5 Rekomendasi Investasi 1 Juta Per Bulan yang Bisa Dipilih

investasi 1 juta per bulan

Hal paling penting yang harus diperhatikan ketika ingin berinvestasi yaitu rutin menyisihkan pendapatannya per bulan. Jika dalam satu bulan hanya sanggup menyisihkan uang 1 juta maka tidak menjadi masalah. Ada banyak jenis investasi 1 juta per bulan yang bisa Anda pilih. Apa saja jenis investasi tersebut? Simak penjelasannya dibawah ini. 

5 Investasi 1 Juta Per Bulan yang Bisa Dipilih

1. Investasi Emas

investasi 1 juta per bulan
Berinvestasi di instrumen emas yang terbilang stabil

Dengan modal 1 juta per bulan Anda sudah bisa berinvestasi emas. Jenis investasi ini sangat mudah dilakukan meski keuntungan yang diperoleh tidak besar. Hal tersebut berbanding lurus dengan risiko kerugiannya yang rendah. Investasi emas sangat cocok dijalankan bagi pemula seperti mahasiswa.

Perlu diketahui jika emas memiliki harga yang sangat stabil dan cenderung naik sehingga masuk dalam kategori jenis investasi yang aman. Ada banyak ukuran emas yang bisa Anda pilih untuk investasi, seperti ukuran 1 gram, 5 gram, 25 gram hingga 100 gram. Pastikan ukuran yang dipilih sesuai dengan dana yang dimiliki.

2. Reksa Dana

Jenis investasi selanjutnya yang bisa dipilih yaitu investasi reksa dana. Cara kerja dari investasi ini nasabah menyetorkan sejumlah uang dan uang tersebut akan dikelola oleh pihak pengelola investasi maupun manajer investasi. Investasi ini memiliki beberapa jenis, yaitu reksa dana saham, pasar uang dan campuran. 

Setiap institusi biasanya memberikan nomina minimal tabungan reksa dana yang berbeda-beda. Namun, sebagian besar memberikan batas nominal minimal sebesar 1 juta. Tentu ini bisa dipilih oleh Anda yang memiliki pendapatan yang tidak besar tetapi ingin berinvestasi.

3. Menabung Saham

investasi 1 juta per bulan
Investasi di instrumen saham bisa dilakukan dengan modal 1 juta per bulan

Selama ini ada banyak orang yang berpikir jika investasi saham hanya bisa dilakukan oleh pengusaha kaya raya. Pemikiran ini didasari oleh pelakunya yang diharuskan untuk menyetorkan modal yang sangat besar, bahkan nominalnya mencapai ratusan juta rupiah. Namun, saat ini semuanya sudah mengalami banyak perubahan.

Ada banyak lembaga investasi legal yang mendukung masyarakat yang ingin belajar investasi meski memiliki modal yang minim. Hanya dengan uang 100 ribu saja Anda sudah bisa menjalankan investasi saham. Bagi yang setiap bulannya bisa menyisakan 1 juta maka sudah sangat cukup untuk menjalankan investasi ini.

4. P2P Lending

P2p merupakan singkatan dari peer-to-peer. Memiliki definisi sebagai platform digital yang mempertemukan peminjam uang dengan pemberi pinjaman yang mengharapkan return kompetitif. Jenis investasi ini digagas oleh perusahaan-perusahaan startup financial technology atau fintech di Indonesia. 

Return yang dijanjikan oleh setiap perusahaan P2P lending berbeda-beda. Ada yang menjanjikan 18 persen per tahun, 17,5 persen per tahun dan ada juga 12 persen per tahun. Minimum investasi juga beragam, ada yang ro ribu, 100 ibu dan sebagainya. Supaya keuntungan yang diperoleh besar maka bisa memasukkan modal awal 1 juta rupiah.

5. Tabungan Berencana

investasi 1 juta per bulan
Membuat tabungan berencana dengan modal 1 juta per bulan

Jenis investasi yang cocok untuk modal 1 juta per bulan adalah tabungan berencana. Tabungan ini sebenarnya hampir sama dengan menabung pada bank. Hanya saja, uang yang ditabung bisa diambil dalam jangka waktu tertentu. Dimana pihak bank yang akan mengatur kapan uang tersebut bisa diambil.

Nah itulah rekomendasi 5 investasi 1 juta per bulan yang bisa Anda pilih. Diharapkan informasi diatas bisa membantu Anda yang sedang bingung memilih jenis investasi yang tepat dengan modal 1 juta per bulan. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *