Investasi Dinar? Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

investasi dinar

Bagi Anda yang ingin memiliki tabungan masa depan namun tidak ingin bercampur dengan riba, maka bisa memilih investasi dinar. Dinar adalah koin emas murni dengan berat sekitar 4,25 gram sehingga sangat praktis untuk dibawa dan dijadikan investasi. Dinar merupakan pilihan tepat untuk investasi jangka panjang.

Dibandingkan dengan investasi emas batangan, dinar sekarang sudah mulai lebih banyak peminatnya. Orang yang suka dengan sesuatu yang mudah dan praktis cenderung memilih dinar daripada emas batangan untuk investasi mereka. Namun meskipun begitu Anda tetap harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dinar.

Kelebihan Investasi Dinar

investasi dinar
Beberapa kelebihan menjalankan investasi koin emas

1. Nilai Selalu Naik dan Tidak Terpengaruh Inflasi

Investasi koin emas tidak jauh berbeda dengan emas batangan yaitu memiliki nilai yang cenderung naik dari tahun ke tahun. Nilai emas jarang sekali mengalami penurunan meskipun harga dunia sedang anjlok. Emas dalam bentuk koin dinar juga tidak akan terpengaruh oleh inflasi yang terjadi di dunia.

Anda bisa mengikuti perkembangan harga emas dan dinar sehingga tahu berapa kisaran harganya. Biasanya harga dinar akan mengalami kenaikan sekitar 25% setiap tahunya. Kalau 1 koin emas dinar setara dengan Rp. 2,2 juta maka setelah 1 tahun nilainya akan naik menjadi Rp. 2,7 juta.

2. Menjadi Alat Tukar Global

Pada zaman dulu koin emas atau dinar merupakan alat pertukaran yang digunakan dalam transaksi jual beli. Tentu mirip dengan fungsi uang sekarang. Di negara-negara Arab Timur Tengah hingga saat ini dinar masih bisa digunakan untuk alat pembayaran yang sah.

Anda bisa  juga menukarkan dinar dengan uang tunai yang nominalnya setara dengan harga emas di negara tersebut. Memiliki koin emas dinar akan sangat memudahkan Anda saat akan membeli sesuatu. Tidak heran jika berinvestasi di uang dinar tetap akan sangat menguntungkan.

3. Mudah Dijual Kembali

Tidak jauh berbeda dengan emas, orang memilih koin emas untuk berinvestasi karena dirasa mudah dijual kembali. Coba bandingkan dengan investasi properti seperti rumah atau apartemen dan tanah. Saat akan menjualnya kembali Anda memerlukan waktu lama untuk menemukan pembelinya.

Namun jika Anda memilih dinar hal seperti itu tidak akan terjadi. Ketika ada kebutuhan mendadak yang membutuhkan dana tertentu Anda bisa menjual dinar di toko-toko emas dimanapun berada. Tidak perlu menunggu waktu lama untuk merubahnya menjadi uang kembali.

4. Memiliki Likuiditas Tinggi

Nilai likuiditas yang relatif tinggi juga menjadi alasan mengapa orang memilih dinar untuk investasi. Kemudahan untuk menjual kembali dinar Anda dengan nominal tertentu menjadi contoh tingginya likuiditas investasi tersebut. Bahkan Anda bisa menjual dinar di bank-bank syariah.

5. Cocok untuk Investasi Jangka Panjang

Mayoritas orang melakukan investasi karena ingin memiliki simpanan dan jaminan hidup di masa depan. Oleh sebab itu biasanya orang memilih jenis investasi yang bisa dimiliki dalam jangka panjang. Salah satu investasi jangka panjang yang paling tepat adalah dengan investasi koin emas.

Di kondisi perekonomian yang tidak menentu koin emas atau dinar tidak akan begitu terpengaruh dan relatif aman. Tingkat risiko dari investasi ini juga sangat rendah sekalipun terjadi inflasi global. Inilah yang akan sangat menguntungkan investor. 

Kekurangan dari Jenis Investasi Ini

investasi dinar
Investasi koin emas memiliki beberapa kekurangan

Hingga sekarang belum ditemukan kekurangan pada investasi koin emas yang dilakukan oleh masyarakat. Sebab, investasi di mata uang dinar memang memiliki tren yang cenderung bagus. Hanya saja Anda perlu memperhatikan beberapa hal yaitu :

  1. Investasi berupa dinar tidak akan bisa dirasakan dalam waktu yang pendek. Setidaknya tunggulah sampai 1 tahun.
  2. Belilah dinar pada tempat yang telah terpercaya dan pastikan dinar dilengkapi dengan sertifikat.

Investasi dinar mulai banyak dilirik orang dan dijadikan alternatif di samping emas batangan. Hal tersebut tidak bisa dipisahkan dari banyaknya keuntungan pada investasi koin emas atau dinar. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *