Ketahui Berbagai Kode Bank untuk Memudahkan Transfer

Dewasa ini tidak sedikit masyarakat Indonesia yang membutuhkan rekening bank untuk mengirim sejumlah uang. Pasalnya, di era digital seperti sekarang, banyak orang memilih berbagai hal yang serba praktis dan cepat seperti membeli barang secara online atau menjadi penjual online. Maka dari itu perlu bertransaksi melalui bank dan mengetahui berbagai kode bank.

Mengapa kebanyakan orang memilih untuk membeli barang secara online? Hal itu karena membeli barang di internet seperti di sebuah website atau sosial media sangatlah memudahkan. Anda tinggal memilih produk yang Anda sukai dari foto atau gambar produk yang ditampilkan kemudian Anda dapat menghubungi kontak yang tertera untuk pemesanan.

Lalu Anda bisa langsung mentransfer uang ke rekening penjual, baru setelah itu barang akan dikirim. Semudah itulah berbelanja di era modern ini. Hal tersebut berlaku juga bagi penjual online. Penjual yang memilih memasarkan produknya secara online, akan lebih mudah pula mendapatkan pelanggan karena jaringan lebih luas dan mudah dalam hal transaksi uang.

Maka pembeli maupun penjual membutuhkan rekening bank untuk transfer, setor, bahkan tarik tunai. Di Indonesia, banyak bank yang menyediakan rekening bagi orang yang ingin menggunakannya. Maka dari itu, masing-masing bank memiliki kode bank untuk mempermudah melakukan transaksi hanya melalui mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri), SMS Banking, ataupun Internet Banking. Kode ini nantinya digunakan untuk mengidentifikasi transaksi yang dilakukan pada masing masing bank.

Transaksi yang dilakukan tak cukup hanya transaksi sesama bank, namun juga dilakukan antar bank yang berbeda. Misalnya nasabah dari Bank BCA ingin melakukan transfer ke rekening Bank BNI. Kode transfer antar bank ini akan mempermudah untuk melakukan transfer melalui mesin ATM, SMS Banking ataupun Internet Banking tanpa harus transfer secara tunai di bank.

Anda hanya perlu mengetikkan kode dari bank yang ingin Anda tuju atau ingin Anda transfer sebelum  mengetikkan nomor rekening banknya. Setelah itu ketik jumlah uang yang ingin Anda transfer lalu uang Anda saat itu juga langsung terkirim. Sangat mudah bukan?

Daftar Kode Bank Indonesia

Memang di mesin ATM maupun di Internet Banking sudah tersedia kode daftar kode bank Indonesia. Namun jika harus memilih kode dari sekian banyak bank dalam menu atm tersebut, maka akan memakan waktu lebih banyak dan tak lagi efisien. Berikut update kode beberapa bank untuk transfer per Maret 2019 yang bisa Anda masukkan sesuai rekening tujuan:

  1. Bank BCA : 014
  2. Bank Mandiri : 008
  3. Bank BNI: 009
  4. Bank BNI Syariah  : 427
  1. Bank BRI: 002
  2. Bank Syariah Mandiri : 451
  3. Bank CIMB Niaga: 022
  4. Bank CIMB Niaga Syariah: 022
  5. Bank Muamalat: 147
  6. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN): 213
  7. Bank BRI Syariah: 422
  8. Bank Tabungan Negara (BTN): 200
  9. Permata Bank: 013
  10. Bank Danamon: 011
  11. Bank BII Maybank: 016
  12. Bank Mega: 426
  13. Bank Sinarmas: 153
  14. Bank Bukopin: 441
  15. Bank BCA Syariah: 536
  16. Bank Lippo: 026
  17. Citibank: 031
  18. Bank Jabar: 110
  19. Bank DKI: 111
  20. Bank Panin: 019

Itulah kode transfer antar bank yang ada di negara Indonesia. Apabila Anda ingin mencari kode bank yang akan Anda transfer, Anda dapat dengan mudah menemukan kode bank tersebut dari daftar di atas. Setelah itu Anda ketik tiga digit angka kode bank. Semoga daftar yang telah disebutkan di atas bermanfaat bagi Anda ketika melakukan transaksi dengan orang yang memiliki nomor rekening bank yang berbeda dari rekening Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *