Bisnis Aquascape, Harapan Baru di Masa Pandemi Covid-19

bisnis aquascape

Sudah hampir setahun semua bisnis porak poranda sehingga mengakibatkan runtuhnya roda ekonomi. Banyak PHK terjadi yang membuat bertambahnya jumlah pengangguran. Di dalam kondisi seperti ini salah satu cara bertahan adalah dengan memulai usaha sendiri seperti bisnis aquascape misalnya.

Mengapa aquascape  bisa menjadi peluang usaha yang cukup prospektif dan berpotensi mendatangkan banyak keuntungan? Masa pandemi yang mengharuskan orang lebih sering berada di rumah membawa dampak pada datangnya rasa bosan. Orang membutuhkan sesuatu yang bisa menghilangkan jenuh dan hiburan menyenangkan.

Memasang aquarium di rumah dan memelihara ikan di dalamnya bisa menjadi salah satu hiburan yang membantu menghilangkan rasa bosan dan jenuh. Selain itu, juga bisa menjadi sarana menenangkan diri. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan bisnis aquascape?

Seni Menata Aquarium atau Aquascape

bisnis aquascape
Menata aquarium atau aquascape bisa menjadi usaha yang menjanjikan

Pengertian aquascape secara global adalah teknik atau seni menata aquarium, baik menggunakan air laut maupun air tawar. Meskipun bisa dikatakan relatif baru, aquascape sudah mampu mendapatkan banyak penggemar. Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini dimana orang sering merasa bosan di rumah saja.

Penggemar aquascape mulai dari anak sekolah hingga para pekerja kantoran. Hal ini membuat omzet bisnis ini bisa mencapai puluhan juta rupiah. Seni menata aquarium mencakup beberapa hal yaitu :

1. Merancang atau melakukan set up pada aquarium, terdiri dari :
  • Melakukan desain aquarium
  • Memilih jenis tanaman yang akan dimasukkan ke dalam aquarium
  • Pemasangan tanaman dan ornamen lainnya ke dalam aquarium
2. Budidaya ikan dan tanaman yang ada di dalam aquarium

Bisnis aquascape juga mencakup pembudidayaan tanaman. Tentunya jenis tanaman yang biasa digunakan dalam akuarium. Selain itu juga berbagai jenis ikan hias.

3. Menjual dan menyediakan berbagai produk yang ada di dalam aquarium

Bukan hanya mendesain saja. Dalam usaha aquascape orang juga menjual berbagai produk yang dipakai pada akuarium. Contohnya seperti ikan, aksesoris, pakan dan lainnya.

Langkah Memulai Bisnis Aquascape

bisnis aquascape
Mempersiapkan peralatan untuk memulai bisnis aquascape

1. Mempersiapkan Media Tanam

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan media tanam. Tanaman di dalam aquarium juga membutuhkan media untuk tumbuh optimal. Pilih dan siapkan media tanam terbaik berupa pasir atau soil dengan kadar keasaman (pH) sekitar 6,5.

2. Mempelajari Desain Aquarium

Aquascape adalah seni dan teknik untuk menata aquarium sehingga perlu dipikirkan bagaimana membuat desain yang bagus. Semakin unik desain aquarium pasti akan disukai orang. Jangan ragu untuk mempelajari bagaimana membuat desain aquarium yang bagus dan menarik.

3. Menyiapkan Peralatan

Selanjutnya persiapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk memulai bisnis aquascape. Contoh alat yang diperlukan misalnya chiller yang berfungsi untuk menjaga suhu dalam aquarium sehingga ikan dan tanaman bisa hidup. Selain itu siapkan juga berbagai peralatan lain.

4. Mempelajari Teknik dalam Aquascape

Bukan hanya desain aquarium saja yang perlu dipelajari dan dikuasai tetapi juga bagaimana teknik pembuatannya yang tepat. Belajar tentang teknik aquascape bisa dilakukan melalui internet ataupun bertanya pada yang lebih ahli. Belajar tentang teknik aquascape juga bisa didapatkan dari media sosial seperti FB misalnya.

5. Melatih Kemampuan

Jangan cepat puas karena merasa sudah bisa membuat desain aquarium. Seperti juga desain bidang lainnya, modelnya pasti akan terus mengalami perubahan. Asah terus kemampuanmu agar bisa menghasilkan desain aquarium yang semakin bagus untuk meraih lebih banyak pelanggan.

Pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhirnya memaksa kita untuk memiliki kreativitas kalau ingin bisa bertahan. Salah satunya adalah dengan mencoba bisnis aquascape yang mampu mendatangkan keuntungan hingga puluhan juta rupiah. Selamat mencoba! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *