Pentingnya Email Bisnis dan Cara Membuat Email Bisnis

cara membuat email bisnis

Email bisnis menjadi tonggak yang harus dimiliki oleh para pelaku bisnis ketika menjalankan usaha mereka. Tujuan menggunakan email bisnis ini adalah untuk memudahkan pebisnis dalam memanfaatkan media digital yang ada. Selain itu cara membuat email bisnis juga terbilang mudah untuk dilakukan. 

Alasan Mengapa Email Bisnis itu Penting

1. Bisa Digunakan dalam Berbagai Bisnis

Alasan yang pertama adalah bisa digunakan dalam berbagai bisnis. Dengan memiliki  alamat email profesional berarti bisa memisahkan mana email untuk bagian marketing, bagian HRD, bagian Customer Service dan sebagainya. Paling penting adalah email profesional bisa digunakan dalam berbagai keperluan meski berada dalam satu bisnis yang sama.

2. Mudah Dikelola

cara membuat email bisnis
Email Bisnis Sangat Mudah untuk Dikelola

Perlu diketahui jika email bisnis sangat mudah untuk dikelola. Terlebih dalam suatu bisnis itu penuh dengan dinamika, salah satunya keluar masuknya karyawan atau tim. Tentu dengan adanya email bisnis akan mempermudah dalam membuat email untuk karyawan baru. Serta bisa dengan mudah menghapus alamat email dari karyawan yang keluar.

3. Bisa Membackup Data di Email

Penggunaan email bisnis bisa dengan mudah digunakan untuk membackup data yang ada di email. Fitur backup ini digunakan supaya email tidak sengaja terhapus dan ingin mengembalikannya. Fitur ini juga tersedia dalam email gratisan tetapi terdapat perbedaan yaitu pada jumlah akun email yang bisa di backup dan restore.

4. Privasi Lebih Terjamin dan Bebas Iklan

cara membuat email bisnis
Kebutuhan Privasi Lebih Aman

Email bisnis bisa membuat privasi lebih terjamin dan juga bebas iklan. Sebenarnya email gratisan, keamanannya juga sangat terjamin, tetapi untuk privasi belum tentu aman. Salah satu buktinya adalah pengguna masih bisa melihat iklan di dalam email. Hal itu tentu sangat berbeda jika menggunakan email bisnis.

5. Bisa untuk Membangun Kepercayaan

Alamat email bisnis atau profesional bisa membantu dalam membangun kepercayaan konsumen. Mempunyai email dan juga situs website yang terhubung bersama menunjukkan jika serius tentang bisnis. Hal ini juga sangat membantu dalam mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggan atau kolega.

2 Cara Membuat Email Bisnis

cara membuat email bisnis
Membuat Email Bisnis

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat email bisnis profesional. Jika ingin membuatnya bisa memilih salah satunya. Disarankan untuk memilih salah satu yang paling mudah untuk diterapkan.

1. Zoho

Layanan untuk membuat email yang pertama adalah Zoho. Zoho ini menyediakan pilihan free plan yang bisa digunakan untuk membuat email bisnis dengan nama domain sendiri. Email gratis untuk bisnis di Zoho hanya bisa digunakan untuk 5 username dalam satu domain. 

Rinciannya 5 GB per user dan maksimal attachment 25 MB. Cara membuatnya juga mudah. Berikut adalah cara daftar email melalui Zoho.

    1. Pertama, buka website Zoho
    2. Pilih Free Plan, lalu klik Get Started
    3. Masukkan domain website bisnis
    4. Lengkapi informasi mengenai bisnis yang dijalankan, lalu klik Proceed

2. Email di cPanel

Apabila sudah mempunyai hosting dan domain, berarti sudah bisa dengan mudah membuat email bisnis. Bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membuat email dengan domain sendiri melalui cPanel. Biaya membuat email di cPanel sudah termasuk biaya hosting yang digunakan. Berikut langkah-langkah untuk membuatnya. 

    1. Pertama, buka cPanel lalu klik menu Email Accounts
    2. Kemudian klik Create 
    3. Isilah data-data yang diminta, mulai dari pilihan domain, username email, password, pilihan storage email, serta penentuan folder email
    4. Klik Create dan Anda sudah berhasil membuat email bisnis

Nah itulah alasan mengapa email bisnis itu pending dan cara membuat email bisnis. Perlu diketahui jika keberadaan email bisnis ini bisa membantu dalam memaksimalkan bisnis yang dijalankan. Semoga informasi ini bisa memberikan banyak manfaat untuk pembacanya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *