Insider Trading: Pengertian dan Bagaimana Insider Terjadi  

insider trading

Bagi Anda yang bergelut dalam investasi saham pasti pernah mendengar istilah insider trading. Istilah tersebut memiliki pengaruh dalam pergerakan harga saham yang ada di pasar modal. Pengaruhnya berupa memainkan dan juga menjaga harga saham. Lalu apa pengertian dari istilah tersebut dan bagaimana insider terjadi? Simak penjelasannya dibawah ini.

Apa Itu Insider Trading?

insider trading
Memahami pengertian dari insider trading

Insider trading merupakan suatu praktik ilegal yang ada dalam dunia investasi. Dimana seorang investor memperoleh informasi yang pasti mengenai peluang keuntungan dalam transaksi jual beli saham. Dikatakan ilegal karena terdapat ketidakadilan pemberian dan juga penerimaan informasi yang terbatas pada orang-orang yang saling terhubung satu sama lain. 

Maksudnya informasi yang dibagikan bukan informasi yang diketahui publik secara luas. Sebenarnya insider ini bisa menjadi ilegal maupun legal tergantung saat orang dalam melakukan perdagangan. Dikatakan menjadi ilegal apabila informasi penting yang masih bersifat non publik sudah diketahui oleh publik. 

Tentu hal ini ada konsekuensi besar yang harus ditanggung. Beberapa perilaku yang dikategorikan sebagai perilaku dalam pasar modal yang dianggap sebagai insider yaitu adanya informasi dari orang dalam,. Selain itu, juga adanya transaksi perdagangan terdapat keuntungan yang diperoleh sebagai hasil dari adanya transaksi tersebut. 

Pelarangan praktik insider sudah dilarang oleh banyak negara karena bisa mempengaruhi kepercayaan investor kepada pasar finansial suatu negara. Termasuk Indonesia. Orang yang memiliki informasi non publik dan memanfaatkannya dalam perdagangan sekuritas atau saham bisa mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar dari yang diperoleh oleh investor.

Di Indonesia sendiri praktik insider sangat dilarang berdasarkan UU N0. 8 tahun 1995 tentang pasar modal. Dalam undang-undang tersebut menjelaskan bahwa pengertian insider adalah orang yang bekerja di perusahaan publik atau emiten dan mengetahui informasi dalam perusahaan yang tidak diketahui oleh publik. Hal itu sudah dinyatakan ilegal.

Bagaimana Praktek Ini Bisa Terjadi?

1. Adanya Orang Dalam

insider trading
Informasi yang diperoleh dari orang dalam

Insider tidak akan terjadi jika tidak terdapat orang dalam. Dalam hal ini orang dalam merujuk pada subjek hukum pelaku insider. Adapun yang dimaksud orang dalam yaitu pertama, komisaris, direktur, pegawai emiten atau perusahaan publik. 

Kedua, pemegang saham utama. Ketiga, seseorang yang kedudukannya atau profesinya atau memiliki hubungan dengan perusahaan publik atau emiten sehingga memungkinkannya memperoleh informasi orang dalam. Sehingga potensi mendapatkan informasi juga tinggi.

2. Informasi Orang Dalam Bersifat Material dan Belum Dipublikasikan Kepada Publik

Informasi material itu sendiri yaitu fakta penting dan juga relevan mengenai peristiwa, kejadian ataupun fakta yang bisa mempengaruhi harga efek yang ada pada bursa efek. Atau keputusan pemodal, calon pemodal atau pihak lain. Dalam hal ini yang memiliki kepentingan atas informasi atau fakta tersebut.

Informasi material ini bisa mempengaruhi harga efek pada bursa efek. Pengaruhnya yaitu bisa langsung atau tidak langsung menjadi penyebab naik dan turunnya harga efek pada bursa efek. Keberadaannya memberikan pengaruh sangat besar terhadap pergerakan harga efek yang ada di pasar modal.

3. Adanya Transaksi Perdagangan Efek yang Dilakukan Oleh Orang Dalam Berdasarkan Informasi Tersebut

insider trading
Transaksi di bursa efek dari informasi orang dalam

Unsur yang satu ini memberikan isyarat adanya tindakan atau aksi dari insider dengan dasar informasi yang belum dipublikasikan kepada publik. Hal ini dikarenakan insider merupakan kejahatan yang sulit untuk dibuktikan. Sedangkan yang menjadi objek kejahatan adalah informasi yang tidak bisa diketahui secara kasat mata. 

Apabila hal tersebut terjadi maka sangat sulit untuk membuktikan perbuatan yang dilakukan oleh insider. Nah, itulah pengertian dari insider trading dan bagaimana trader terjadi. Diharapkan informasi diatas bisa membuat Anda yang bergelut dalam investasi saham untuk lebih berhati-hati lagi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *