Informasi Seputar Investasi Saham Syariah

investasi saham syariah

Mayoritas masyarakat masih enggan melakukan investasi, salah satunya investasi saham. Mereka takut jika investasi termasuk riba sehingga bertentangan dengan ajaran agama. Padahal saat ini banyak saham-saham terdaftar sebagai saham syariah. Perlu diketahui jika akhir-akhir ini investasi saham syariah sangat digemari oleh masyarakat. alasannya karena investasi saham syariah tidak termasuk riba dan tidak dosa. Kabar baiknya lagi akan memperoleh banyak keuntungan, khususnya bagi orang muslim.

Fakta tersebut seharusnya sudah tidak membuat Anda ragu untuk menginvestasikan uang yang dimiliki dalam bentuk saham. Konon investasi saham syariah lebih baik jika dibandingkan dengan investasi emas, alasannya karena bisa menggerakkan ekonomi masyarakat.

Keuntungan Investasi Saham Syariah 

Investasi saham syariah ini baru dikembangkan di Indonesia dan mendapatkan respons luar biasa dari masyarakat sehingga berkembang dengan cepat. Investasi saham syariah itu sendiri merupakan investasi yang dilakukan sesuai dengan ajaran agama supaya menghindari terjadinya riba. Keberadaan investasi emas sangat digemari oleh umat muslim di Indonesia karena sesuai dengan hukum islam. Selain itu, juga akan mendapatkan banyak keuntungan.

1. Terhindar dari Riba

investasi saham syariah
Jenis Investasi yang Terhindar dari Riba

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa investasi jenis ini terhindar dari riba. Seperti yang diketahui riba merupakan dosa besar. Investasi ini dianggap sebagai investasi menguntungkan umat muslim di dunia maupun di akhirat. Maksudnya selain mendapatkan keuntungan berupa uang di dunia juga akan selamat di akhirat nanti.

Riba itu sendiri merupakan suatu hal yang tidak baik sehingga perlu untuk dihilangkan. Maka dari itu, umat muslim direkomendasikan untuk investasi saham sesuai hukum islam. Akan mendapatkan untung dalam dua sisi dan juga sangat halal bagi umat muslim.

2. Lebih Aman 

Memilih investasi ini sangatlah aman karena tidak boleh ada disinformasi dan juga kebohongan. Seperti yang diketahui juga kebohongan dalam islam sangat dilarang dan berdosa. Selama ini banyak investasi yang menyebarkan informasi bohong demi mendapatkan keuntungan besar.

Tetapi jika Anda berinvestasi saham ini tidak perlu khawatir akan menjadi korban penipuan investasi bodong. Adanya nama syariah maka bisa dipastikan meminimalisir berita bohong dan disinformasi. 

3. Memperluas Lapangan Kerja 

investasi saham syariah
Bisa Berkontribusi Mempeluas Lapangan Kerja

Ternyata melakukan investasi saham syariah bisa membuka banyak lapangan kerja. Hal ini dikarenakan investasi ini bersifat memberikan uang bagi perusahaan yang berkeinginan memperluas usahanya. Ketika memperluas usaha otomatis akan membutuhkan banyak tenaga kerja supaya bisa berjalan dengan baik.

Fakta tersebut semakin menegaskan jika investasi ini sangat menguntungkan umat muslim. Secara tidak langsung akan membantu orang lain. terlepas dari kenyataan tersebut umat muslim yang menjalankan investasi ini akan mendapatkan pahala lebih besar dan banyak.

4. Minim Risiko 

Bisa dipastikan jika Anda menjalankan investasi ini maka uang yang diinvestasikan akan kembali karena memang minim resiko. Dalam membuat suatu kesepakatan akan diperhitungkan secara kekeluargaan dan pembagiannya pun juga harus ada persetujuan kedua pihak. 

Hukum investasi saham dalam islam sendiri adalah diperbolehkan. Investasi ini selain sesuai dengan ajaran islam ternyata juga telah dilindungi oleh UU No 21 Tahun 2008 tentang UU Perbankan Syariah. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi dalam menjalankan investasi ini.

Investasi saham syariah merupakan jenis investasi yang dijalankan sesuai dengan hukum islam. Sehingga diperbolehkan dijalani tanpa takut mendapatkan dosa karena riba. Munculnya investasi ini juga memberikan solusi terbaik bagi umat muslim untuk berinvestasi. Selain mendapatkan keuntungan di dunia juga akan selamat di akhirat. Selain itu juga akan mendapatkan tambahan pahala.

Itulah keuntungan investasi saham syariah dan hukumnya dalam islam. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *