Keuntungan Memakai Asuransi Kesehatan Allianz Cashless

Keuntungan Memakai Asuransi Kesehatan Allianz Cashless! Asuransi Kesehatan keluarga memang ada banyak macamnya. Namun banyak orang yang sudah beralih untuk menggunakan tipe asuransi kesehatan Allianz. Nah, apa sih keuntungan menggunakan asuransi tipe ini? Pertimbangan tersebut di antaranya jenis dan macam perlindungan, biaya premi, plafon, kredibilitas perusahaan, dan kemudahan klaim.

Ada dua sistem klaim manfaat asuransi, yakni reimbursement dan cashless. Dalam praktiknya, asuransi cashless dianggap lebih baik dan memudahkan para nasakah. Berikut alasan yang harus Anda tahu.

Tidak Perlu Sedia Dana Talangan

Reimbursement berarti pengembalian dana. Artinya, Anda harus mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk mendapatkan perawatan atau pengobatan di rumah sakit. Untuk mendapatkan penggantian biaya, Anda harus mengisi formulir klaim dan melengkapi berkas yang diperlukan.

Sedangkan dengan sistem cashless, Anda hanya perlu memberikan kartu asuransi pada bagian administrasi rumah sakit. Selanjutnya pihak rumah sakit akan menggesek kartu tersebut untuk mengecek manfaat. Sebelum pulang, kartu akan digesek kembali untuk transaksi.

Perusahaan asuransi akan menanggung biaya perawatan dan pengobatan selama masih dalam plafon yang berlaku.  

Sangat Berguna pada Kondisi Darurat

Pikirkan kondisi darurat di mana Anda membutuhkan penanganan kesehatan secepatnya. Misalnya di saat sedang berlibur di kota kecil di mana akses ke ATM sulit ditemukan, atau saldo di rekening tidak mencukupi.

Saat itulah asuransi kesehatan cashless akan memudahkan Anda. Tanpa perlu membayar uang muka atau uang jaminan, Anda bisa langsung menikmati layanan kesehatan. 

Apa Keuntungan Menggunakan Asuransi Kesehatan Allianz?

Prosesnya Mudah dan Cepat

Dalam sistem reimbursement, Anda diharuskan untuk mengisi atau melengkapi dokumen tertentu agar perusahaan asuransi mengganti biaya yang Anda keluarkan. Dokumen tersebut di antaranya formulir klaim, nota pembayaran rumah sakit atau kuitansi asli, rincian biaya, hasil medis pendukung diagnosis, resep, dan fotokopi identitas diri.

Pembayaran santunan atas klaim yang diajukan memerlukan waktu beberapa hari setelah dokumen lengkap. Penyedia asuransi kesehatan juga mungkin melakukan verifikasi dengan pihak rumah sakit atau dokter, sehingga pencairan dana menjadi lebih lama.

Mengisi dan menyiapkan formulir klaim beserta dokumen pendampingnya bisa menyita waktu. Anda hanya perlu menggesek kartu asuransi di awal pendaftaran dan saat bertransaksi. Setelah pulang ke rumah, Anda tidak dipusingkan mengisi formulir klaim atau menyiapkan dokumen lainnya.

Memiliki asuransi kesehatan cashless memang memudahkan Anda. Namun sebelum menggunakannya, pastikan Anda juga mengetahui hal berikut:

Klinik atau Rumah Sakit Rekanan dengan Asuransi Kesehatan

 Agar klaim asuransi Anda tidak ditolak, pastikan klinik atau rumah sakit bekerja sama dengan penyedia asuransi kesehatan. Untuk itu, pilihlah asuransi kesehatan yang memiliki banyak rekanan di seluruh Indonesia.

Pelajari Ketentuan Polis Asuransi Kesehatan

 Polis asuransi kesehatan mungkin memiliki beberapa pengecualian yang bersifat permanen maupun sementara. Pengecualian tersebut merupakan kondisi di mana biaya kesehatan tidak ditanggung.

Pengecualian permanen di antaranya perawatan rumah sakit dan pembedahan yang diakibatkan perang, tugas militer, upaya bunuh diri, kegiatan atau olahraga berbahaya, keterlibatan tertanggung dalam penerbangan non komersial, tindakan kriminal yang dilakukan oleh tertanggung, mabuk, penggunaan obat-obatan terlarang, dan sebagainya.

Sedangkan pengecualian sementara misalnya periode masa tunggu (waiting period), baik masa tunggu untuk kondisi medis yang sudah ada sebelumnya (pre-existing condition) maupun untuk penyakit kritis (critical illness).

Contoh kasusnya, Anda pernah dioperasi pengangkatan tumor rahim dan asuransi kesehatan memberlakukan masa tunggu satu tahun. Asuransi kesehatan tidak akan menanggung jika Anda harus menjalani pengangkatan tumor rahim dalam waktu satu tahun sejak asuransi berjalan. Namun setelah satu tahun, tindakan medis ini dapat ditanggung.

Itulah manfaat menggunakan asuransi kesehatan Allianz. Anda akan memiliki banyak keuntungan saat mulai menggunakannya. Intinya, semua hal mengenai risiko terburuk dala, keluarga tak perlu dikhawatirkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *