Mengenal Fungsi dan Manfaat Kertas Hitam

kertas hitam

Kertas hitam merupakan salah satu benda yang sudah populer di dunia bisnis. Nama lain dari benda ini adalah kertas karbon. Nah, kertas tersebut pernah sangat booming sebelum muncul mesin fotokopi. Pada dasarnya memang kertas karbon dan mesin fotokopi memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk membuat kopian atau duplikat dari suatu tulisan. 

Kertas karbon merupakan kertas yang dilapisi dengan tinta kering dan diikat dengan lilin di salah satu sisinya. Seperti yang dijelaskan diatas, kertas ini digunakan untuk membuat salinan tulisan hingga beberapa salinan sekaligus. Dari sini kemudian dapat diketahui betapa pentingnya keberadaan kertas tersebut dalam suatu bisnis. Selain untuk mempermudah dalam bekerja juga bisa efisiensi waktu. 

Sejarah Munculnya Kertas Duplikat

Asal mula munculnya kedua jenis kertas ini belum bisa diketahui secara pasti. Pada tahun 1806. Ralph Wedgwood dari Inggris telah menggunakan istilah kertas berkarbonasi. Kertas tersebut direndam ke dalam tinta lalu dikeringkan. Pada tahun 1808, Pellegrino Turri dari Italia menciptakan mesin tik. Akan tetapi mesin tik tersebut baru bisa digunakan jika memakai jenis kertas semacam ini untuk membuat tulisan. Pada saat itu, salah satu tujuan menggunakan kertas karbon adalah untuk membantu para penyandang tuna netra untuk menulis melalui penggunaan kertas ini sebagai pengganti tinta.

Fungsi dan Manfaat Kertas Hitam

1. Menduplikasi Tulisan

kertas hitam
Kertas Hitam untuk Duplikasi Tulisan atau Gambar

Kertas hitam atau kertas karbon berfungsi untuk membuat kopian atau menggandakan tulisan. Dengan kata lain, kertas hitam fungsinya untuk mentransfer salinan dari kertas yang ada diatas kertas kombinasi ke lembaran di bawahnya. Dahulu kertas tersebut menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan karena bisa mempercepat selesainya suatu pekerjaan. Meski saat ini posisinya sudah digantikan oleh mesin ketik, kertas ini juga masih digunakan. Meski tak sebanyak dulu lagi, setidaknya kasir yang ada di beberapa kantor dalam membuat kwitansi manual masih membutuhkannya. 

2. Membuat Lukisan

kertas hitam
Kertas Karbon untuk Tempat Melukis

Kertas karbon yang saat ini jarang digunakan bisa dimanfaatkan sebagai media untuk melukis. Sudah ada beberapa pekerja seni yang membuat karya unik menggunakan kertas tersebut. Bahkan hasil jiplakannya menghasilkan karya yang sangat indah dan menari. Beberapa waktu yang lalu sempat viral sebuah lukisan cantik yang terbuat dari kertas bewarna. Lukisan tersebut dibuat dengan cara menempelkan dua buah kertas di bagian bawah dan atas kertas karbon, kemudian bisa memulai menggambar dan menuangkan kreasi

Cara Menggunakan Kertas Hitam

kertas hitam
Cara Menggunakan Jenis Kertas Hitam

Cara menggunakan jenis kertas seperti ini adalah dengan meletakkan di antara dua lembar kertas kosong atau lebih. Pada saat kertas paling atas ditulisi menggunakan mesin ketik, kertas karbon yang berada di bawahnya secara otomatis juga ikut terkena tekanan dan pukulan logam yang meninggalkan jejak-jejak tulisan pada tulisan aslinya. 

Tekanan pada kertas karbon tersebut akan memindahkan tinta dari bagian sebelumnya ke kertas yang berada di bawahnya, sehingga tulisan yang ada di bawahnya akan menjadi salinan dari tulisan asli. Sedangkan pukulan logam pada mesin ketik akan meninggalkan bekas di sisi kertas karbon yang berlapis tinta setelah tintanya berpindah ke lapisan yang berada di bawahnya. Untuk tulisan yang bersifat rahasia biasanya akan dilindungi dengan cara menghancurkan kertas karbon menggunakan mesin penghancur kertas.

Itulah informasi tentang fungsi dan manfaat kertas hitam. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *