Ketahui Cara Bisnis dan Daftar Franchise Makanan di Indonesia

franchise makanan

Bisnis franchise makanan saat ini memang begitu digemari. Alasannya karena mudah dilakukan dan peluang mendapatkan kesuksesan cukup besar. Tidak cukup hanya itu saja, bisnis makanan ini akan mendapatkan banyak keuntungan. Lalu bagaimana cara bisnis franchise? Simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Bisnis Franchise Makanan

1. Menentukan Konsep dan Model Bisnis Kuliner

Cara pertama yang harus dilakukan adalah menentukan konsep dan juga model bisnis kuliner yang akan di franchise-kan. Dalam memulai bisnis franchise makanan membutuhkan konsep sedemikian rupa. Tujuannya supaya semua mitranya memiliki kesamaan dalam bahan dasar, peralatan yang digunakan,  standar penyajian bentuk booth dan desain booth.

2. Melakukan Kajian kelayakan Usaha 

franchise makanan
Tahapan Uji Kelayakan Usaha yang Akan Dibangun

Suatu bisnis franchise makanan dikatakan layak setelah melewati tahapan yang mampu memenuhi standar dan juga kualitas. Perlu digaris bawahi jika bisnis franchise makanan tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan saja. Namun, ada perhitungan lamanya modal akan kembali sejak bisnis mulai beroperasi.

3. Menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP)

Hal utama yang harus diperhatikan dalam bisnis franchise makanan adalah adanya SOP yang jelas. Keberadaan SOP yang jelas akan membuat para mitranya mendapatkan banyak kemudahan. SOP tersebut berisi tentang standar kualitas bahan dan juga kehigienisan sehingga membuat banyak orang tertarik mengunjungi outlet Anda.

4. Persiapan Pemasaran dan Launching 

Setelah poin 1 sampai 3 sudah terselesaikan maka selanjutnya masuk pada tahapan pemasaran launching produk. Pemasaran yang dilakukan pastinya akan membutuhkan sarana promosi yang tepat. Promosi bisa dilakukan secara gratis menggunakan media sosial atau mencetak brosur dan memasang iklan di media cetak atau elektronik.

5. Memonitoring dalam Rangka Penyempurnaan Usaha 

franchise makanan
Proses Monitoring Usaha

Tahap ini merupakan bagian dari evaluasi sebuah bisnis franchise makanan.  Seperti yang diketahui terkadang suatu bisnis tidak bisa berjalan sesuai SOP sehingga harus mencari alternatif lainnya. Selain itu, munculnya kendala atau masalah mengharuskan untuk mencari solusi untuk menyempurnakan bisnis yang dijalankan. 

Daftar Franchise Makanan di Indonesia 

1. Franchise Fried Chicken

Franchise fried chicken menduduki posisi pertama sebagai franchise makanan terlaris. Ayam goreng dengan balutan tepung memang sangat menggoda selera karena memiliki rasa gurih dan renyah. Lapisan tepung yang membungkus daging ayam merupakan daya tarik sehingga anak-anak hingga orang dewasa menyukai makanan ini. 

2. Franchise Bakso

Orang Indonesia pasti banyak yang menyukai bakso. Saking banyaknya penggemar makanan ini  sehingga sangat mudah menjumpai penjual bakso dimana saja. Misalnya di sekolah, stasiun, terminal, mall-mall dan sebagainya. Penjual bakso juga ada yang berkeliling menghampiri penggemarnya. Selain memiliki rasa enak, harganya juga sangat murah.

3. Franchise Kopi 

franchise makanan
Bisnis Franchise Minuman Kopi

Menikmati secangkir kopi setiap hari sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Bahkan saat ini menikmati secangkir kopi sudah menjadi sebuah gaya hidup. Tidak mengherankan jika saat ini banyak bisnis kopi berupa kedai kopi atau coffee shop  yang ada di sekitar kita. Mulai dari warung kopi pinggir jalan hingga sekelas starbuck.

4. Franchise Kebab 

Kebab bukan makanan asli Indonesia tetapi menjalankan bisnis franchise ini memiliki peluang cukup besar. Bahkan prospek ke depan bisnis ini masih sangat menjanjikan. Menariknya lagi franchise kebab menjadi yang paling laris di Indonesia karena peminatnya sangat banyak.

5. Franchise Es Krim 

Siapa tak menyukai es krim, bisa dipastikan hampir semua orang menyukainya. Makanan ini cukup digemari karena memiliki rasa yang manis dan bentuk yang menggoda. besarnya potensi menjalankan bisnis franchise es krim membuat makin banyak pengusaha yang menekuni bisnis ini. 

Itulah penjelasan mengenai cara bisnis dan daftar franchise makanan di Indonesia. Diharapkan informasi diatas bisa memberikan banyak informasi baru mengenai franchise. Semoga informasi yang diperoleh bisa bermanfaat bagi pembacanya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *