Tak Perlu Bingung, Ini Cara Mudah Cek No Resi 5 Perusahaan Ekspedisi

cek no resi

Saat membeli suatu barang melalui toko online, pasti Anda akan mendapatkan nomor resi. Fungsi dari nomor ini digunakan untuk melacak status barang yang dikirim. Lalu, bagaimana cara cek no resi dengan mudah untuk melihat status dan lokasi barang yang sedang dikirim? Simak cara menelusuri nomor resi dari 5 perusahaan ekspedisi berikut ini. 

Cara Cek No Resi 5 Perusahaan Ekspedisi

Setelah barang dikirim Anda bisa langsung mengecek nomor resi melalui beberapa situs web. Akan tetapi sebelumnya harus mengetahui beberapa istilah status kiriman. On Transit berarti barang sedang berada di kota lain (transit). Manifested berarti barang sudah diterima kurir dan selanjutnya akan proses dikirim. On  Process berarti sedang dalam proses pengiriman.

Istilah selanjutnya Received on Destination berarti barang sedang di kantor ekspedisi dan sudah siap dikirim ke alamat rumah. Terakhir Delivered berarti paket telah berada di alamat tujuan. Berikut merupakan beberapa cara untuk mengecek nomor resi berdasarkan jenis perusahan ekspedisi yang digunakan. 

1. JNE

cek no resi
Melacak Resi Ekspedisi JNE

JNE merupakan salah satu perusahaan jasa pengiriman yang paling populer dan memiliki pengguna cukup banyak. Bahkan sudah mendapatkan kepercayaan dari penggunanya. Melakukan cek nomor resi JNE tergolong mudah, cepat dan tidak rumit. Berikut langkah-langkahnya:

Pertama, masuk ke https://www.jne.co.id/id/tracking/trace kemudian lanjutkan dengan mengetikkan nomor resi pada kolom yang telah disediakan. Jika ada beberapa nomor resi maka bisa sekaligus dicek caranya ketikkan satu nomor resi per baris. Kedua ketikkan kode captcha pada kolom yang telah disediakan. 

Pastikan kode captcha yang ditulis sudah benar. Setelah sudah yakin menuliskan kode captcha dengan benar maka klik SEARCH. Selanjutnya status pengiriman dari nomor resi yang diketik pada kolom akan muncul. 

2. J&T

Pengecekan nomor resi J&T melalui situs web resminya akan lebih ringkas jika dibandingkan dengan JNE. Ini dikarenakan pada J&T tidak terdapat kode captcha. Sehingga tergolong lebih mudah karena diminta langsung mengetikkan nomor resi.

Caranya dengan masuk ke halaman https://www.jet.co.id/track, lalu ketik nomor resi pada kolom telusur. Jika ingin cek no resi lebih dari satu maka bisa memberi tanda koma untuk memisahkan setiap nomor. Terakhir tinggal klik Lacak kemudian status dan lokasi paket akan muncul.

3. Wahana Express

cek no resi
Melacak Barang Melalui Resi di Wahana Express

Bagi yang menggunakan perusahaan ekspedisi Wahana Express caranya juga cukup mudah. Pertama masuk ke halaman https://www.wahana.com/. Setelah muncul halaman utamanya kemudian masukkan nomor resi ke kolom “Nomor Resi”. 

Jika ingin mengecek beberapa nomor resi caranya dengan memisahkan tiap nomor menggunakan tanda kota. Setelah selesai mengetik seluruh nomor resi selanjutnya tinggal klik Lacak dan status pengiriman akan langsung bisa diketahui.

4. SiCepat 

SiCepat merupakan salah satu perusahaan ekspedisi yang bisa mendukung bisnis online. Perusahaan ekspedisi ini juga menyediakan fitur cek resi untuk mencari kepercayaan pelanggan. Sama seperti perusahaan ekspedisi lainnya, cara cek no resi SiCepat juga sangat mudah.

Pertama masuk ke halaman http://sicepat.com/checkWeb kemudian lanjutkan dengan mengetik nomor resi pada kolom No resi. Anda juga bisa mengecek no resi lebih dari satu caranya dengan menambah kolom baru, yaitu dengan klik ikon + Tambah resi baru. Terakhir klik Lacak dan langsung mengetahui hasilnya.

5.Tiki 

cek no resi
Website Ekspedisi Tiki untuk Melacak Resi

Tiki merupakan salah satu perusahaan ekspedisi yang juga menyediakan fitur cek resi. Tujuannya supaya konsumen bisa melakukan tracking resi secara mudah dan cepat. Caranya cukup mudah yaitu masuk ke halaman https://www.tiki.id/id/tracking.

Setelah masuk ke halaman tersebut lalu ketikkan nomor resi Anda. Setelah itu klik tombol bertuliskan Cek Resi. Apabila nomor resi yang dimasukkan benar, maka secara otomatis Anda bisa mengetahui posisi dan status paket yang dikirim.

Nah itulah cara mudah untuk cek no resi pengiriman dari 5 perusahaan ekspedisi. Diharapkan setelah membaca penjelasan di atas tidak lagi bingung bagaimana cara mengecek nomor resi itu. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *