6 Tips Sukses Memulai Bisnis Franchise di Tahun 2021

bisnis franchise

Bisnis franchise telah menjadi usaha yang kian populer di masyarakat Indonesia. Usaha ini diyakini akan kian berkembang pada tahun 2021 nanti. Banyak orang yang memilih untuk memulai tipe bisnis ini karena tidak perlu memulai usaha dari nol. 

Bisnis ini akan cepat “naik” karena biasanya mengandalkan merek yang sudah cukup terkenal di kalangan konsumen. Dengan begitu pengadaan bisnis ini juga diklaim lebih mudah. Jika kamu tertarik untuk menekuni usaha ini, silahkan simak beberapa tips memulai bisnis franchise yang disajikan dalam artikel berikut. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Franchise

Bisnis franchise di tahun 2021 masih merupakan usaha yang menjanjikan profit tinggi. Mulai dari franchise makanan, minuman, snack, dan sebagainya. Sebelum memulai menekuni sebuah usaha franchise, kamu harus memperhatikan beberapa hal penting agar usahamu dapat terus berkembang. Inilah beberapa hal tersebut: 

1. Sesuaikan dengan Minat

bisnis franchise
Pilih bisnis waralaba yang sesuai dengan minat

Aneka franchise tersedia dalam berbagai bidang, mulai dari kuliner, minimarket, busana, hingga jasa cukur rambut. Pastikan kamu memilih usaha franchise yang sesuai dengan minat dan kemampuan. Menjalankan bisnis sesuai minat tentu akan lebih menyenangkan dan membuatmu bersemangat untuk menghadapi tantangan.

2. Pilih Franchise yang Bonafid

Pilihlah merek franchise dengan teliti. Pastikan merek ini terpercaya dalam produk dan layanannya. Carilah informasi secara menyeluruh tentang merek ini melalui artikel di internet, ulasan bisnis di koran, maupun kenalan. Memilih merek franchise yang terpercaya juga memudahkanmu menjalankan bisnis karena sudah terkenal.

3. Pakai Merek Franchise Dalam Negeri

bisnis franchise
Mencari franchise dalam negeri

Sebaiknya gunakan merek dagang franchise dalam negeri saat memulai bisnis ini. Keuntungannya adalah kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak bila dibandingkan dengan menggunakan merek luar negeri. Menggunakan merek luar negeri juga belum tentu cocok bagi selera masyarakat di Indonesia.

Banyak peluang bisnis yang dari dalam negeri dengan aneka merek dagang franchise yang telah mendapatkan tempat dihati masyarakat. Kamu tinggal memilih merek mana yang cocok dengan minat dan modal yang dimiliki serta yang mampu meraih keuntungan dengan cepat. Dengan begitu bisnis yang kamu jalani bisa lebih mengena di hati masyarakat.

4. Cari Lokasi yang Strategis

Lokasi yang strategis akan mendukung kemajuan bisnis franchise yang kamu jalani. Lakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan lokasi mana yang cocok lalu bukalah usaha di lokasi yang dipenuhi oleh target pasar. Semisal kamu menargetkan karyawan, maka bukalah usaha di sekitar gedung perkantoran.

5. Mengenal Merk Franchise

bisnis franchise
Kenali berbagai merk dari bisnis waralaba

Kamu harus mengenal merek franchise yang akan dijalani. Pelajari merek mereka serta sistem bisnis yang dijalani. Cek apakah merek mereka sudah terdaftar secara resmi untuk mengetahui kredibilitas perusahaan tersebut. Kamu bisa melakukan pengecekan secara online melalui situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

Pastikan merek dagang franchise tersebut memiliki website dan akun media sosial yang bisa diakses dengan mudah. Hal ini penting untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis yang sedang kamu jalani. Dengan begitu, para konsumen juga bisa memberikan tanggapan atas produk yang dijual.  

Pelajari ketentuan pembayaran yang ditetapkan oleh merek dagang franchise tersebut. Pastikan kamu paham betul mengenai pembagian keuntungan antar kedua belah pihak Tujuannya agar tidak terjadi kerugian dan kesalahpahaman di kemudian hari.

6. Mempersiapkan Modal

Modal menjadi hal yang utama untuk dipersiapkan sebelum memulai bisnis franchise, meski bukan faktor penentu keberhasilan suatu bisnis. Setiap merek menetapkan harga yang berbeda, semakin terkenal merek tersebut maka semakin mahal harga yang ditetapkan. Pilihlah merek franchise yang sesuai dengan dana yang telah kamu siapkan. 

Demikianlah 6 tips memilih bisnis franchise yang bisa kamu lakukan untuk menjalankan bisnis ini di tahun 2021. Selain melakukan tips tersebut di atas, kerja keras, kemauan untuk belajar dan maju adalah syarat utama keberhasilan bisnismu. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk memulai bisnis ini? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *