Pengertian, Keuntungan dan Cara Memulai Bisnis Dropship

bisnis dropship

Salah satu bentuk bisnis online yang semakin marak dicoba karena kemudahannya adalah bisnis dropship. Bisnis ini ternyata tidak membutuhkan modal yang besar. Dengan skill berjualan, marketing, dan juga ketekunan, siapapun bisa meraih keuntungan cukup besar dengan menjalankan bisnis seperti ini. 

Lalu, Apa Itu Dropship?

bisnis dropship
Memahami Pengertian Bisnis Dropship

Dropship merupakan bisnis ritel yang membebaskan pelakunya untuk tidak memiliki stok produk atau barang. Supaya ketersediaan barang terjamin, maka pelaku bisnis ini harus bekerja sama dengan pemasok. Pemasok tidak hanya bertugas untuk memasok barang untuk dijual saja, tetapi juga menjaga ketersediaan barang. 

Cara kerja dari bisnis dropship bisa dibilang sangat sederhana. Setelah menerima pesanan barang dari pembeli, lalu informasi pesanan akan diteruskan kepada pemasok produk. Pemasok produk tersebut yang nantinya akan mengirimkan barang kepada pembeli. Jadi, pelaku bisnis dropship tidak perlu repot-repot menyiapkan gedung untuk stok barang.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Dropship

bisnis dropship
Berbagai Keuntungan Jika Menjalankan Bisnis Ini

1. Mudah Dijalankan

Seperti yang diketahui jika pengelolaan, pengiriman dan pengembalian produk pada usaha dropship dilakukan oleh pemasok produk. Tugas dari dropship hanya menjual barang dengan cara melakukan promosi di media sosial, seperti facebook, twitter, instagram dan sebagainya. Jadi, Anda hanya akan fokus pada strategi pemasaran, dukungan pelanggan dan juga operasi.

2. Bisa Dijalankan di Mana Saja

Bisnis ini bisa Anda jalankan dimana dan kapan saja. Hal ini dikarenakan cara menjalankannya sangat praktis, tinggal memasarkan produk di media sosial atau website. Bisnis ini bisa dimulai dari rumah dan bisa dikerjakan sambil nongkrong atau melakukan kegiatan lainnya.

3. Tidak Membutuhkan Modal Besar

Menjalankan bisnis ini tidak akan mengharuskan Anda untuk memiliki banyak modal terlebih dahulu. Bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan modal sepeserpun jika menggunakan promosi gratis. Menjalankan bisnis ini tidak perlu mengeluarkan uang untuk sewa gedung, gaji karyawan dan belanja bahan.

4. Tidak Perlu Repot Mengurus Stok Barang

Stok barang dalam bisnis ini sepenuhnya menjadi urusan dari supplier sehingga Anda hanya fokus untuk pemasaran saja. Supaya berhasil menjalankan bisnis ini sebaiknya mencari supplier yang sudah berpengalaman dan kompeten dalam hal supply barang ke reseller maupun dropship. Hindari untuk memilih supplier yang produknya Pre Order.

5. Risikonya Sangat Kecil

Menjalankan usaha dropship tidak membuat Anda harus memproduksi barang sendiri sehingga risiko bisa diminimalisir. Selain itu, ketika bisnis sudah jalan tidak perlu bingung bagaimana cara menghabiskan stok barang. Serta tidak perlu memikirkan gaji karyawan setiap bulannya.

Cara Memulai Bisnis Dropship 

bisnis dropship
Langkah Memulai Bisnis Dropship Ini

1. Memilih Supplier yang Tepat

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulai bisnis ini adalah dengan memilih supplier yang tepat. Pastikan supplier yang dipilih sudah berpengalaman di bidangnya serta kompeten. Selain itu, hindari untuk memilih supplier yang sifat barangnya Pre Order karena harus menunggu barang siap dikirim.

2. Mulai Bekerjasama dengan Supplier dan Menentukan harga Jual

Setelah menemukan supplier yang tepat selanjutnya mulai menjalin kerjasama. Caranya cukup sederhana yaitu melakukan booking produk untuk tes atau menguji terlebih dahulu. Jika banyak yang terjual maka jalin hubungan dengan baik. Selanjutnya tentukan harga jual barang tersebut dengan supplier supaya tidak menjatuhkan harga pasar yang sudah ada.

3. Mempromosikan Produk

Langkah selanjutnya yaitu mempromosikan produk yang dijual. Promosi produk bisa dilakukan melalui media sosial yang dimiliki, seperti instagram, facebook, WA dan sebagainya. Cara promosi tersebut gratis atau tidak berbayar. Jika ingin berbayar dan hasilnya lebih banyak bisa menggunakan website.

4. Menangani Konsumen

Sikap dan karakter konsumen memang sangat berbeda-beda, maka dari itu Anda harus menanganinya dengan ramah namun terlihat tegas. Jika perlu buat syarat dan ketentuan khusus untuk calon pembeli. Isinya menghimbau calon pembeli untuk terlebih dahulu membaca rincian produk dan sebagainya. 

Hal ini perlu dilakukan supaya Anda tidak mudah stres dalam menghadapi konsumen. Selain itu juga akan membuat konsumen lebih tertib dalam membeli barang Anda. Dan pekerjaan Anda juga akan menjadi lebih ringan. 

Itulah pengertian, keuntungan dan cara memulai bisnis dropship. Diharapkan penjelasan diatas bisa memotivasi Anda untuk berani menjalankan bisnis ini. Selain mudah dilakukan juga tidak membutuhkan modal besar. Selamat mencoba! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *