Ketahui Cara Bisnis Solar Industri yang Paling Mudah

bisnis solar industri

Dari waktu ke waktu kebutuhan akan solar terus meningkat. Hal ini kemudian membuka peluang besar untuk menjalankan bisnis solar industri. Modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis tersebut tidaklah besar, justru ketika sudah dijalankan akan mendatangkan keuntungan yang besar.

Ketika berniat menggeluti bisnis tersebut, Anda bisa menjadi agen maupun distributor solar industri. Solar industri itu sangat kompleks dalam mendukung aktivitas di pertambangan, konstruksi, kapal alat berat, rumah sakit, apartemen hotel, mall, kantor dan juga pabrik.  Kebutuhan akan bahan bakar ini harus terpenuhi sesuai kebutuhan agar tidak mengganggu kegiatan di tempat tersebut.  

Ada hal yang harus diketahui bahwasanya solar industri ini tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah. Untuk itu dari segi harga pasti akan lebih mahal dibandingkan solar biasa. Meski memiliki harga yang terbilang lebih mahal tetapi permintaan akan bahan bakar ini tidak pernah ada habisnya. Kesempatan ini kemudian bisa dimanfaatkan untuk menjadi distributor solar industri.

Tips Menjadi Agen atau Distributor Solar Industri

bisnis solar industri
Agen Solar

Sebelum Anda menekuni bisnis solar industri sebagai agen maupun distributor, ada beberapa tips yang harus diperhatikan, pertama adalah harus mengetahui kemampuan daya beli masyarakat kemana arah pemakaian solar tersebut. Selanjutnya Anda harus memiliki pengetahuan apapun yang berhubungan dengan solar industri. Tentunya juga harus update dengan harga solar industri setiap waktu.

6 Cara Bisnis Solar Industri  

Selain tips tersebut, ada beberapa cara bisnis solar industri yang harus diperhatikan, antara lain :

1. Harus Memiliki Badan atau Unit Usaha 

bisnis solar industri
Punya Unit Usaha Sendiri

Jika Anda sudah berniat untuk membuka bisnis solar industri sebagai agen atau distributor, hal pertama yang harus dilakukan adalah memiliki badan usaha serta unit usaha yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa. 

2. Lokasi Memenuhi Standar Keselamatan dan Lingkungan

Cara selanjutnya harus memastikan bahwasanya lokasi yang dipilih sudah memenuhi standar keselamatan dan lingkungan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dalam hal ini Anda tidak bisa seenaknya memilih tempat karena harus melalui berbagai prosedur. 

3. Memiliki Tempat Penyimpanan 

Selain kedua cara diatas, Anda  sebagai calon agen atau distributor solar industri harus menjamin bahwa telah memiliki tempat penyimpanan dengan kapasitas minimal 3000 liter. Tempat penyimpanan tersebut harus memenuhi persyaratan teknis keselamatan kerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan sebagai syarat supaya keadaan solar industri lebih optimal.

4. Alat Pengangkutan dan Pengoperasian  

bisnis solar industri
Memiliki Peralatan dan Perlengkapan Mumpuni

Ini juga bagian yang sangat penting dan menjadi persyaratan yang harus dipenuhi karena sebagai agen atau distributor harus memiliki dan menguasai alat angkut yang memenuhi standar pengangkutan bahan bakar sesuai peraturan perundang-undangan.

5. Peralatan Penyaluran 

Agen atau distributor solar industri juga harus memiliki peralatan penyaluran yang memenuhi persyaratan teknis maupun keselamatan kerja sesuai dengan ketentuan dari peraturan perundang-undangan.

6. Memiliki Izin Lokasi 

Agar bisnis solar industri tidak mendapatkan masalah di waktu akan datang maka Anda diwajibkan untuk meminta izin kepada pemerintah setempat atas bangunan yang akan dibangun untuk lokasi usaha. Lokasi tersebut minimal harus berjarak 5 km dari tempat penyalur APMS terdekat, serta berjarak minimal 10 km dari SPBU terdekat. Selain itu, juga ada pertimbangan lainnya yang harus dipertanggungjawabkan. 

Itulah beberapa cara bisnis solar industri yang paling mudah untuk dijalankan. Diharapkan Anda selalu memperhatikan dan mematuhi peraturan tersebut agar nantinya tidak timbul masalah. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *