5 Inspirasi Usaha Kecil Menengah untuk Bisnis yang Menguntungkan

inspirasi usaha

Salah satu pilihan usaha yang bisa dipilih sebagai wirausaha adalah usaha kecil menengah. Usaha kecil menengah merupakan salah satu usaha yang hanya membutuhkan modal kecil. Jika Anda merupakan salah satu orang yang tertarik dalam bidang usaha kecil ini, berikut merupakan beberapa inspirasi usaha yang bisa dipilih. 

5 Inspirasi Usaha Kecil Menengah 

Keberadaan UKM bisa meningkatkan perekonomian negara serta mengurangi angka pengangguran. Bahkan keberadaan UKM telah memberikan kontribusi lebih dari 50 persen untuk produk domestik bruto pada tahun 2018. Pemerintah juga memberikan berbagai kemudahan bagi siapa saja yang menggeluti UKM. 

1. Bidang Kuliner

inspirasi usaha
Membuka Usaha di Bidang Kuliner

Inspirasi usaha kecil menengah yang pertama adalah usaha kuliner. Bahkan bidang kuliner merupakan UKM yang paling banyak peminatnya. Alasannya tidak membutuhkan modal besar. Selain itu, kuliner tidak akan pernah sepi karena makanan merupakan kebutuhan manusia. 

Kesuksesan usaha di bidang kuliner sangat dipengaruhi oleh rasa dari makanan, pelayanan maupun strategi pemasaran yang digunakan. Sebelum membuka usaha kuliner sebaiknya mencari banyak informasi dari internet maupun orang yang sudah berpengalaman. Peluang usaha kuliner juga akan tetap cerah hingga di masa mendatang. 

2. Bidang Fashion 

Usaha kecil menengah di bidang fashion tidak kalah menjanjikan dan potensial jika dibandingkan dengan bidang kuliner. Usaha fashion juga bisa mendatangkan banyak keuntungan. Banyak orang yang membutuhkan fashion karena merupakan kebutuhan sekunder. Permintaan fashion akan mengalami peningkatan pada saat momen hari besar.

Menariknya lagi, mode dari fashion terus mengalami pembaharuan dari waktu ke waktu. Jika tidak bisa membuat fashion sendiri dengan menjahit bisa juga mencoba menjadi reseller maupun dropship. Apabila sudah memiliki banyak modal bisa memulai usaha sendiri.

3. Bidang Agribisnis 

inspirasi usaha
Agribisnis yang Bisa Menjadi Usaha Menjanjikan

Bidang agribisnis berarti bergerak di bidang pertanian. Peluang usaha agribisnis sangat terbuka lebar. Namun peminatnya masih didominasi oleh orang tua. Untuk anak mudah yang menggeluti bidang ini masih tergolong sangat minim. Padahal kebutuhan pangan adalah kebutuhan pokok manusia.

Keuntungan yang akan diperoleh bisa dibilang sangat menguntungkan. Tergantung bagaimana memanfaatkan peluang dan kerja keras. Contoh usaha agribisnis adalah menjual sayur organik, bibit tanaman unggul, budidaya tanaman rempah, ternak ayam, ternak ayam petelur, ternak sapi, ternak kambing dan sebagainya.

4. Bidang Pendidikan

Menggeluti usaha di bidang pendidikan juga sangat menguntungkan. Hal ini tidak terlepas dari keberadaan anak sekolah mulai dari TK hingga SMA. Meski di sekolah sudah mendapatkan pelajaran, tidak jarang di antaranya yang belum paham. Sehingga banyak orang tua yang memasukkan anaknya ke bimbingan belajar atau ikut les privat. 

Saat menjelang ujian semester atau ujian nasional, bimbingan belajar dan les privat peminatnya akan mengalami kenaikan. Ini membuka peluang usaha yang sangat menjanjikan dengan membuka bimbingan belajar dan les privat. Modal yang dibutuhkan sedikit dan yang terpenting memiliki kemampuan mengajar yang baik.

5. Produk Kreatif 

inspirasi usaha
Produk Kreatif untuk Wirausaha

Dahulu ada banyak masyarakat yang menciptakan produk kreatif dan dijual dengan cara dititipkan ke toko-toko dekat rumahnya. Saat ini cara tersebut sudah mulai ditinggalkan karena memasarkan produk bisa dilakukan melalui internet. Produk yang dibuat bisa dengan mudah dikenal banyak orang di seluruh dunia. 

Dampak positifnya produk yang dijual banyak dikenal orang dan menambah jumlah konsumen. Ketika konsumen semakin banyak secara otomatis akan meningkatkan omset. Untuk itu jangan sampai tidak memanfaatkan kemajuan dari teknologi dan internet.

Itulah 5 inspirasi usaha kecil menengah yang sangat menguntungkan. Diharapkan penjelasan di atas bisa menjadi inspirasi siapa saja supaya menekuni UKM. Selain mudah dilakukan juga tidak membutuhkan banyak modal 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *