Penting Diketahui, Inilah Hukum Investasi Emas dalam Islam

hukum investasi emas

Ada banyak orang yang ingin berinvestasi terutama investasi emas, akan tetapi ada keraguan dalam dirinya yaitu ini termasuk riba atau bukan. Memang bisa dipastikan banyak yang berpikiran seperti itu dan akhirnya mengurungkan niatnya untuk investasi emas. Kendala tersebut muncul ketika memikirkan tentang keuntungan yang didapatkan dalam jangka waktu tertentu termasuk riba atau bukan. Kemudian mempertanyakan bagaimana hukum investasi emas dalam Islam. Tentu ada pihak pro dan kontra. Untuk menjawab pertanyaan tersebut juga ada dua pendapat, yang satu memperbolehkan dan yang satu melarangnya.

Kegiatan Investasi dalam Pandangan Islam 

hukum investasi emas
Memahami Hukum Islam dalam Investasi Emas

Dalam hal ini investasi emas tidak dilarang karena dalam islam pengembangan harta justru dianjurkan. Tetapi ada syaratnya yaitu tidak mengandung unsur riba, gharar dan larangan lainnya. Selain itu, juga tidak merugikan pihak lainnya dalam kegiatan perdagangan. Tidak hanya emas, instrumen investasi lainnya juga tidak dilarang. 

Dalam islam kegiatan investasi merupakan hal yang baik asalkan ada kejelasan di dalamnya. Ini dimulai dari kegiatan akad, pembagian keuntungan, bunga, jangka waktu yang disepakati dan sebagainya. 

Begitu pula dengan investasi emas. Hukum investasi emas dalam Islam yang dilakukan sangat diperlukan akad yang jelas, misalnya sistem mudharabah. Ketika memilih investasi emas di bank sangat disarankan untuk memilih bank syariah. Tenang saja sekarang banyak bank-bank syariah yang menyediakan layanan investasi emas dengan mudah dan sangat terpercaya.

Alasan lainnya yaitu selama melakukan investasi emas harus tetap mengeluarkan zakat, jika tidak mengeluarkan zakat maka akan dilarang. PT.Antam telah menawarkan layanan investasi emas dan sudah bekerja sama dengan Baznas sehingga mempermudah Anda dalam membayar zakat maupun infaq. 

Pada dasarnya banyak orang melakukan investasi emas dalam jangka waktu lama untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. seperti diketahui bahwa dari waktu ke waktu harga emas semakin tinggi terutama emas batangan. Dalam konteks ini orang tersebut telah menimbun harta dan dalam islam itu sangat dilarang. 

hukum investasi emas
Emas sebagai Instrumen Investasi

Namun ada ulama yang memberikan pendapat bahwa diperbolehkan menimbun harta dalam bentuk emas dalam jangka waktu lama. Asalkan orang tersebut tetap mengeluarkan zakat dari harta yang dimiliki. 

Membeli sesuatu kemudian dijual kembali saat harganya naik memang diperbolehkan. Hal ini karena sudah menjadi sifat manusia untuk mendapatkan keuntungan asalkan tidak melakukan kecurangan yang bisa merugikan pihak lain. 

Barang yang menjadi milik seseorang maka bisa dipastikan boleh diperlakukan sesuai keinginan. Ini merupakan bentuk penegasan bahwa penggunaan hak milik pribadi, termasuk emas atau uang tidak dilarang dalam islam.

Hukum Investasi Emas dalam Islam  

hukum investasi emas
Pandangan Islam Mengenai Investasi Emas

Ada hal yang perlu dipahami bahwasanya dalam kegiatan akad jual beli, seorang pedagang diperbolehkan menjual dagangannya dengan harga berapa saja asalkan pembeli juga menyetujuinya dan mampu membelinya. Akan tetapi, penjual sangat dilarang untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya. Seorang pedagang emang wajar mencari keuntungan tetapi keuntungannya jangan terlampau tinggi. Jika terjadi maka mendekati riba yang dalam islam sangat dilarang.

Jadi dapat disimpulkan bahwa investasi emas dalam islam diperbolehkan asalkan tidak mengandung unsur-unsur yang dilarang seperti riba, gharar dan sebagainya dalam kegiatan bermuamalah. Karena tentunya bisa merugikan pihak lainnya.

Selama menyimpan emas yang dimiliki untuk investasi juga diperbolehkan asalkan tetap membayar zakat sesuai ketentuan yang telah ditetapkan dalam agama islam. Untuk itu Anda tidak perlu takut lagi untuk investasi emas.

Itulah hukum investasi emas dalam Islam. Semoga penjelasan ini cukup untuk membantu menghilangkan keresahan banyak pihak perihal investasi emas ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *