Tips Jitu Investasi Emas di Bank yang Cepat dan Mudah

investasi emas di bank

Anak muda hingga orang dewasa saat ini lebih memilih investasi emas daripada instrumen investasi lainnya. Alasannya karena sangat menguntungkan dan memiliki risiko rendah. Selain itu, harga emas selalu stabil sehingga tidak perlu khawatir mengalami kerugian. Satu lagi investasi emas juga cenderung kebal dari inflasi. Ada banyak tempat yang menyediakan layanan investasi emas, salah satunya adalah di Bank. Beberapa Bank ternama telah memberikan layanan investasi emas di bank dengan banyak kemudahan yang ditawarkan. 

Tips Investasi Emas di Bank 

Perlu diketahui bahwasanya untuk mendapatkan keuntungan dari investasi emas membutuhkan waktu cukup lama sehingga harus bersabar.  Akan tetapi, jika sedang ada kebutuhan mendadak seperti membutuhkan dana untuk modal membuka bisnis, maka emas bisa dijual dengan sangat cepat. Tentunya keamanan investasi emas juga sangat terjamin sehingga Anda tidak perlu khawatir. Bagi pemula perlu mengetahui beberapa tips investasi emas di bank berikut ini: 

1.  Menentukan Tujuan dan Membuat Perencanaan

investasi emas di bank
Buat Perencanaan Matang Terlebih Dahulu

Tips yang pertama adalah harus menentukan tujuan investasi emas. Jangan sampai hanya membeli emas, menyimpannya lalu menjualnya. Tentukan secara matang tujuannya seperti apa supaya Anda mendapatkan keuntungan maksimal.

Bisa saja tujuan melakukan investasi emas adalah untuk kebutuhan hari tua, biaya pendidikan buah hati, untuk menikah, biaya naik haji dan sebagainya. Dengan menentukan tujuan sejak awal sehingga bisa menentukan perencanaan berapa banyak emas yang dikumpulkan supaya bisa memenuhi tujuan tersebut.

2. Perhatikan Kemampuan Finansial 

Sangat disarankan ketika memutuskan untuk berinvestasi harus melihat kondisi keuangan terlebih dahulu. Bila penghasilan yang didapatkan setiap bulan melebihi kebutuhan maka sisanya bisa diinvestasikan. Tetapi jika tidak ada uang lebih jangan memaksakan untuk berinvestasi.

Ketika dipaksakan maka Anda akan mengorbankan seluruh penghasilan dan hal terburuk seperti berhutang hanya mengejar keuntungan investasi. Sebelum memutuskan untuk melakukan investasi emas alangkah baiknya Anda sudah memiliki tabungan darurat jika sewaktu-waktu ada kebutuhan mendesak.

3. Pilih Waktu yang Tepat 

investasi emas di bank
Cari Waktu yang Tepat untuk Investasi

Setelah memilih untuk investasi emas alangkah baiknya Anda rajin memantau harga emas di pasaran. Caranya cukup mudah bisa dilakukan hanya dengan Smartphone yang dimiliki. Selain itu, juga perlu mempelajari trend pergerakan harga emas di pasaran. 

Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan supaya bisa menentukan waktu yang tepat membeli dan menjual emas. Ketika itu semua dilakukan maka bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Waktu yang tepat untuk membeli emas masalah saat harganya turun dan waktu menjualnya ketika harganya naik.

4. Memilih Jenis Emas yang Sesuai 

Bagi pemula sangat disarankan untuk memilih investasi emas dalam bentuk logam mulia daripada emas perhiasan. Alasannya karena logam mulia lebih menguntungkan jika disimpan untuk jangka waktu yang panjang.

Adapun kelebihan dari emas logam mulia adalah harga jualnya cenderung lebih tinggi. Sedangkan harga emas perhiasan cenderung lebih rendah karena dipengaruhi adanya biaya pembuatan, nilai seni, model, jumlah karat dan depresiasi.

5. Menentukan Bank Terbaik untuk Investasi Emas

investasi emas di bank
Pilih Bank Terbaik untuk Investasi

Ada banyak bank yang telah membuka layanan investasi emas. Masing-masing bank tersebut  menawarkan berbagai keunggulan masing-masing. Selain itu, disana juga menawarkan jasa penitipan emas safe deposit box.

Beberapa bank yang memberikan layanan investasi emas adalah BNI Syariah, Syariah Mandiri, BCA Syariah, BRI, BTN Syariah, BJB Syariah dan sebagainya. Anda bisa memilih salah satu di antara bank tersebut untuk memulai investasi emas.

Nah itulah tips investasi emas di bank yang bisa dilakukan oleh berbagai kalangan baik tua atau muda dengan mudah dan cepat. Semoga uraian di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *