Gambaran Contoh Proposal Usaha untuk Persiapan Bisnis yang Matang

contoh proposal usaha

Proposal usaha menjadi salah satu hal penting yang harus dibuat oleh seorang pebisnis. Dengan adanya proposal ini akan menjadi pondasi mengenai bisnis apa yang akan dibangun kedepannya. Tidak heran, jika banyak calon pebisnis baru yang mencari bagaimana contoh proposal usaha yang tepat. 

Memahami cara membuat proposal usaha bukanlah hal yang sulit. Pasalnya, isi dari proposal tersebut juga merupakan gambaran singkat mengenai usaha yang sedang dijalankan. Oleh karena itu, apa yang akan ditulis di proposal tersebut harus bersumber dari perencanaan bisnis yang sedang dibuat. 

Gambaran Contoh Proposal Usaha

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa proposal usaha tidak sulit untuk dibuat. Namun, memang harus dipastikan bahwa apa yang tertulis pada proposal tersebut adalah rancangan bisnis yang sudah dipikirkan dengan matang. Berikut ini merupakan contoh proposal usaha makanan yang bisa Anda jadikan referensi. 

1. Menuliskan Bab I Pendahuluan

contoh proposal usaha
Bagian Pendahuluan Proposal Usaha

Pada bagian pembuka proposal usaha akan diawali dengan pendahuluan. Bab pendahuluan ini akan berisikan latar belakang usaha, visi dan misi usaha, dan tujuan usaha. Proses penulisan pada bab ini juga tidak bisa dilakukan sembarangan karena merupakan gerbang awal dari kelanjutan proposal usaha selanjutnya. 

Jadi, ketika menulis proposal usaha bagian pendahuluan pastikan menulis secara rinci mengenai usaha yang akan didirikan. Mulai dari alasan berdirinya, visi dan misi yang akan dicapai, serta tujuan jangka panjang dengan usaha tersebut. Jangan sampai menulis bagian ini dengan asal dan tidak rinci. 

2. Beranjak pada Bab II Ringkasan Produk 

Pada bagian kedua berisi mengenai garis besar produk yang akan dijual atau diproduksi oleh usaha tersebut. Selain itu, juga berisikan profil usaha secara singkat, gambaran awal usaha, dan produk yang dijual. Pada bagian produk, jabarkan dengan rinci mengenai gambaran pokok produk, gambaran persaingan usaha, dan gambaran penjualan. 

3. Memasuki Bab III Perencanaan Keuangan 

contoh proposal usaha
Perhitungan Keuangan yang Matang dan Terinci

Sebuah bisnis pasti tidak akan terlepas dari urusan keuangan. Keuangan meliputi modal, biaya produksi, target keuntungan, dan sebagainya. Pada Bab III juga harus dijelaskan dengan rinci masalah keuangan menyangkut bisnis usaha makanan yang sedang dibuat. 

Mulai dari perencanaan biaya produksi yang diperlukan, harga produk yang disepakati, serta target penjualan perhari atau perbulan yang harus dicapai. Selain itu, juga tuliskan jumlah modal serta pemasukkan lain yang masuk untuk produksi. Ini semua harus tertulis secara rinci agar tidak terjadi kesalahan pembukuan pada perusahaan nantinya. 

4. Ditutup dengan Bagian Bab IV Penutup 

Pada bagian penutup ini akan berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan merupakan hasil akhir yang dapat diambil berdasarkan usaha yang sedang dirancang. Sementara itu, saran akan berisi berbagai saran yang ingin disampaikan penulis kepada para pembaca lainnya. 

Bagian penutup ini juga menjadi bagian yang penting pada sebuah contoh proposal usaha. Oleh karena itu, sebagai seorang pebisnis tidak boleh melewatkan bagian ini pada setiap proposal yang dibuat. Agar proposal yang dibuat telah memenuhi standar dan memuat semua informasi yang dibutuhkan mengenai usaha yang sedang dijalankan atau dirintis. 

5. Tambahan Lampiran 

contoh proposal usaha
Bagian Lampiran dalam Proposal Usaha

Dalam sebuah proposal usaha juga bisa ditambahkan lampiran yang diperlukan. Lampiran dapat berisi rancangan dari produk, atau rancangan mengenai tempat usaha yang akan dibuat. Umumnya pada bagian lampiran ini akan berisi foto yang diperlukan untuk dapat menunjang isi dari proposal, seperti foto produk jadi makanan dan sebagainya.

Demikian merupakan contoh proposal usaha yang dapat dijadikan sebagai referensi. Jangan lupa untuk membuat proposal sebelum memulai suatu usaha. Dan semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semua ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *