checking ini harapannya adalah Anda bisa lebih hati-hati dan melunasi tanggungan dengan baik. Pinjaman tanpa BI Checking ini juga sebagai latihan belajar tanggung jawab pemutihan BI Checking tahun 2021