6 Cara Menjadi Reseller Sukses dengan Modal Kecil

cara menjadi reseller

Kemajuan teknologi mendorong bisnis online berkembang dengan pesat. Tidak mengherankan jika saat ini banyak yang tertarik untuk terjun ke bisnis ini. Jika tidak memiliki modal maka bisa menjadi seorang reseller. Tidak heran jika saat ini banyak orang yang mencari bagaimana cara menjadi reseller. 

Sistem kerja dari reseller yaitu menjual kembali produk milik orang lain. Namun, seorang reseller tidak perlu memiliki stok barang di rumah. Keuntungan yang diperoleh reseller berasal dari setiap produk yang berhasil dijual. Lalu bagaimana cara menjadi reseller sukses dengan modal kecil?

Apa Itu Reseller?

cara menjadi reseller
Memahami pengertian dari reseller

Reseller merupakan individu atau perusahaan yang membeli produk dari supplier maupun pabrik lalu menjualnya kembali kepada konsumen. Sistem kerja reseller yaitu menyediakan stok barang lebih dahulu kemudian dijual kembali ke konsumen. Untuk itulah ia dinamakan sebagai reseller yang memiliki arti menjual kembali.

Sedangkan cara kerja reseller yaitu mengambil stok barang dari pabrik, distributor maupun supplier. Nantinya suplier akan memberikan harga produk jauh lebih murah dari harga pasar pada umumnya. Jika Anda tertarik untuk menjadi reseller maka harus mengetahui bagaimana caranya. 

6 Cara Menjadi Reseller Sukses dengan Modal Kecil

1. Memilih Produk yang Tepat

Ada puluhan bahkan ratusan jenis produk yang bisa dijual dalam bisnis online. Meski jenisnya cukup banyak, Anda harus memilih produk yang tepat untuk dijual. Ada beberapa pertimbangan untuk memilih produk mana yang tepat. Pertimbangan tersebut seperti memilih produk sesuai dengan keahlian dan memilih produk yang spesifik.

2. Selektif dalam Memilih Produk

cara menjadi reseller
Bersikap selektif dalam memilih produk yang dijual

Cara menjadi reseller sukses selanjutnya yaitu selektif dalam memilih produk. Artinya dalam memilih produk harus menyeleksinya dengan ketat. Sangat disarankan untuk mencari produk yang permintaannya tinggi atau mencari produk yang stabil. Jika menjual produk musiman maka harus melakukan perhitungan sampai kapan tren tersebut akan bertahan.

3. Menentukan Target Pasar

Jika sudah menentukan produk apa yang akan dijual, selanjutnya harus segera menentukan target pasar. Menentukan target pasar yang tepat bisa membuat penawaran menjadi lebih tepat sasaran. Penggunaan media sosial juga memberikan pengaruh yang cukup besar pada target pasar.

4. Memilih Strategi Pemasaran yang Tepat

cara menjadi reseller
Tentukan strategi pemasaran yang tepat untuk produk

Pemasaran atau marketing menjadi kunci sukses dalam menjalankan bisnis online sebagai seorang reseller. Perlu diketahui dua tujuan marketing, yaitu untuk meningkatkan brand awareness . Artinya akan ada banyak orang yang tahu keberadaan Anda sebagai reseller. Tujuan selanjutnya yaitu konversi. Konversi berarti merubah pengunjung menjadi konsumen.

Memutuskan untuk menjadi seorang reseller berarti harus mau belajar mengenai strategi marketing bisnis online. Ada banyak strategi marketing yang digunakan, seperti media sosial, website dan teknik SEO. Cara memulainya cukup mudah yaitu dengan membuat website lalu diisi dengan konten berkualitas dengan mendeskripsikan produk yang dijual.

5. Memilih Supplier

Supaya bisa sukses seorang reseller juga diharuskan untuk memilih supplier yang tepat. Perlu diketahui jika supplier merupakan kunci dalam memulai bisnis ini. Kriteria yang bisa ditetapkan dalam memilih supplier yaitu kredibel, harga, sistem komisi yang jelas dan kualitas produk. Selain itu, juga ketersediaan produk.

6. Pelayanan Konsumen

Cara menjadi reseller sukses dengan modal selanjutnya yaitu memiliki pelayanan konsumen yang prima dan ramah. Pelanggan atau konsumen yang terkesan dengan pelayanan Anda pasti akan memberitahu ke orang lain. Tentu ini merupakan promosi gratis yang menguntungkan Anda. Adapun pelayanan yang disukai konsumen seperti responsif, tata bahasa yang bagus dan memiliki solusi atas masalah yang dihadapi oleh pelanggan. 

Nah itulah 6 cara menjadi reseller sukses dengan modal kecil. Jika Anda tertarik untuk menjadi reseller maka terapkan cara yang disampaikan diatas. Semoga penjelasan diatas bisa membantu dan bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *