Pahami Contoh Bisnis Plan Jasa Suatu Perusahaan

contoh bisnis plan jasa

Dalam membuka suatu bisnis Anda harus memiliki kemampuan dalam membuat bisnis plan. Termasuk pada perusahaan jasa. Jika sudah menguasainya maka akan mendapatkan banyak keuntungan. Sebelum membuka bisnis harus membuat bisnis plan yang isinya tentang rincian informasi tahapan dalam membangun suatu bisnis mulai dari nol hingga 5 tahun kedepan. Berikut ini merupakan contoh bisnis plan jasa yang bisa Anda ikuti. 

Bisnis plan tersebut harus dibuat sebagus mungkin agar diterima banyak orang terutama calon investor. Untuk itu simak contoh bisnis plan yang mampu menarik minat dan bisa menyakinkan mereka.

Contoh Bisnis Plan Jasa 

contoh bisnis plan jasa
Business Plan

1. Contoh Bisnis Plan Jasa: Latar Belakang

Bagian awal yang harus dipikirkan dengan matang sebelum membuat bisnis plan adalah latar belakang, atau sebagian orang menyebutnya dengan Executive Summary. Pada bagian ini harus bisa menuliskan alasan mengapa ingin menghadirkan bisnis jasa Kedai Kopi Nusantara. Isinya harus mencakup ide penemuannya, keunggulan dibanding tempat lain, prospek kedepannya seperti apa. Berikut contohnya :

“Kedai kopi Nusantara merupakan usaha potensial yang mengutamakan memilih jenis kopi lokal di Indonesia, mulai dari kopi gayo hingga wamena. Kedai kopi ini rencananya akan di buka di jalan Gajah Mada, Surabaya. Disini nantinya akan menghadirkan menu kopi robusta dari biji kopi pilihan dan berkualitas hasil olahan barista handal serta profesional…..”

Agar bisnis plan yang Anda buat bisa lebih meyakinkan bisa juga ditambah dengan tinjauan pustaka atau kutipan hasil penelitian tentang kopi dari berbagai sumber yang bisa dipertanggungjawabkan.

2. Bagian Penjelasan Visi Misi

Langkah selanjutnya yaitu menyusun visi dan misi membuka bisnis tersebut. Bagian ini sebaiknya dibuat dengan jelas agar mudah dipahami oleh calon investor. Berikut contohnya 

Visi : Menciptakan kedai kopi berkualitas yang bisa diterima oleh semua pihak

Misi : Memberikan cita rasa kopi enak dan terbaik, memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan yang datang.

3. Paparan Gambaran Produk 

contoh bisnis plan jasa
Presentasi Visi dan Misi Perusahaan

Bagian ketiga ini wajib mendeskripsikan produk bisnis secara jelas dan mudah dimengerti. Contohnya:

“Bisnis kedai kopi nusantara ini menjual kopi robusta sebagai menu utama. Selain itu, juga menyediakan menu pendamping seperti spageti, nasi goreng, aneka cake dan pastry.

4. Rencana Usaha 

Bagian ini merupakan bagian terakhir dari bisnis plan dan harus dibuat sedetail mungkin tentang bisnis yang akan Anda kelola. 

a. Persiapan 

Pada tahap persiapan ini meliputi informasi mengenai proses pencarian bahan baku, pengolahannya hingga bisa sampai menjadi target pasar. Contohnya 

“Di bisnis kedai kopi ini , bahan baku diperoleh dari tengkulak setiap seminggu sekali. Jam operasionalnya dari pukul 4 sore hingga 12 malam.”

b. Strategi Pemasaran 

Pada bagian ini kita bisa menulis tentang metode pemasaran yang Anda gunakan, menggunakan pemasaran digital hingga tradisional. Jangan lupa tampilkan juga seperti segmen pasar, target pasar dan juga positioning produk agar bisa bersaing dengan bisnis kopi lainnya. Contohnya

“Agar kedai kopi nusantara lebih dikenal masyarakat, maka akan ada promo dari selebgram. Selain itu, juga memiliki akun media khusus untuk melakukan promosi, lengkap dengan websitenya berisi informasi promo dan konten-konten viral untuk menarik calon pelanggan.”

c. Aktiva Anggaran 

Dalam bagian ini Anda harus menulis harga dan juga bahan baku yang digunakan secara detail. Contoh :

“Sewa Ruko : Rp 3.000.000, kemudian pembelian biji kopi robusta : @ Rp 120.000 x 4 Rp 480.000, pengadaan paper cup : @ Rp 200 x 100 = Rp 25.000 Dll…….”

d. Sumber Anggaran 

Sumber anggaran yang digunakan bisa dari dana pribadi, investasi atau juga dari pinjaman. Kemudian tulislah informasi sumber dana tersebut secara lebih rinci. Contoh :

“Modal Pribadi : Rp 15.000.000, Dana Pinjaman : Rp 5.000.000, Perkiraan dana dari investor : Rp 10.000.000, Dll ……”

e. Struktur Organisasi 

Dalam menjalankan suatu bisnis, juga harus memiliki struktur organisasi yang jelas dan bisa diminta bertanggung jawab. Contohnya :

“Manager : Bagas, Bendahara : Retno, Pemasaran : Dito, Dll…. “

Itulah contoh bisnis plan jasa suatu perusahaan. Semoga uraian di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *