Cara Memilih Asuransi Kesehatan dengan Harga Terjangkau

asuransi kesehatan

Kesehatan merupakan hal penting bagi setiap manusia. Tidak melihat apakah dia orang kaya atau kurang mampu. Saat sakit, maka siapapun akan dibuat tidak berdaya. Oleh karena itu memiliki asuransi kesehatan yang bagus sebenarnya merupakan hal wajib karena Anda tidak tahu kapan kesehatan Anda akan diambil oleh-Nya. Sayangnya tidak semua orang menyadari hal ini.

Terbukti berdasarkan survey yang dilakukan oleh Bapepam-LK (OJK – sekarang) menunjukkan bahwasanya hanya sekitar 17,5% masyarakat di kota besar yang melindungi dirinya dengan asuransi kesehatan. Sedangkan berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat bahwasanya harga obat-obatan semakin mahal dan istri yang ditinggal oleh suaminya mengalami penurunan kualitas kehidupan.

Meski fenomena ini sudah terpampang jelas, namun tetap tidak membuat orang berpikir panjang untuk segera mendaftar ke asuransi kesehatan. Banyak hal yang menjadi alasan orang untuk menolak tawaran asuransi. Dari mulai biaya asuransi kesehatan yang mahal hingga umur yang masih muda. Padahal jika Anda mau mencari tahu lebih lanjut tentang biaya premi yang ditawarkan maka Anda bisa menyesuaikan dengan pemasukan Anda per bulannya.

Karena bagaimanapun asuransi kesehatan ini mampu membackup biaya yang dikeluarkan saat Anda berobat. Bahkan jika Anda masuk rumah sakit, maka Anda tidak perlu menanggung biaya selama perawatan. Mulai dari biaya obat-obatan, kamar, check up ataupun operasi yang cukup menelan biaya besar. Hal ini tentu akan meringankan beban finansial Anda.

Menekan Biaya Asuransi Kesehatan Agar Terjangkau Tangan

menekan biaya asuransi kesehatan

Ada banyak sebab mengapa biaya asuransi kesehatan bisa mahal dan bisa juga murah. Agar Anda tidak merasa menanggung beban berat saat melakukan pembayaran, ada baiknya Anda melakukan hal-hal berikut ini.

  • Ambil Asuransi Saat Masih Muda

Pihak perusahaan asuransi selalu memberikan premi yang mahal saat usia tertanggung semakin tua. Mengapa? Karena mereka sudah memperkirakan bahwasanya orang dengan usia yang semakin lanjut memiliki kemungkinan terserang penyakit semakin besar. Hal ini tentunya berdampak pada kemungkinan biaya pengeluaran yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi yang semakin besar pula. Oleh karena itu, lebih baik Anda segera mengambil asuransi kesehatan saat masih muda. Karena hal ini sangatlah berguna bagi Anda.

Beberapa perusahaan asuransi kesehatan bahkan tidak mewajibkan pemeriksaan kesehatan pada Anda yang mengambil premi di usia kurang dari 30 tahun. Maka lebih baik enyahkan pikiran bahwasanya saat muda tak mungkin terkena penyakit. Karena Anda tidak pernah tahu kapan Abda terkena musibah. Meskipun tidak ada yang menginginkannya tentu saja.

  • Riwayat Kesehatan

Saat Anda mengambil polis, maka Anda akan diwajibkan untuk memberikan hasil tes kesehatan. Jika kondisi saat Anda melakukan pemeriksaan dalam keadaan yang tidak baik atau tidak sehat, maka bisa jadi Anda akan dikenakan biaya premi yang lebih mahal. Hal ini juga berlaku jika Anda memiliki riwayat penyakit berat. Begitu pula jika Anda seorang perokok berat. Karena perusahaan asuransi kesehatan tentunya memprediksi bahwasanya orang yang memiliki gaya hidup buruk seperti perokok berat, peminum alkohol, dll.  memiliki kemungkinan terkena penyakit berat lebih banyak dibanding mereka yang memiliki gaya hidup sehat.

Bahkan beberapa perusahaan juga meberikan perbedaan biaya asuransi kesehatan yang ditawarkan berdasarkan jenis kelamin. Jika Anda adalah seorang wanita, maka biaya yang akan Anda bayarkan akan semakin murah. Hal ini dikarenakan ada anggapan bahwasanya wanita memiliki kemungkinan umur yag lebih panjang dibanding laki-laki.

  • Jangka Waktu Asuransi

Jangka waktu turut menentukan mahal dan murahnya biaya asurasi kesehatan yang harus Anda bayarkan. Semakin panjang jangka waktu yang Anda ambil, maka akan semakin tinggi premi yang harus Anda bayar. 4) Segi manfaat dari sebuah asuransi kesehatan juga turut menentukan berapa premi yang harus Anda bayar. Oleh karena itu, Anda harus jeli melihat dan menaksir asuransi kesehatan yang mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu rincian pembiayaan apa saja yang tertera di polis juga turut menentukan harganya. Oleh karena itu baca dengan benar peraturan dan ketentuannya.

  • Jenis Pekerjaan

Tidak banyak yang tahu bahwasanya biaya asuransi kesehatan juga ditentukan oleh jenis pekerjaan yang Anda tekuni. Jika Anda seorang yang berkecimpung di dunia kerja yang memiliki resiko besar seperti penambang, penerbang, dll. Maka pembiayaan polis Anda akan lebih besar.

  • Gunakan Asuransi Kesehatan Satu Keluarga

Jika Anda sedah berkeluarga, lebih baik gunakan asuransi jenis ini dibanding asuransi dengan polis per kepala. Hal ini dikarenakan per kepala akan dikenakan biaya premi yang berbeda-beda seperti yang telah dituliskan sebelumnya.

Ambil Asuransi Kesehatan yang Sesuai dengan Gaji Anda

asuransi kesehatan sesuai gaji

Jika Anda menginginkan asuransi kesehatan yang terjangkau dengan keuangan Anda, maka sebaiknya sesuaikan dengan pemasukan Anda. Umumnya, biaya asuransi kesehatan yang harus dikeluarkan untuk Anda adalah sebesar 10-20% dari gaji Anda per bulannya.

  • Jika Anda memiliki gaji perbulan kurang dari 5 juta, maka hendaknya Anda mencari asuransi kesehatan dengan biaya premi per bulannya kurang dari 500 ribu rupiah. Ada banyak asuransi yang bisa Anda pilih. Umumnya asuransi ini berjangka waktu yang tidak terlalu lama, bisa 3 hingga 10 tahun. Jika dalam waktu tersebut Anda tidak pernah mengajukan klaim, maka uang Anda akan dikembalikan 100%. Sehingga asuransi ini bisa Anda jadikan sebagai simpanan.
  • Jika gaji Anda mencapai 6 hingga 10 juta, maka asuransi kesehatan yang cocok untuk Anda adalah dengan kisaran 1 hingga 2 juta. Perhatikan usia, gender dan manfaat yang diberikan agar sesuai dengan yang Anda butuhkan. Umumnya asuransi kesehatan ini akan membackup biaya asuransi hingga ke luar negeri dan pertanggungan per harinya hingga mencapai angka 100 juta sekian. Sehingga lebih aman bagi Anda.
  • Jika pemasukan Anda per bulan melebihi 10 juta, maka lebih baik ambillah premi di atas 2 juta di perusahaan asuransi kesehatan yang bagus. Karena bagaimanapun semakin tinggi premi yang Anda bayarkan maka akan semakin banya biaya yang akan ditanggung oleh pihak asuransi sehingga memberikan keamanan finansial Anda. Pembiayaannya lebih terjamin, rekanan rumah sakit juga lebih banyak sehingga Anda dapat memilih rumah sakit apapun untuk perawatan Anda. Bahkan jika Anda harus ke luar negeri untuk melakukannya. Ada biaya untuk perawatan tubuh seperti gigi dan mata per tahunnya yang bisa Anda manfaatkan dengan baik.

Ada banyak  perusahaan asuransi kesehatan di Indonesia yang bisa Anda ikuti. Apapun itu tentunya tidak akan memberikan kerugian pada Anda karena kesehatan tetap merupakan hal utama yang perlu mendapatkan perhatian lebih. Jika Anda tidak pernah mengklaimnya, toh Anda tetap bisa mengambilnya saat jangka waktu asuransi Anda berakhir sehingga uang Anda tetap tidak akan hilang begitu saja.

Namun Anda tetap harus  memperhatikan dengan jeli syarat ketentuan yang tertera. Jangan lupa perhatikan faktor-faktor di atas agar premi yang Anda bayarkan sesuai dengan kebutuhan Anda dan premi yang harus Anda bayarkan menjadi lebih murah. Sehingga Anda tidak merasa terlalu terbebani saat harus membayarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *