Pengertian Ekonomi Makro dan Perbedaannya dengan Ekonomi Mikro

ekonomi makro

Ketika belajar dan mendalami ilmu ekonomi pasti akan menemukan materi ekonomi makro dan mikro. Istilah ekonomi makro dan mikro sebenarnya seringkali menjadi topik penting dalam pembahasan ilmu ekonomi. Lalu apa pengertian dari ekonomi makro? Dan bagaimana perbedaannya dengan ekonomi mikro? 

Pengertian Ekonomi Makro

ekonomi makro
Ilmu yang Mempelajari Ekonomi Secara Lebih Luas

Apa itu ekonomi makro? Ekonomi ini merupakan materi dari ilmu ekonomi yang membahas mengenai perekonomian yang lebih kompleks dan luas secara menyeluruh. Dimana dalam perubahan ekonomi yang terjadi bisa memengaruhi banyak masyarakat, pasar, perusahaan dan juga perekonomian suatu negara.

Contoh dari jenis ekonomi ini yaitu pendapatan nasional, inflasi, kesempatan kerja, pengangguran dan sebagainya. Makro maupun mikro memiliki peranan penting untuk mengukur tingkat pertumbuhan ekonomi skala kecil sampai besar. Alasannya karena keduanya saling berkaitan. 

Tujuan Ekonomi Makro  

ekonomi makro
Memiliki Tujuan Ekonomi Lebih Besar dan Luas

1. Meningkatkan Pendapatan Nasional

Perlu diketahui jika tujuan ekonomi digunakan adalah untuk meningkatkan pendapatan nasional suatu negara. Ketika sudah mengetahui pendapatan nasional maka pertumbuhan ekonomi suatu negara bisa diukur dengan baik. Kebijakan ekonomi yang efektif dan efisien bisa meningkatkan pendapatan nasional secara signifikan.

2. Membuka Lapangan Pekerjaan 

Keberadaan ekonomi makro bisa membantu suatu negara membuka lapangan pekerjaan. Meningkatnya peluang untuk mendapatkan kesempatan kerja bisa membuat kapasitas produksi ikut meningkat. Kebijakan ini bisa digunakan untuk mengajak investor supaya menanamkan modal atau berinvestasi sehingga lapangan pekerjaan akan bertambah banyak.

3. Meningkatkan Kapasitas Produksi Secara Nasional

Kebijakan secara makro bisa membantu dalam meningkatkan kapasitas produksi secara nasional sehingga bisa mempengaruhi pertumbuhan dan pembangunan. Cara yang dilakukan untuk meningkatkan kapasitas produksi yaitu dengan memperbaiki situasi investasi dalam negeri.

4. Menjaga Kestabilan Ekonomi 

Kebijakan makro bisa membantu dalam menjaga kestabilan ekonomi suatu negara supaya pelaku usaha mau berinvestasi di suatu negara. Apabila stabilitas perekonomian tercapai, maka akan meningkatkan permintaan persediaan dan keseimbangan neraca. Caranya dengan memperbaiki fungsi pasar dan sektor pertanian, industri, dan keuangan.

5. Mengendalikan Inflasi 

Inflasi yang terjadi d suatu negara disebabkan oleh permintaan yang terlalu besar terhadap suatu barang atau jasa sehingga menyebabkan kenaikan harga. Apabila hal ini terjadi akan berakibat terhambatnya pertumbuhan ekonomi suatu negara. Selain itu juga menyebabkan kenaikan harga yang tinggi, meningkatnya pengangguran dan sebagainya.

Perbedaannya dengan Ekonomi Mikro 

ekonomi makro
Ruang Lingkup Antara Keduanya

1. Ruang Lingkup Secara Makro

Perbedaan ekonomi makro dan mikro yang pertama adalah ruang lingkupnya. Lingkup besar membahas mengenai hal-hal yang lebih luas jika dibandingkan dengan ekonomi mikro. Selain itu, perbedaan diantara keduanya bisa dilihat dari ruang lingkup dan aspek lainnya. Cakupan yang luas membahas mengenai masalah inflasi dan deflasi, tingkat pengangguran, ketersediaan lapangan kerja dan sebagainya.

Ekonomi lingkup besar sangat penting dipelajari supaya bisa mengetahui kestabilan neraca keuangan negara terhadap nilai tukar mata uang rupiah terhadap mata uang asing yang masih cukup rendah.  Beberapa kebijakan yang dibahas secara luas, yaitu kebijakan fiskal, kebijakan moneter, dan kebijakan segi penawaran.  

2. Ruang Lingkup Secara Mikro 

Mikro membahas mengenai hal-hal yang lebih kecil, spesifik dan rinci. Contohnya kondisi keuangan suatu perusahaan yang sedang kolaps. Perlu diketahui jika ekonomi mikro tidak hanya mempelajari tentang masalah finansial saja. Beberapa hal yang dibahas dalam ekonomi mikro yaitu teori harga, teori produksi dan teori distribusi. 

Itulah penjelasan pengertian ekonomi makro dan perbedaannya dengan lingkup mikro. Diharapkan penjelasan atas bisa menambah informasi bagi pembaca semuanya. Semoga juga memberikan banyak manfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *