Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Memulai Bisnis Ikan Laut

bisnis ikan laut

Bisnis ikan laut merupakan jenis usaha yang memiliki peluang usaha menjanjikan mengingat kondisi Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Gugusan pulau besar maupun kecil dipisahkan oleh wilayah perairan sehingga sangat kaya dengan hasil laut. Selain itu ikan laut menjadi salah satu jenis lauk pauk yang banyak dikonsumsi masyarakat. 

Siapapun bisa dan boleh menjalankan usaha bisnis hasil laut mulai dari ikan, kerang dan jenis seafood lainnya. Namun sebaiknya ketahui dulu bagaimana langkah untuk memulai usaha bisnis tersebut agar tidak mengalami kerugian. Nah, sebelum melakukan bisnis hasil laut termasuk ikan, perhatikan hal-hal berikut ini.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Ikan Laut

1. Analis Bisnis Secara Matang

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mengelola bisnis ikan laut adalah membuat analisanya secara matang. Analisis yang dilakukan meliputi berapa potensi keuntungan yang bisa didapatkan. Selain itu, lihat juga seberapa banyak pesaingnya.

Masih termasuk dalam analisis sebelum memulai sebuah bisnis adalah apa saja tantangan yang mungkin dihadapi. Cari juga bagaimana solusinya dan pemecahan masalahnya. Jangan lupa juga untuk membuat analisis tentang bagaimana membuat konsumen merasa puas sehingga bisa meningkatkan penjualan.

2. Hitung dan Siapkan Modal

bisnis ikan laut
Persiapkan modal bisnis

Modal merupakan hal yang pasti dibutuhkan dalam sebuah bisnis. Setelah melakukan analisis secara matang saatnya untuk menghitung berapa perkiraan modal yang dibutuhkan. Kemudian dari sumber mana saja modal tersebut akan diperoleh, apakah menjual aset, dari tabungan atau mengambil kredit di bank.

3. Membuat Perencanaan dan Urus Perizinan

Langkah yang harus diperhatikan dan dilakukan selanjutnya yaitu membuat perencanaan dengan matang. Perencanaan meliputi belajar tentang teknis pemeliharaan ikan. Bagaimana sumber air yang akan digunakan, aliran dan suhu air, kondisi sekitar lokasi tersebut dan sebagainya. 

Merencanakan dan mengetahui teknis tentang bisnis ikan laut ini penting agar Anda tidak asal-asalan melakukannya. Setelah itu jangan lupa untuk mengurus perizinan sesuai dengan ketentuan legalitas yang berlaku.Dengan perizinan yang legal, berjalannya usaha bisa lebih baik dan memiliki jangka panjang.

4. Pilih Jenis Ikan

bisnis ikan laut
Jual jenis ikan yang memiliki permintaan tinggi

Apakah sudah terpikirkan jenis ikan laut apa yang akan dipelihara dan dijadikan sebagai usaha. Jangan-jangan Anda hanya ingin bisnis saja tapi tidak mempertimbangkan jenis ikannya. Kalau masih pemula sebaiknya pilih saja jenis ikan yang relatif mudah dipelihara dan resikonya tidak tinggi.

Selain memilih jenis ikan yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian Anda. Selain itu, lihat juga bagaimana minat pasar. Pilih jenis ikan yang potensi lakunya akan lebih besar di lokasi bisnis Anda tersebut.

5. Cari Pemasok Ikan yang Terpercaya

Pemasok juga menjadi hal yang tidak bisa disepelekan karena nantinya akan berpengaruh pada lancar tidaknya bisnis ikan laut Anda. Kalau Anda memilih untuk menjadi peternak ikan laut pastinya akan membutuhkan pihak yang memasok bibitnya. Cari pemasok bibit yang memang terpercaya. 

Begitupun kalau Anda lebih suka menjalani bisnis ikan siap saji atau resto ikan laut pastinya butuh suplier agar stok selalu tersedia. Jika pemasok ikan tersebut tidak bertanggung jawab maka resikonya adalah bisnis Anda akan terhambat. Oleh karena itu, bagian pemasok ini harus diperhitungkan dengan matang.

6. Melihat Target dan Permintaan Pasar

bisnis ikan laut
Lihat bagaimana target dan permintaan pasarnya

Sebagus apapun usaha dan bisnis Anda kalau produknya tidak laku maka sama saja Anda gagal. Itulah gunanya mengapa Anda harus mempelajari target dan permintaan pasar. Buatlah survei atau riset sederhana untuk mengetahui jenis ikan apa yang paling laku di daerah tersebut.

Selain itu kalangan mana yang akan dibidik menjadi target pasar dari bisnis ikan tersebut. Misalnya target pasar yang ingin dibidik adalah kelas menengah ke atas atau anak-anak mungkin ikan salmon bisa menjadi pilihan. Dengan begitu proses promosi bisa lebih efektif sesuai target 

Sukses tidaknya usaha dagang Anda sangat dipengaruhi dengan apa yang Anda lakukan sejak awal. Begitu juga dengan bisnis ikan laut, perencanaan yang matang bisa menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit. Bagaimana, apakah Anda tertarik mencoba bisnis ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *