Ini Dia Definisi Etika Bisnis, Prinsip dan Manfaatnya bagi Bisnis 

etika bisnis

Dalam dunia bisnis, etika menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk membantu mengelola dan menjalankan bisnis. Untuk itulah etika bisnis harus dimiliki para pelaku usaha atau para pebisnis pada umumnya. Jika etika yang dimiliki baik, maka akan lebih besar peluang kesuksesan pada usaha yang Anda jalankan. 

Sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial pastinya akan menjalin hubungan atau interaksi dengan orang lain. Dimana hubungan tersebut terdapat nilai dan tata cara hidup bermasyarakat yang sering disebut dengan nama etika. Pertanyaannya, apa definisi dari etika bisnis, prinsip dan juga manfaatnya bagi bisnis? 

Definisi Etika Bisnis

etika bisnis
Memahami pentingnya etika saat menjalankan usaha

Jika melihat definisinya, etika bisnis adalah suatu cara untuk melakukan kegiatan bisnis. Pada prosesnya etika ini akan mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan maupun masyarakat. Keberadaan etika bisnis cukup penting karena bisa membentuk nilai, norma dan juga perilaku karyawan maupun pimpinan. 

Tujuannya supaya bisa membangun hubungan yang sehat dengan pemegang saham, mitra kerja dan masyarakat. Etika bisnis ini bisa menjadi standar dan juga pedoman bagi setiap karyawan maupun manajemen untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Dalam melakukannya berlandaskan moral luhur, kejujuran, sikap profesional dan transparansi.

Prinsip Etika Bisnis

etika bisnis
Berbagai prinsip yang harus dipegang saat menjalankan Business Ethics

1. Prinsip Otonomi

Prinsip otonomi berkaitan erat dengan sikap dan juga kemampuan individu dalam mengambil sebuah keputusan penting dan tindakan yang tepat. Dalam hal ini pelaku bisnis diharuskan bisa mengambil keputusan yang baik dan tepat. Keputusan yang sudah diambil juga harus bisa dipertanggungjawabkan.

2. Prinsip Kejujuran

Kejujuran harus menjadi dasar ketika menjalankan bisnis atau usaha apapun. Pengusaha sukses maupun konvensional mengaku bahwasanya kejujuran merupakan kunci keberhasilan suatu bisnis yang dijalankan. Artinya bisnis yang Anda jalankan bisa mencapai kesuksesan maka harus memegang prinsip kejujuran.

3. Prinsip Keadilan

Maksud adil dalam hal ini adalah semua pihak yang terlibat memiliki hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama sesuai aturan yang berlaku. Jika ini berjalan maka semua pihak yang terlibat harus memberikan kontribusi kepada keberhasilan bisnis yang dijalankan. Prinsip keadilan tidak boleh diabaikan begitu saja jika ingin mencapai keberhasilan dalam bisnis.

4. Prinsip Saling Menguntungkan

Maksud dari prinsip ini adalah aktivitas bisnis yang dijalankan akan memberikan keuntungan bagi semua pihak. Prinsip saling menguntungkan menuntut hak mengenai keuntungan kegiatan bisnis. Contohnya pengusaha ingin mendapatkan keuntungan sedangkan pembeli ingin mendapatkan produk atau jasa yang memuaskan.

Manfaat Business Ethics bagi Bisnis

etika bisnis
Deretan manfaat yang akan didapatkan jika Business Ethics baik

1. Memiliki Citra Baik di Mata Pelanggan

Perusahaan yang memiliki citra baik pasti akan diterima oleh masyarakat. Perlu diketahui jika manfaat business ethics yang pertama adalah untuk memperbaiki citra perusahaan. Maka dari itu, perusahaan yang menerapkan etika bisnis pasti memiliki citra yang baik di  mata pelanggan dan jumlah pelanggan akan terus bertambah.

2. Perusahaan Menjadi Terpercaya

Manfaat berikutnya yaitu mendapatkan kepercayaan dari para pelanggannya. Jika terus dipertahankan maka kepercayaan pelanggan kepada perusahaan akan terus meningkat. Hal ini dikarenakan perusahaan dianggap sangat loyal dalam melakukan bisnis dengan perusahaan. Tentu ini akan menguntungkan perusahaan tersebut.

3. Memaksimalkan Keuntungan

Pelanggan yang sudah percaya dengan kinerja perusahaan pasti akan mendatangkan keuntungan melimpah. Penyebabnya adalah perusahaan selalu menerapkan etika bisnis dan para pelanggan telah memberikan kepercayaan penuh kepada perusahaan. Jika etika terus dipertahankan, bukan tidak mungkin perusahaan akan semakin sukses.

Nah itulah definisi etika bisnis, prinsip dan manfaatnya bagi bisnis. Diharapkan penjelasan yang disampaikan diatas bisa memotivasi Anda yang sedang menjalankan bisnis. Semoga bermanfaat. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *