Cara Nambang Ethereum untuk Menghasilkan Pasif Income

cara menambang ethereum

Salah satu cara menambah pemasukan adalah dengan ethereum. Cara nambang ethereum dapat dilakukan dengan menerapkan tiga langkah. Melakukan instalasi perangkat lunak, pilih perangkat lunak penambangan, dan bergabung dengan kolam penambangan.

Melihat dari kesuksesan dalam arus utama tidak heran jika para peminat uang kripto beralih pandangan ke ethereum. Pasalnya, meskipun sudah mengalami jatuh pada tahun 2018, ethereum masih bisa mempertahankan diri sebagai salah satu kripto yang terdepan. Tidak heran jika ethereum menjadi pilihan yang menjanjikan. 

Cara Nambang Ethereum yang Mudah 

Sebelum menambang tentunya Anda butuh segala hal yang berkaitan dengan penambangan tersebut. Jika menambang ethereum maka yang harus dipersiapkan adalah komputer atau GPU. Setelah memiliki perangkatnya baru Anda bisa menerapkan cara nambang ethereum. Berikut penjelasannya:

1. Melakukan Instalasi Perangkat Lunak

cara menambang ethereum
Lakukan instalasi program untuk ethereum

Cara menambang ethereum yang pertama adalah instalasi perangkat lunak. Setelah menentukan perangkat keras yang akan digunakan untuk penambangan, sekarang Anda harus menginstal beberapa perangkat lunak penambangan. Langkah pertama adalah menginstal klien yang akan menghubungkan Anda ke jaringan. 

Anda bisa menginstal salah satu klien atau menginstal geth, alat baris perintah yang ditulis dalam bahasa “Go” yang berguna untuk menjalankan node Ethereum. Nah, untuk mendapatkan geth Anda dapat mengunduhnya di salah satu website penyedia geth. Simpul Anda akan terhubung ke jaringan ethereum setelah proses instalasi selesai. 

Seiringan dengan penambangan ether Anda sekarang memiliki antarmuka untuk melakukan transaksi dengan baris perintah atau menerapkan kontrak pintar. Dibutuhkan penggunaan token untuk kontrak pintar atau jaringan yang sudah terdesentralisasi tersebut. Kendati demikian, Anda bisa melakukan pengujian aktivitas ini melalui ether di jaringan uji.

2. Pilih Perangkat Lunak Penambangan

cara menambang ethereum
Pilihlah software untuk menambang ethereum

Cara menambang ethereum yang kedua adalah memilih perangkat lunak penambangan. Setelah Anda terhubung dengan jaringan, pastikan bahwa Anda menginstal perangkat lunak yang benar-benar akan menambang Anda. Pasalnya, jika tidak Anda akan mengalami kegagalan atau bahkan kerugian. 

Banyak perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menambang seperti Ethminer, MinerGate, Nicehash dan masih banyak lagi. Nah, sebelum menginstal dan menjalankan perangkat lunak pastikan terlebih dahulu bahwa Anda memiliki alamat dompet ethereum. Beberapa perangkat memiliki alamat dompet bawaan, akan tetapi sebaiknya gunakan alamat dompet yang aman.

Agar keamanan saat menambang bisa terjamin. Agar penambangan tidak terkendala dan berjalan lancar sebaiknya unduh perangkat yang sesuai untuk sistem operasi Anda. Selanjutnya ikuti instruksi di situs perangkat lunak.

3. Bergabung Dengan Kolam Penambangan

cara menambang ethereum
Masuk ke kolam penambangan ethereum

Ternyata hanya menambang saja tidak cukup menguntungkan. Nah, agar mendapatkan keuntungan juga diperlukan bergabung dengan kolam penambangan. Pasalnya dengan bergabung dengan kumpulan penambangan akan meningkatkan peluang menemukan blok karena kumpulan tersebut memiliki hashrate yang lebih besar.

Dalam kumpulan ini keuntungan akan dibagi secara proporsional. Pembagian sesuai dengan kekuatan  kontribusi yang diberikan oleh masing-masing penambang. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan penghasilan tetap dari menambang meskipun Anda tidak pernah menemukan blok. 

Namun, saat akan bergabung dalam kolam penambangan ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Diantaranya adalah struktur biaya, struktur pembayaran, keseluruhan hashrate, dan berapa lama kolam tersebut ada. Dunia pertambangan merupakan dunia yang selalu berubah. 

Mungkin saja perangkat lunak dan perangkat keras yang Anda gunakan saat ini, di masa mendatang sudah tidak digunakan. Sehingga penambangan hilang dan muncul penambangan yang lebih baru lagi. Oleh sebab itu, sebaiknya pertimbangkan biaya variabel apapun yang akan ditimbulkan. 

Mulai dari biaya perawatan, biaya listrik, biaya kolam dan biaya pertukaran. Hal ini bertujuan supaya proses penambangan Anda tidak mengalami kerugian besar. Demikianlah 3 cara nambang ethereum yang bisa anda coba lakukan untuk mendapatkan pasif income. Namun, semua tidak terlepas dari kegigihan dan kecermatan yang harus Anda miliki. Karena dunia pertambangan tidak selalu stabil. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *