Pelajari Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

memulai bisnis online

Dari waktu ke waktu bisnis online semakin menjamur. Bahkan dalam bidang jual beli barang juga banyak yang mengalihkan aktivitasnya ke online, selain karena mudah juga sangat efektif dan efisien. Untuk keuntungan yang diperoleh sangat menggiurkan meski tanpa memiliki toko secara fisik. Lalu, bagaimana cara memulai bisnis online dari nol hingga stabil dan menghasilkan keuntungan besar? 

Bisnis online yang dijalankan juga ada yang tidak memerlukan banyak modal bahkan tanpa modal juga bisa dijalankan, asalkan memiliki jaringan internet. Akan tetapi masih banyak yang merasa bingung mengenai bisnis online apa yang akan dijalankan dan bagaimana cara memulai bisnis online dari nol. Bagi seorang pemula tentu permasalahan tersebut sering kali terjadi. Tapi tak perlu khawatir, di bawah ini akan dibahas tentang cara memulai bisnis online dari nol.

Pahami Dahulu Jenis-Jenis Bisnis Online 

Ada banyak jenis bisnis online yang saat ini dijalankan oleh banyak orang. Beberapa jenis diantaranya sangat menguntungkan bahkan nyaris tanpa perlu memiliki modal. Berikut adalah beberapa jenis bisnis online, antara lain bisnis dropship, bisnis affiliate marketing, blogging for money dan youtuber.

Selain itu, juga ada pengiklan website (Ads Publisher), pembangun list ( List Building), online shop, content writer, dan sebagainya. Setiap jenis bisnis online memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Agar Anda merasakan keuntungan dari bisnis online, ada beberapa cara memulai bisnis online yang perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan cara-cara tersebut nantinya mempengaruhi bisnis tersebut di waktu yang akan datang, sukses atau berhenti ditengah jalan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini: 

1. Harus Paham Apa yang Dijual 

memulai bisnis online
Pahami Produk yang Dijual

Cara yang pertama, Anda harus paham dengan apa yang dijual. Ini merupakan poin penting kalau akan mempengaruhi hasil bisnis online yang Anda jalankan. Bahkan Anda diharuskan untuk memahami setiap detail barang atau produk yang akan dijual. 

Pemahaman Anda tentang poin tersebut akan membantu mengetahui kualitas produk yang dijual. Selain itu akan membantu Anda mengetahui berapa harga beli dan harga jual yang pantas. Selanjutnya Anda juga harus mengetahui selera pasar saat ini, apa yang saat ini sedang orang-orang sukai? Model seperti apa yang ingin dimiliki? Apabila semua itu Anda pahami maka bisa djamin produk yang dijual mendatangkan banyak pembeli.

Berikutnya, Anda harus memastikan jika produk yang nantinya kamu pasarkan banyak di cari di Google. Cara yang bisa digunakan untuk mengetahui banyak atau tidaknya orang yang mencari produk tersebut, yaitu menggunakan Google Keyword Planner. 

2. Riset Kompetitor

Cara selanjutnya adalah Anda harus tahu betul kompetitor atau pesaing mu. Caranya dengan melakukan riset bagaimana mereka menjual suatu produk secara online. Anda bisa membuka platform online marketplace, seperti Lazada, Shopee, Blibli, Tokopedia dan Bukalapak.

Kemudian cari tahu apa yang mereka tawarkan sehingga banyak yang membeli. Rating dan review juga memiliki pengaruh yang kuat. Tetapi juga tidak selamanya berlaku karena terkadang ada pembeli yang memberikan rating dan review jelek.

3. Cari Supplier 

memulai bisnis online
Tentukan Supplier

Selanjutnya Anda harus mencari supplier. Supplier tersebut bisa kamu dapatkan di pusat grosir tetapi juga bisa mencari supplier sampai ke luar negeri. Hal ini dilakukan agar Anda mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Lebih enaknya lagi Anda bisa menjajaki kerjasama sebagai dropshipper dan reseller. Di Indonesia sendiri cara ini sudah banyak dilakukan dengan keuntungan yang diperoleh juga cukup menggiurkan.

4. Membuat Brand yang Menarik

Membuat brand untuk bisnis online yang akan Anda jalankan tidak bisa dibuat dengan cara yang asal-asalan. Keberadaan brand yang menarik dan unik bisa membangun kepercayaan orang untuk membeli barang di bisnis yang Anda jalankan.  Tetapi Anda juga tidak bisa mengabaikan tentang kualitas soalnya ini juga mempengaruhi daya beli masyarakat.

5. Melakukan Promosi

memulai bisnis online
Promosi yang Gencar

Setelah keempat cara di atas sudah kamu lalui selanjutnya Anda perlu melakukan promosi lewat media sosial secara gratis atau berbayar. Meski sama-sama membantu dalam meningkatkan penjualan, tetapi menggunakan yang berbayar akan lebih efektif karena lebih tertarget. 

Itulah 5 cara memulai bisnis online dari nol. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *