Ketahui Untung Rugi Investasi Emas Perhiasan

investasi emas perhiasan

Seperti yang sudah diketahui jika untuk investasi emas sebaiknya memilih logam mulia bukan emas perhiasan. Meski begitu juga tidak ada salahnya apabila berinvestasi emas perhiasan. Dengan investasi ini Anda akan tetap mendapatkan berbagai keuntungan. Namun, perlu diingat bahwa saat investasi emas perhiasan Anda harus membayar beberapa biaya-biaya tambahan. Meski begitu masih banyak orang yang membeli emas perhiasan entah untuk disimpan atau dikenakan. Untuk membelinya juga mudah, bisa dipastikan di setiap kecamatan pasti ada toko emas.

Biasanya membeli emas perhiasan merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh ibu rumah tangga. Emas perhiasan ini juga bisa menjadi koleksi perhiasan mereka. Banyak orang yang berasumsi bahwa investasi emas perhiasan adalah 2 in 1. Maksudnya adalah selain untuk mempercantik diri juga bisa dijual. 

Keuntungan Investasi Emas Perhiasan 

Adapun beberapa keuntungan investasi emas perhiasan yang bisa Anda dapatkan antara lain:

1. Untuk Penampilan 

investasi emas perhiasan
Perhiasan Bisa Mempercantik Penampilan

Emas perhiasan memang tidak sepenuhnya cocok digunakan untuk investasi karena harga jualnya cenderung terus menurun. Meski begitu masih banyak ibu-ibu yang membeli emas perhiasan untuk mempercantik penampilannya.

Tak bisa di pungkiri jika menggunakan emas perhiasan akan lebih membuat penampilan semakin menawan. Meski harga jualnya terus menurun emas perhiasan bisa dijual kapan saja. Terlebih jika ada kebutuhan mendadak. 

2. Mudah Ditemukan 

Emas perhiasan memang terkenal sangat populer dikalangan ibu rumah tangga. Mereka sering membelinya untuk dirinya sendiri maupun buat sang buah hati. Jenis emas perhiasan juga bermacam-macam, seperti gelang, giwang, kalung, cincin, dan sebagainya.

Emas perhiasan sangat mudah ditemukan. Bisa dipastikan di setiap pasar maupun mall banyak tersedia toko emas. Namun sebelum membeli harus memilih toko emas yang terpercaya supaya tidak menjadi korban penipuan.

3. Mudah Disesuaikan dengan Keuangan 

investasi emas perhiasan
Mudah Investasi Sesuai Keuangan

Harga emas perhiasan memang tidak terlalu mahal dan sangat terjangkau. Saking terjangkaunya bisa disesuaikan dengan kondisi finansial yang dimiliki. Bahkan membeli emas perhiasan bisa dengan berat dibawah satu gram.

Anda bisa membeli emas berdasarkan karat bukan hanya gram, misalnya emas perhiasan 18 karat, 22 karat sampai 24 karat. Dengan berat tersebut sudah bisa diinvestasikan. Ada beberapa toko emas yang juga bisa melakukan tawar menawar saat proses transaksi.

Kerugian Investasi Perhiasan 

1. Nilai Jualnya Turun 

Saat membeli emas perhiasan akan dikenakan biaya tambahan seperti biaya proses pembuatan. Karena alasan tersebut Anda harus membayar emas tersebut lebih tinggi. Meski begitu peminatnya masih tetap banyak.

Akan tetapi, ketika And menjual emas perhiasan tersebut harga jualnya cenderung mengalami penurunan. Hal ini karena toko emas hanya menghargai emasnya saja dan tidak untuk biaya proses pembuatannya. 

2. Emas Perhiasan Lebih Cepat Rusak

investasi emas perhiasan
Sayangnya Mudah Cepat Rusak

Pada dasarnya banyak orang yang membeli emas perhiasan untuk dipakai supaya penampilannya semakin menarik dan bukan untuk disimpan. Karena sering dikenakan maka emas perhiasan tersebut cenderung mudah rusak. 

Emas perhiasan yang sering dikenakan maka akan mudah terbentur sehingga membuatnya lecet sehingga tampilannya tidak menarik lagi. alasan inilah yang membuat harga jual mengalami penurunan. Supaya tidak rusak harus bisa merawatnya dengan baik dan secara berkala agar keindahan yang dimiliki selalu terjaga dan nilai jualnya tidak turun.

Itulah keuntungan investasi emas perhiasan yang bisa didapatkan. Selain keuntungan juga pasti ada kekurangannya. Semua harus disesuaikan dengan pribadi dan preferensi masing-masing dalam memilih instrumen investasi yang sesuai. Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *