10 Panduan Belajar Bisnis Online Terbukti Efektif untuk Pemula

belajar bisnis online

Kemajuan teknologi yang semakin canggih membuka banyak peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis online. Sudah bukan rahasia lagi jika ada banyak orang yang menekuni bisnis ini. Selain menjanjikan juga sangat mudah dilakukan, bahkan hanya membutuhkan modal awal yang sedikit. Berikut ini adalah panduan belajar bisnis online untuk pemula.

10 Cara Belajar Bisnis Online untuk Pemula

Mempelajari cara bagaimana memulai bisnis online memang tidak mudah. Terdapat banyak poin penting yang harus dipersiapkan sebelum benar-benar terjun ke dalamnya. Nah, untuk pemula yang ingin memulai bisnis ini, simak 10 cara efektif berikut ini untuk membangun bisnis online impian yang berhasil. 

1. Menentukan Produk yang Akan Dijual 

belajar bisnis online
Tentukan Produk Apa yang Akan Dijual

Sebelum menentukan produk apa yang dijual sebaiknya terlebih dahulu melakukan riset produk. Caranya dengan mencari kata kunci produk yang paling banyak dicari. Semakin banyak dicari berarti produk tersebut sedang dibutuhkan. Tetapi semakin banyak orang yang menjual produk yang sama berarti persaingan juga semakin ketat.

2. Memilih Sistem Penjualan 

Ketika akan membuka bisnis online maka juga perlu memilih sistem penjualannya. Anda bisa menjadi dropshipper. Apabila memilih dropshipper maka tidak harus menyimpan stok barang yang akan dijual. Biarkan supplier atau penjual utama yang melakukannya. Jadi jika ada pembeli yang memesan tinggal menghubungi supplier.

3. Membangun Website 

Apabila Anda memiliki modal lebih, Anda tidak diharuskan menjadi dropshipper. Tetapi disarankan untuk memilih melakukan stok hingga pengiriman barang sendiri. Cara ini dirasa bisa meningkatkan kredibilitas bisnis online Anda di mata pembeli. Untuk memperlancar berjalannya bisnis online dimulai dengan website.

4. Membuat Media Sosial 

belajar bisnis online
Menggunakan Media Sosial untuk Promosi

Setelah membuat website selanjutnya harus membuat akun media sosial. Ada banyak media sosial yang bisa digunakan untuk bisnis online, seperti facebook, instagram, twitter dan YouTube. Melalui media sosial tersebut Anda bisa melakukan promosi secara gratis. Media sosial merupakan pilihan utama untuk promosi saat memulai bisnis online.

5. Memanfaatkan Marketplace

Tidak hanya cukup menjual produk melalui website dan media sosial. Anda juga bisa memperluas pemasaran produk melalui marketplace. Ada banyak marketplace yang bisa digunakan, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada dan sebagainya. Keberadaan marketplace tersebut bisa membantu meningkatkan omset pelaku bisnis online.

6. Membuat Rekening Penjualan Bisnis Online 

Menjalankan bisnis online diharuskan untuk memiliki rekening sendiri. Hal ini cukup penting untuk diperhatikan karena banyak orang yang mencampuradukkan pendapatan dalam satu rekening. Padahal ini akan membuat bisnis online menjadi sulit maju karena sulit mengukur berapa penghasilan dan penjualan yang diperoleh. 

7. Mengoptimalkan Sosialisasi

Keberhasilan bisnis online yang Anda jalankan bisa ditentukan dengan semakin banyaknya orang yang mengenalnya. Untuk bisa dikenal banyak orang maka perlu memanfaatkan layanan media sosial sebagai tempat favorit untuk promosi bisnis, seperti facebook, instagram, twitter dan sebagainya. Lakukan promosi dengan optimal melalui media sosial gratis ini.

8. Afiliasi 

Afiliasi merupakan salah satu tips bisnis online untuk mendapatkan banyak keuntungan. Sebagai pebisnis teknik penjualan yang satu ini bisa membantu menambah jumlah pemasaran suatu produk. Caranya cukup mudah, terlebih dahulu Anda harus bergabung untuk menjadi member para afiliasi tertentu. Pilihlah yang gratis untuk menekan pengeluaran. 

9. Mengoptimalkan Target Omset 

belajar bisnis online
Kejar Target Omset Seperti yang Telah Direncanakan

Menjalankan bisnis online berarti harus memiliki target pendapatan meski untuk pemula akan mendapatkan sedikit bahkan tidak sama sekali. Meski begitu sangat penting untuk mengoptimalkan target supaya bisa lebih giat lagi dalam mengelola bisnis ini. Sesuatu yang tidak memiliki target akan mudah rapuh, layaknya seperti bangunan tanpa pondasi.

10. Pertahankan Pelanggan Setia

Cara belajar bisnis online yang terakhir adalah mempertahankan pelanggan setia. Meskipun terus ingin mendapatkan pelanggan baru tetapi jangan pernah mengabaikan pelanggan lama. Ini merupakan sesuatu yang sangat penting, karena mencari pelanggan baru justru lebih mahal ongkosnya. Sehingga lebih bak juga merawat pelanggan lama. 

Itulah 10 cara belajar bisnis online yang bisa dicoba untuk pemula. Diharapkan informasi di atas bisa menginspirasi pembaca supaya tidak ragu lagi dalam membuka bisnis online. Tetap semangat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *