Cara mendapatkan BLT atau Cara mendapatkan bansos dengan cara mendapatkan blt lewat rekening bri 2021

Cara Mendapatkan BLT Lewat Rekening BRI 2021

BLT atau Bantuan Langsung Tunai diberikan secara bertahap oleh pemerintah kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Bantuan tersebut merupakan bantuan sosial dari Kementerian Sosial yang berjumlah Rp 600 ribu. Lalu, bagaimana mendapatkan cara mendapatkan BLT? Yuk, simak informasi di bawah ini!

Cara Mendapatkan BLT Rp 600 Ribu dari BRI

BRI ditunjuk untuk menyalurkan bantuan BLT sejumlah Rp 600 ribu dari pemerintah melalui Kementerian Sosial, Pos Indonesia, dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).  Bantuan ini diberikan kepada masyarakat yang berhak menerima dan terdampak Covid-19. 

Cara mendapatkan bantuan 600 ribu dari BRI ini, tergantung dari pendataan yang dilakukan oleh RT/RW di tempat Anda tinggal. Masyarakat yang terdaftar melalui RT/RW akan diajukan melalui Pemda (Pemerintah Daerah) sehingga tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Sehingga, cara mendapatkan BLT lewat rekening BRI ini tidak bisa asal-asalan mengajukan. Sebab, ada kriteria tertentu bagi yang berhak menerimanya. 

Pengusulan data pun dilakukan oleh Pemda secara online. Data yang masuk kemudian diverifikasi oleh tim Kemensos untuk dipastikan penerima tidak masuk ke dalam daftar penerima bantuan pemerintah yang lain. Dengan adanya birokrasi ini, tentunya cara mendapatkan BLT lewat rekening BRI tidak bisa sembarang orang melakukannya karena ada pihak-pihak yang telah ditunjuk untuk mendapat daftar penerima bantuan.

Cara Dapat BLT UMKM

Bantuan lain dari pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu BLT UMKM. Cara mendapatakn bantun UMKM 2,4 juta pun, calon penerima harus menyiapkan beberapa dokumen supaya bantuan BLT UMKM dapat dicairkan.

Cara dapat BLT UMKM 2021 ini, Anda bisa langsung mengajukan ke Dinas Koperasi dan UKM di tingkat kabupaten atau kota Anda tinggal. Atau bisa juga Anda lakukan pendaftaran secara online. Adapun berkas yang perlu Anda siapkan sebagai syarat cara mendapatkan BLT yaitu:

Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), Nama lengkap, Alamat tempat tinggal Anda sesuai KTP, Bidang usaha yang Anda tekuni, dan nomor telepon.

Cara dapat bansos ini, pastikan Anda adalah WNI, memiliki KTP, memiliki usaha mikro dibuktikan dengan surat usulan dari BPUM, tidak termasuk ASN (Aparatur Sipil Negara), TNI/Polri, Pegawai BUMN dan BUMD, tidak sedang menerima KUR, dan jika tempat usaha dan domisili Anda berada di tempat yang berbeda, bisa melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Setelah Anda mengikuti proses pendaftarannya, Anda bisa mengecek apakah Anda termasuk yang menerima BLT UMKM atau tidak. Cara mengeceknya, Anda cukup akses laman https://eform.bri.co.id/bpum, isikan nomor KTP, lalu masukkan jawaban dari pertanyaan yang muncul untuk verifikasi, klik proses inquiry, dan selanjutnya layar akan menampilkan pemberitahuan apakah Anda berhak mendapat bantuan atau tidak.

Cara Mendapatkan Bantuan BPJS Ketenagakerjaan

Jika Anda berstatus sebagai pegawai atau karyawan di salah satu perusahaan atau instansi, maka Anda juga berhak mendapatkan bantuan BPJS Ketenagakerjaan. Cara mendapatkan bansos ini, pastikan Anda memenuhi persyaratan berikut.

  • Anda adalah seorang WNI yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP.
  • Anda seorang karyawan yang menerima upah.
  • Gaji yang Anda miliki tidak lebih dari Rp 5 juta.
  • Pastikan Anda sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  • Anda rutin membayar iuran BPJS setidaknya hingga Juni 2021.
  • Anda juga tidak termasuk PNS, ASN, TNI, Polri atau penerima program Kartu Prakerja.

Jika Anda sudah memastikan beberapa persyaratan di atas, maka Anda perlu tahu cara mendapatkan bantuan BPJS Ketenagakerjaan.  Anda hanya tinggal cek bantuan BPJS Ketenagakerjaan melalui laman https://kemnaker.go.id dan klik Daftar atau Daftar Sekarang jika Anda belum memiliki akun. Lalu, isi data yang diminta selengkap mungkin dan pastikan Anda mengisi dengan benar.

Jika Anda baru membuka akun, maka Anda akan mendapatkan kode OTP melalui SMS dan masukkan kode OTP tersebut untuk aktivasi dan login kembali. Setelah Anda berhasil login, maka layar akan menampilan apakah Anda penerima bantuan BPJS Ketenagakerjaan atau bukan.

Cara mendapat BLT di atas bisa Anda coba jika Anda termasuk yang berhak menerimanya.