Mana Lebih Menguntungkan, Investasi Emas atau Reksadana?

investasi emas atau reksadana

Baik emas dan reksadana merupakan instrumen investasi yang terkenal karena memiliki risiko rendah tetapi memberikan imbal hasil cukup menguntungkan. Bisa dipastikan keuntungan investasi emas atau reksadana jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan bunga tabungan maupun deposito. Akan tetapi, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Investasi Emas dan Reksadana 

investasi emas atau reksadana
Emas sebagai Instrumen Investasi

Investasi memang menjadi satu hal yang sangat diperlukan di masa depan. Entah untuk pendidikan, kesehatan, keperluan modal memulai bisnis, dan sebagainya. Jika dibandingkan dengan reksadana, investasi emas lebih dahulu dikenal oleh masyarakat. sejak dahulu sudah banyak orang yang menginvestasikan uangnya dalam bentuk emas batangan maupun perhiasan. Hingga saat ini investasi emas masih tetap diminati karena caranya sangat mudah dan bisa dicairkan kapan saja. Selain itu, harga emas cenderung mengalami kenaikan sehingga sangat menguntungkan.

Reksadana muncul bersamaan dengan hadirnya pasar modal dan juga bursa saham. Instrumen investasi ini memiliki risiko sangat rendah jika dibandingkan instrumen lainnya di pasar modal, misalnya saham. Akan tetapi, reksadana belum sepopuler investasi emas sehingga masih banyak orang yang belum mengetahuinya.

Keuntungan Investasi Emas 

investasi emas atau reksadana
Keunggulan Emas

1. Harga Jual Cukup Tinggi

Seperti yang diketahui bahwa harga emas itu bisa naik turun. Tetapi ketika Anda berinvestasi emas batangan maka harga jualnya masih cukup tinggi. Sehingga bisa akan tetap mendapatkan keuntungan. 

2. Modal Awal Minim 

Investasi emas bisa tetap dilakukan meskipun memiliki modal sedikit. Apabila Anda tidak memiliki banyak uang maka bisa ikut tabungan emas di Pegadaian, cicilan perbulannya cukup terjangkau. Untuk jangan sampai melewatkan kesempatan ini.

3. Tahan Lama 

Seperti yang diketahui emas bisa tahan lama karena tahan terhadap segala kondisi seperti anti karat, cuaca, asam, air dan juga api. Sehingga massa yang dimiliki emas tersebut tidak akan pernah berkurang, jadi tidak perlu khawatir harganya menurun.

4. Bisa Dicairkan Kapan Saja

Pada saat awal Anda memutuskan membeli emas dengan nominal tertentu dan juga menyimpannya di Pegadaian, PT Antam atau Bank. Ketika sedang membutuhkan uang maka emas tersebut bisa dicairkan dengan mudah dan cepat. 

Pilih Investasi Emas atau Reksadana?

investasi emas atau reksadana
Reksadana untuk Investasi

1. Imbal Balik Reksadana Lebih Tinggi

Jika dibandingkan dengan investasi emas, imbal balik reksadana lebih tinggi. Realitanya memang harga emas naik turun terutama emas perhiasan yang dari waktu ke waktu harga jualnya menurun. Sedangkan reksadana keuntungannya terus meningkat.

2. Modalnya Kecil

Hanya dengan uang 100 ribu rupiah Anda sudah bisa investasi reksadana dan dilakukan secara online. Seperti yang diketahui emas juga membutuhkan modal kecil akan tetapi setiap bulan harus membayar cicilan. Sedangkan harga emas satu gramnya kurang lebih 550 ribu rupiah.

3. Reksadana Tidak Berisiko Hilang

Berbeda dengan investasi emas, reksadana tidak berisiko hilang karena dicuri atau dirampok. Hal ini karena investasi reksadana tidak dalam bentuk fisik. Bunga atau deviden dari reksadana diserahkan ke pihak bank kustodian sehingga mereka yang mengelola dan menyimpannya. 

5. Tidak Ada Biaya Penyimpanan

Dalam mengelola dan menyimpan reksadana tidak dibutuhkan tempat khusus untuk menyimpannya sehingga tidak membutuhkan biaya penyimpanan. Sedangkan investasi emas di simpan di Safe Deposit Box yang setiap tahunnya harus membayar biaya penyimpanan.

6. Aman dari Pemalsuan 

Jika tidak memiliki pengetahuan tentang jenis-jenis emas, karakteristik emas dan juga harga emas terkini maka sangat rentan menjadi korban pembelian emas. Untuk reksadana itu sendiri sangat aman dari pemalsuan karena memang tidak berbentuk fisik.

Pada dasarnya investasi emas atau reksadana memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Tetapi jika ingin mendapatkan banyak keuntungan dalam waktu yang tidak terlalu lama maka bisa memilih reksadana. Tetapi jika ingin investasi jangka panjang bisa memilih investasi emas. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *