Informasi Seputar Investasi Saham dan Cara Melakukannya

investasi saham

Sekarang sudah bukan jamannya lagi memulai investasi ketika sudah memiliki kekayaan cukup besar. Banyak anak muda yang sudah memiliki kesadaran investasi demi masa depan, meski mereka tidak memiliki pendapatan yang sangat besar. Salah satu instrumen investasi yang dipilih adalah investasi saham. Terlebih investasi saham di pasar modal sudah sangat terbuka lebar sehingga siapa pun bisa menjadi investor. Akan tetapi, sebelum memulainya terlebih dahulu harus mengetahui seluk beluk saham. Cara ini dilakukan supaya tidak salah langkah dan meminimalisir penyesalan di kemudian hari. 

Perlu diketahui bahwasannya investasi modal merupakan salah satu instrumen investasi yang berpotensi memberikan keuntungan cukup besar dalam jangka waktu lama. Ini akan berbanding lurus dengan risiko yang tinggi. 

Apa Itu Investasi Saham?

investasi saham
Mengenal Saham untuk Investasi

Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang sangat terkenal di dunia. Bahkan orang paling kaya di dunia pernah disandang oleh investor saham Warren Buffet dari Amerika Serikat. Perlu diketahui jika saham merupakan salah satu produk dari pasar modal dan diperjualbelikan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Saham bisa digunakan untuk investasi jangka panjang sehingga bisa mendapatkan keuntungan besar. 

Saham itu sendiri merupakan bukti kepemilikan atas perusahaan tertentu. Pemilik saham berhak mengklaim penghasilan maupun kekayaan yang diperoleh. Aktivitas tersebut cenderung menawarkan hasil cukup tinggi jika dibandingkan dengan yang lainnya

Akan tetapi, investasi tersebut bersifat high risk, high return atau bisa dikatakan memiliki risiko cukup tinggi untuk dijalankan. Harga saham bisa naik dan turun secara drastis dalam jangka waktu yang sangat cepat.

Bagaimana Caranya untuk Mulai Berinvestasi?

Investasi saham bisa dilakukan dengan mudah, adapun cara investasi saham sebagai berikut:

1. Menyiapkan Dokumen Pendukung 

investasi saham
Siapkan Berbagai Dokumen Pendukung

Cara pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan fotocopy dokumen pribadi. Dokumen tersebut sangat dibutuhkan untuk mengisi formulir pendaftaran sebelum berinvestasi. Adapun foto copy dokumen yang dibutuhkan adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), Buku tabungan, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Selain itu juga harus menyiapkan 2 lembar materai 6000.

2. Mengisi Formulir

Perlu diketahui bahwa calon investor tidak bisa langsung mendaftar dan melakukan transaksi di BEI. Untuk bisa mendaftar maka harus melalui perantara atau perusahaan sekuritas dengan membawa dokumen asli supaya bisa menjadi nasabah.

Selanjutnya diharuskan untuk mengisi formulir untuk membuka rekening dan juga formulir Rekening Dana Investor (RDI) dari salah satu bank sekularitas yang dipilih. Setelah proses mengisi formulir selesai dilakukan, perusahaan sekuritas akan melakukan proses penilaian calon investor.

Setelah disetujui menjadi nasabah, calon investor kemudian mendapatkan e-mail yang berisi username dan password. Fungsinya supaya bisa masuk ke aplikasi jual beli saham. Selain itu, nasabah batu juga akan mendapatkan nomor Single Investor Identification

3. Setor Dana 

investasi saham
Mulailah Menyetorkan Dana Investasi

Selanjutnya pihak sekuritas akan memberitahukan nomor rekening bank kepada calon investor. Supaya calon investor harus menyetor saldo awal supaya bisa menjalankan transaksi saham. Masing-masing perusahaan sekuritas memiliki batasan nominal saldo awal yang harus disetorkan.

4. Siap Berinvestasi 

Setelah ketiga tahap tersebut selesai dilakukan, langkah selanjutnya investor bisa memilih lebih dari 600 perusahaan yang terdaftar dalam Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Perlu diketahui dan dipahami bahwa tidak semua saham yang diperdagangkan memiliki likuiditas volume memadai atau sahamnya mudah diperjualbelikan. Proses jual beli saham bisa dilakukan kapan saja secara online melalui Smartphone yang dimiliki. 

Itulah informasi seputar investasi saham dan juga cara melakukannya. Semoga penjelasan di atas bisa memberi manfaat untuk pembaca semuanya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *