Kuasai Trik dan Cara Jualan di Marketplace yang Efektif

cara jualan di marketplace

Jauh sebelum masa pandemi berjualan online sudah cukup digemari oleh masyarakat, apalagi saat ini ketika semua orang melakukan apapun secara virtual. Semakin banyak saja orang yang mencari penghasilan dengan berjualan online. Agar bisa meraih omset maksimal ketahui bagaimana cara jualan di marketplace.

Pada prinsipnya jualan online di marketplace sebenarnya tidak jauh berbeda dengan toko fisik malah justru lebih sulit karena harus meyakinkan konsumen untuk membeli barang yang belum dilihatnya. Begitu juga dalam hal rivalitas, pesaing Anda juga banyak di marketplace dengan jenis produk yang sama.

1. Pilih Marketplace Terpercaya dan Populer

cara jualan di marketplace
Selalu pilih marketplace yang populer dan terpercaya

Saat ini cukup banyak marketplace yang bisa digunakan untuk berjualan online namun tidak semuanya memiliki reputasi bagus. Kalau ingin produk Anda laku jangan sembarangan memilih marketplace. Carilah marketplace yang mendapatkan review positif oleh penggunanya.

Sempatkan untuk membaca ulasan yang terdapat di Play Store tentang aplikasi marketplace tersebut. Kemudian pilihlah juga marketplace yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Biasanya marketplace yang sering memasang iklan di TV lebih populer di mata masyarakat.

2. Pilih Produk Berkualitas dengan Daya Saing Tinggi

Memilih produk yang berkualitas untuk dijual juga merupakan bagian dari trik dan cara jualan di marketplace. Bagaimana orang akan melirik dan membeli produk Anda kalau kualitasnya kurang walaupun harganya murah. Kalaupun mereka membeli hanya akan dilakukan sekali saja tidak ada repurchase

Produk yang kualitasnya bagus otomatis akan memiliki daya saing yang tinggi terhadap barang sejenis. Produk Anda akan lebih berpotensi dipilih dan dibeli orang daripada toko online lainnya. Anda bisa menjual kerajinan khas daerah misalnya sebagai produk dengan daya saing tinggi.

3. Lengkapi Profil Toko Online

cara jualan di marketplace
Lengkapi profill toko online dengan baik

Perbedaan toko online dengan toko fisik adalah pembeli tidak bisa melihat langsung bagaimana jualan Anda. Oleh sebab itu cara untuk menarik minat konsumen adalah melalui profil toko online Anda. Buatlah semenarik mungkin dengan kalimat yang bagus dan mudah dipahami.

Cantumkan hal-hal penting dalam profil tersebut. Contohnya seperti nama toko online Anda, jam dan hari operasional, akun media sosial, foto produk dan sebagainya. Dari profil inilah calon konsumen akan bisa mendapatkan gambaran bagaimana toko online Anda.

4. Jual Produk di Beberapa Marketplace

Sekalipun marketplace yang Anda pilih cukup populer dan digunakan oleh banyak orang namun sebaiknya jangan hanya menjual produk di satu tempat saja. Buat akun dan jual produk Anda di beberapa marketplace terpercaya agar bisa meraih lebih banyak konsumen.

Cara jualan di marketplace seperti ini cukup efektif. Sebab, Anda ibarat melebarkan sayap agar jangkauan lebih luas. Konsumen tidak hanya mempergunakan satu marketplace saja maka hampiri mereka dengan membuat toko online di beberapa aplikasi berjualan online.

5. Buat Foto Produk Asli yang Menarik

cara jualan di marketplace
Berikan foto asli produk yang menarik

Ingatlah bahwa konsumen akan melihat foto produk yang Anda jual karena mereka tidak bisa melihatnya secara langsung. Itu artinya foto produk menjadi sesuatu yang sangat penting dan harus dibuat dengan serius. Sekalipun produk Anda berkualitas kalau fotonya tidak menarik konsumen tidak tertarik.

6. Berikan Harga Promo

Lihatlah bagaimana toko konvensional memberikan harga promo di saat-saat tertentu seperti akhir tahun misalnya. Nah, Anda juga bisa melakukan hal yang sama untuk menarik pembeli yaitu dengan memberikan diskon. Bagaimanapun orang akan lebih tertarik membeli dengan harga lebih murah.

Nah, itulah beberapa hal yang harus dilakukan sebagai trik dan cara jualan di marketplace agar dagangan Anda laris manis. Terlebih di masa sulit seperti ini Anda harus tahu bagaimana trik jitu untuk memenangkan pertandingan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba trik ini ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *