Panduan Belajar Investasi Saham Bagi Pemula

belajar investasi saham

Anak-anak milenial saat ini sudah tidak lagi menghabiskan uangnya untuk foya-foya. Dari waktu ke waktu mereka mulai sadar akan pentingnya investasi untuk masa depan. Salah satu instrumen investasi yang bisa menjadi pilihan adalah investasi saham. Investasi saham sudah sangat populer di dunia maupun di Indonesia sendiri. Sebelum menginvestasikan uang yang dimiliki untuk membeli saham, alangkah baiknya terlebih dahulu belajar investasi saham dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang instrumen investasi ini. 

4 Panduan Belajar Investasi Saham

Berikut ini merupakan 4 langkah panduan belajar investasi saham bagi pemula, antara lain:

1. Ketahui Jenis Saham yang Menguntungkan 

belajar investasi saham
Kenali Berbagai Jenis Saham Menguntungkan

Sebelum melangkah terlebih jauh disarankan untuk terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis saham yang ada di bursa efek. Pada tahap ini perlu mengetahui karakter pada diri sendiri, sebagai tipe orang yang nekat atau penuh hati-hati. Ini sangatlah penting dilakukan untuk meminimalisir adanya resiko seperti kegagalan atau kerugian.

Untuk mengetahui mana jenis saham yang terbaik maka perlu menjalankan beberapa tips, harus mencari informasi tentang fundamental perusahaan yang sebagian sahamnya akan dibeli, jika dirasa tidak menguntungkan maka jangan dipilih. Selanjutnya, harus jeli melihat perkembangan saham perusahaan tersebut. Terakhir meminta pertimbangan dan nasehat dari perantara (broker).

2. Tentukan Tujuan Menjalankan Investasi Saham 

belajar investasi saham
Mencari Tujuan Berinvestasi

Panduan belajar investasi saham bagi pemula selanjutnya adalah harus menentukan tujuan kenapa memilih investasi saham. Tujuan tersebut bisa jangka pendek maupun jangka menengah dan jangka panjang. Ahli investasi seringkali memberi saran untuk memilih investasi jangka menengah.

Alasannya ketika memilih jangka pendek maka akan rugi dan harus membayar fee broker. Biasanya investasi saham jangka pendek berupa trading harian. Maka dari itu sangat penting memikirkan tujuan investasi ini supaya kedepannya tidak mendapatkan kerugian, justru mendapatkan banyak keuntungan.

3. Menentukan Nilai Investasi 

belajar investasi saham
Perhitungan Nilai Saham

Selanjutnya harus menentukan nilai uang yang akan ditanamkan dalam investasi saham. Bagi pemula sebaiknya jangan terburu-buru membeli saham dalam jumlah yang sangat  banyak. Perlu digaris bawahi bahwa saat ini ada banyak saham yang dijual dengan harga murah atau di bawah Rp2.000.0000, bahkan ada yang cuma Rp500.000.

Berbeda dengan dulu, investasi saham tidak harus dilakukan oleh mereka yang memiliki dompet tebal. Bagi yang memiliki sedikit tabungan juga bisa menjalankan investasi ini. Supaya tidak salah perhitungan sebaiknya menginvestasikan 5 persen dari seluruh penghasilan yang diperoleh saat pertama kali belajar investasi saham. Apabila dirasa bisa menguntungkan bisa menaikkan nilai investasinya secara bertahap. Jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan resikonya.

4. Memahami Keuntungan dan Kerugiannya 

belajar investasi saham
Pahami Keunggulan dan Kelebihan Saham

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika belajar investasi saham adalah memahami keuntungan dan juga kerugiannya. Keuntungan yang diperoleh dari investasi saham dalam memperoleh deviden. Deviden ini merupakan pembagian laba secara tunai atau berupa penambahan saham berikutnya dalam jumlah besar. Selain itu, juga akan mendapatkan keuntungan lain berupa kenaikan harga saham.

Ada beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan ketika ingin menjalankan investasi saham. Risiko tersebut bisa berupa capital loss dimana investor menjual saham dengan harga murah jika dibanding dengan harga beli. Risiko selanjutnya adalah suspend atau diberhentikan perdagangannya oleh BEI. Ketika dalam masa suspend tidak bisa membeli dan menjual saham.

Nah, itulah panduan belajar investasi saham bagi pemula. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *