Keuntungan Investasi Emas Batangan untuk Finansial yang Stabil

investasi emas batangan

Banyak cara yang bisa digunakan untuk menggunakan uang yang dimiliki menjadi sesuatu  yang bermanfaat, salah satunya dengan menginvestasikan nya. Ada banyak instrumen investasi yang bisa dipilih mulai dari investasi saham hingga emas. Akan tetapi investasi emas menjadi pilihan yang tepat karena sangat menguntungkan. Ada 2 jenis emas yang bisa dipilih untuk diinvestasikan yaitu emas batangan dan emas perhiasan. Diantara 2 (dua) jenis emas itu, investasi emas batangan cenderung lebih direkomendasikan karena lebih menguntungkan. Alasan lain kenapa memilih emas batangan adalah harganya cenderung stabil. Sehingga tidak takut mengalami kerugian. 

6 Keuntungan Investasi Emas Batangan 

1. Cocok untuk Investasi Jangka Panjang

investasi emas batangan
Sangat Sesuai untuk Investasi Jangka Panjang

Menyimpan emas jauh lebih baik daripada menyimpan uang. Kenapa demikian ? karena ketika berbentuk uang mudah untuk dibelikan apa saja ketika menyimpan emas harus menjualnya terlebih dahulu. jadi perlu berpikir ribuan kali sebelum menjualnya.

Menariknya lagi investasi emas batangan kebal terhadap inflasi. Harga emas terkadang menurun tetapi tidak butuh waktu lama untuk kembali naik. Berbeda dengan uang yang bisa tergerus oleh adanya inflasi.

2. Emas Batangan Sangat Populer 

Hingga detik ini keberadaan emas batangan tetap dicari oleh banyak orang, alasannya karena harganya jarang sekali turun justru malah sering naik. Alasan itulah yang membuat emas batangan dari hari semakin populer sehingga sangat cocok untuk diinvestasikan.

Ketika memutuskan untuk investasi emas batangan dalam jangka waktu panjang akan mendapatkan keuntungan yang besar. Jadi bisa dijamin jika Anda tidak akan pernah menyesal menggunakan uang yang dimiliki untuk investasi emas.

3. Investasi Emas Batangan Mudah Dicairkan

investasi emas batangan
Sangat Mudah Dicairkan Menjadi Dana Siap Pakai

Seringkali dalam hidup tiba-tiba ada kebutuhan darurat yang membutuhkan uang tunai. Ketika situasi tersebut terjadi pada Anda, maka tidak perlu khawatir karena investasi emas batangan yang dimiliki bisa dicairkan dengan mudah. 

Ini sangat berbeda jauh jika uang yang dimiliki diinvestasikan dalam bentuk properti atau reksadana. Karena uang tidak bisa sewaktu-waktu langsung dicairkan. Jika properti maka harus menunggu sampai terjual. Sedangkan untuk reksadana harus menunggu selama 5-7 hari kerja.

4. Emas Batangan Bisa Dijadikan Jaminan

Apabila Anda membutuhkan suatu benda untuk jaminan, seperti misalnya jaminan meminjam modal untuk bisnis, maka emas batangan yang dimiliki bisa digadaikan. Jika ingin mendapatkan secara cepat bisa dijadikan jaminan ke pegadaian. Ketika digadaikan harga emas tersebut nilainya masih relatif jelas dibandingkan jaminan lain seperti alat elektronik maupun handphone. Dengan kemudahan tersebut maka seharusnya Anda tidak perlu lagi ragu untuk berinvestasi di instrumen emas.

5. Harga Emas Selalu Naik

investasi emas batangan
Tren Harga Emas Batangan Cenderung Naik

Alasan utama banyak orang investasi emas batangan karena harga emas relatif terus naik dari waktu ke waktu. Dari realita ini maka sudah terjamin jika tidak mengalami kerugian justru malah akan mendapatkan keuntungan.

Jika tertarik maka bisa membeli emas di banyak tempat seperti PT Aneka Tambang (Antam), Pegadaian, atau di toko perhiasan. Namun sangat dianjurkan untuk membeli emas di Pegadaian atau Antam karena sangat menjamin kualitas dan juga keamanannya. 

6. Investasi Emas Sangat Mudah dan Murah 

Bagi Anda yang ingin berinvestasi tetapi tidak memiliki banyak modal, investasi emas bisa menjadi pilihan yang tepat. Dan disarankan lagi memilih investasi emas batangan daripada emas perhiasan.

Untuk itu investasi ini bisa dilakukan oleh masyarakat kelas menengah ke bawah. Emas batangan yang harganya cukup mahal bisa diatasi dengan mengikuti layanan tabungan emas. Ini akan semakin mempermudah Anda jadi jangan sampai tidak memanfaatkan kemudahan tersebut.

Itulah keuntungan investasi emas batangan yang bisa Anda pilih untuk kondisi finansial yang stabil hingga di masa depan. Semoga penjelasan di atas bisa menambah pengetahuan dan informasi  bagi pembaca semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *