Mau Investasi Tanpa Ribet? Ini Cara Investasi Saham Online

investasi saham online

Pasti di antara Anda sudah mendengar tentang investasi saham, namun belum paham bagaimana caranya. Investasi saham ini sudah sering dibicarakan banyak orang, bahkan banyak media yang juga membahasnya. Dibandingkan jenis investasi lainnya, investasi saham lebih menggiurkan. Saat ini proses transaksi jual beli saham bisa dilakukan lebih mudah melalui smartphone dengan cara online. Lalu, seperti apa mekanisme investasi saham online?

Tata Cara Investasi Saham Online

1. Membuka Rekening Saham 

investasi saham online
Buka Rekening Saham Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai investasi saham adalah dengan mendaftar sebagai nasabah suatu sekuritas (broker/pialang).  Perusahaan sekuritas ini merupakan perantara supaya bisa membeli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Jika ingin membeli saham secara online, pastikan broker yang dipilih mempunyai software online trading yang berkualitas dan mudah digunakan. kabar baiknya saat membuka rekening saham Anda tidak dikenakan biaya alias gratis. Hanya saja perlu menyiapkan fotokopi dokumen, seperti KTP, NPWP, KK, buku tabungan dan materai 6000 3-4 lembar.

2. Deposit Dana 

Rekening saham yang dibuat biasanya selesai dalam jangka waktu 1-2 minggu. Setelah selesai Anda akan mendapatkan email konfirmasi pembukaan rekening saham. Dalam email tersebut juga dilengkapi dengan informasi username, password, PIN dan nomor rekening dana investor. Sebelum mulai membeli saham diharuskan untuk melakukan deposit dana dengan jumlah nominal yang ditentukan oleh broker tempat membuka rekening.

Setiap perusahaan sekuritas memiliki batasan minimal berbeda-beda. Rekening dana investor berupa rekening bank atas nama pembuat rekening saham, tetapi tidak ada buku tabungan maupun ATM. Ini tidaklah aneh karena rekening tersebut hanya digunakan untuk menyimpan dana sebelum membeli saham. Untuk melakukan deposit dana, caranya mudah yaitu hanya dengan transfer via internet banking ATM atau teller bank.

3. Install Aplikasi Online Trading 

investasi saham online
Gunakan Aplikasi Online untuk Trading

Supaya bisa investasi saham secara online, terlebih dahulu harus menginstal aplikasi online trading.  Biasanya ada versi komputer maupun mobile. Anda tinggal memilih salah satu sesuai kebutuhan. Aplikasi ini gratis atau tidak ada biaya pemakaian. Setelah selesai diunduh jangan lupa login menggunakan username dan password yang telah dikirimkan melalui email.

Setelah selesai login jika Anda mau bisa merubah password tersebut untuk keamanan. Di aplikasi online trading ini bisa digunakan untuk melihat deposit dana yang sebelumnya sudah disetor. 

4. Membeli dan Menjual Saham Menggunakan Aplikasi Online Trading 

Dalam aplikasi online trading ini, terdapat menu untuk jual beli saham. Jika ingin melakukan transaksi maka masukkan PIN, lalu pilih menu beli saham (Buy). Selanjutnya tinggal memasukkan kode saham yang ingin dibeli.

Setiap saham harus diberi kode 4 huruf, misalnya Kalbe Farma Tbk diberi kode KLBF. Lalu masukkan harga saham dan juga jumlah slot saham yang ingin dibeli. Minimal pembelian 1 lot atau 100 lembar. Setelah selesai pilih tombol Send. Jika ingin menjualnya caranya juga mudah yaitu pilih menu jual (Sell). Apabila ada keuntungan dari penjualan saham, maka keuntungan akan langsung masuk ke saldo.

5. Mempelajari Strategi Investasi Saham 

investasi saham online
Selalu Pelajari Tentang Investasi Saham

Dalam menjalankan investasi saham tentunya tidak bisa asal-asalan, jika seperti itu bukannya untung justru akan rugi. Maka dari itu sangat penting untuk mempelajari strategi yang tepat untuk berinvestasi, mulai memilih saham hingga menjualnya. 

Itulah panduan lengkap cara investasi saham online. Semoga penjelasan di atas bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *