Pedoman Lengkap Cara Investasi Emas Pegadaian

investasi emas pegadaian

Saat ini banyak anak muda yang tidak lagi menghambur-hamburkan uang, justru saat ini mereka mulai memiliki kesadaran untuk menghasilkan uang melalui investasi. Banyak jenis investasi yang bisa dilakukan dan semuanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Salah satu bentuk investasi yang bisa dipilih adalah investasi emas pegadaian. Bentuk investasi ini mulai populer apalagi dikalangan anak muda yang ingin memulai untuk menginvestasikan aset mereka. 

Untung Rugi Investasi di Pegadaian

investasi emas pegadaian
Untung Rugi Investasi

Sebelum membahas tentang untung rugi, mari mengenal tentang Pegadaian. Pegadaian itu sendiri merupakan perusahaan BUMN yang berstatus PT. Fokus utama PT Pegadaian adalah simpan pinjam dengan jaminan atau agunan barang-barang berharga, seperti BPKB motor, properti, elektronik, emas dan sebagainya. Tetapi sekarang sudah membuka layanan investasi logam mulia berbasis emas.

Keuntungan investasi emas di Pegadaian adalah memiliki jaminan legalitas sehingga tidak akan terjadi penipuan, saat membeLi emas dengan cara diangsur maka keamanan menjadi tanggung jawab penuh Pegadaian hingga angsurannya berakhir. Menariknya lagi jika Anda sedang membutuhkan uang maka emas tersebut bisa digadaikan dengan jaminan sebesar jumlah cicilan yang harus dibayarkan. Sedangkan angsuran bisa diteruskan lagi setelah memiliki uang. 

Sedangkan kerugiannya adalah biaya administrasi investasi emas di Pegadaian tergolong cukup mahal. Ketika memilih menggunakan layanan tabungan emas, jika ingin mencetak maka ada biaya cetak yang juga cukup besar. Selanjutnya yaitu soal kurs jual beli saat melakukan tabungan emas bisa menguntungkan dan merugikan.

Cara Investasi Emas di Pegadaian  

Ada bermacam-macam produk layanan investasi emas yang ditawarkan oleh Pegadaian. Anda bisa memilih salah satu layanan tersebut untuk memulai berinvestasi. Berikut adalah beberapa cara investasi emas di Pegadaian:

1. Melalui Tabungan Emas 

investasi emas pegadaian
Pilihan Tabungan Emas

Tabungan emas merupakan salah satu layanan yang ditawarkan oleh Pegadaian. Adapun caranya yaitu Anda menitipkan saldo emas yang memungkinkan nasabah untuk melakukan investasi emas dengan mudah, murah, aman serta terpercaya.

Caranya Anda harus menyiapkan kartu identitas berupa KTP atau Paspor dan selanjutnya mendatangi kantor Pegadaian terdekat. Kalau disekitar tempat tinggal terdapat agen Pegadaian juga tidak ada salahnya untuk mendatanginya. Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi formulir permohonan pembukaan rekening tabungan emas.  

Saat menabung emas Anda bisa dilakukan melalui outlet Pegadaian, Aplikasi Pegadaian Digital, Agen Pegadaian dan ATM. Adapun minimal uang yang harus dikeluarkan untuk tabungan emas yaitu Rp7.000 atau setara dengan 0,01 gram. Nantinya jumlah saldo emas yang terkumpul dapat dicetak menjadi emas batangan.

2. Konsinyasi Emas 

Bagi Anda yang memiliki perhiasan emas di rumah, daripada tidak dipakai lebih baik diinvestasikan dengan cara titip jual di Pegadaian. Emas yang dititipkan tersebut akan dijual, nantinya Pegadaian akan membeli lagi emas dengan kadar dan berat yang sama untuk menggantikannya. Meski kadar dan beratnya sama tetapi Anda akan tetap mendapatkan keuntungan.  

Nilai minimal emas yang digadaikan sebesar 5 gram dan pembagian keuntungannya 1/3 untuk pemilik emas serta 2/3 untuk Pegadaian. Adapun syarat untuk mengikuti konsinyasi emas adalah menyiapkan fotokopi identitas diri seperti KTM/ SIM maupun Paspor, kwitansi pembelian emas dan 2 lembar materai 6000 untuk mengisi dokumen pengajuan konsinyasi emas. 

3. Mulia 

investasi emas pegadaian
Investasi Mulia

Pada layanan ini Pegadaian menawarkan penjualan emas batangan secara tunai, angsuran atau arisan dalam jangka waktu tertentu. di sini menyediakan berbagai layanan emas batangan dengan berat mulai 5 gram hingga 1 kilogram.

Pembelian emas batangan secara angsuran, uang muka yang diminta berkisar 10% hingga 90% dari logam mulia. Jangka waktunya mulai 3 bulan sampai 36 bulan. sedangkan pembelian secara tunai bisa dilakukan di seluruh Outlet Pegadaian dan diharuskan untuk membayar nilai logam mulia yang akan dibeli.

Itulah cara investasi emas pegadaian yang bisa dicoba dengan mudah dan tidak ribet. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk menambah informasi pembaca semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *