Informasi Seputar Investasi Reksadana dan Keuntungannya

investasi reksadana

Berapapun gaji yang diperoleh setiap bulan, tidak ada salahnya jika sebagian diinvestasikan. Memulai investasi sejak muda sangatlah penting terutama untuk merencanakan masa depan yang cerah. Dan salah satu instrumen investasi yang bisa Anda pilih adalah investasi reksadana. Investasi jenis ini sangat cocok dipilih bagi pemula. Alasannya karena bisa dimulai meski hanya memiliki modal kecil. Selain itu juga dikelola dengan profesional oleh manajer investasi. Tentunya sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Apa Itu Investasi Reksadana? 

investasi reksadana
Memahami Jenis Investasi Reksadana

Sebelum memulai investasi reksadana tentunya terlebih dahulu harus mengetahui apa itu reksadana. Reksadana dapat diibaratkan sebagai wadah yang berguna untuk menghimpun dana dari para masyarakat pemodal. Dana yang terkumpul akan diinvestasikan oleh manajer investasi. Dana tersebut diinvestasikan ke dalam beberapa instrumen investasi, seperti saham, deposito atau obligasi.

Reksadana ini adalah alternatif investasi bagi masyarakat yang memiliki modal kecil, tidak memiliki banyak waktu luang serta menghitung risikonya. Diharapkan keberadaan investasi reksadana ini bisa meningkatkan peran pemilik modal untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia. 

Keuntungan Investasi Jenis Ini

Ada beberapa keuntungan investasi reksadana yang perlu diketahui, antara lain:

1. Biayanya Terjangkau

Investasi reksadana memang sangat cocok untuk pemula, terutama anak muda. Alasannya karena memulai investasi ini tidak membutuhkan banyak dana, cukup dengan uang Rp 10.000 sudah bisa melakukannya. Meski nilai awal yang diinvestasikan sangat rendah tentu tidak akan takut jika akan mengalami kerugian. 

Apabila investasi reksadana sudah dilakukan dalam beberapa tahun maka dana yang akan dikembalikan lebih tinggi daripada investasi emas. Bahkan beberapa tahun terakhir reksadana semakin naik daun karena memiliki return lebih tinggi beberapa persen dari investasi emas.

2. Mudah Dikelola 

investasi reksadana
Reksadana Lebih Mudah Dikelola

Ketika investasi reksadana maka akan dibantu oleh manajer investasi sehingga Anda tidak perlu repot mengamati dan menganalisa perkembangan pasar saham. Pengelolaan investasi yang dilakukan sepenuhnya akan ditanggung oleh manajer investasi yang telah mendapatkan izin dari OJK.

3. Lebih Aman 

Perlu dipahami jika dana yang disetor dalam investasi ini tidak dipegang langsung oleh manajer investasi tetapi dititipkan di rekening bank khusus atau bank kustodian. Jadi tidak perlu khawatir dana tersebut akan dibawa kabur pihak yang tidak bertanggung jawab.

4. Risiko Bisa Dikurangi 

Dana yang disetor untuk investasi dana ternyata bisa diinvestasikan ke dalam ratusan saham atau obligasi. Hal ini biasanya disebut dengan  unit penyertaan. Anda bisa mengurangi risiko secara otomatis tetapi tidak hanya bergantung pada satu investasi saja. Misalnya memilih investasi dalam saham-saham individual.

5. Transparan 

Setiap waktu reksadana akan memberikan informasi dengan jelas mengenai perkembangan portofolio dan biaya secara berkelanjutan. Anda bisa memantau biaya, keuntungan serta risiko kapan saja dan dimana saja karena bisa dilakukan dengan online. Manajer Investasi diharuskan untuk memberikan laporan nilai aktiva bersih setiap hari melalui surat kabar. Selain itu juga menerbitkan laporan keuangan dalam enam bulan dan satu tahun.

6. Likuiditas Tinggi

investasi reksadana
Memiliki Likuiditas yang Lebih Tinggi

Likuiditas ini merupakan kemampuan dari perusahaan untuk membayar kewajiban jangka pendek. Sehingga perusahaan yang bisa dipercaya adalah perusahaan yang memiliki likuiditas tinggi. dengan likuiditas tinggi maka investor bisa mencairkan kembali unit penyertaan setiap saat sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh masing-masing reksadana.

7. Mudah Tersedia 

Investasi jenis ini bisa dibeli dengan sangat mudah di berbagai tempat. Misalnya membeli secara langsung dari manajer keuangan, perusahaan manajemen aset atau melalui agen penjualan yang telah bersertifikasi. Lebih menariknya lagi, saat ini reksadana juga bisa dibeli secara online di aplikasi Tokopedia. 

Itulah informasi mengenai investasi reksadana dan keuntungan yang nantinya akan diperoleh. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *