Contoh Cara Membuat Makalah Ekonomi Makro Tentang Inflasi yang Baik

makalah ekonomi makro

Makalah ekonomi makro tentang inflasi seringkali dibuat dengan tujuan supaya lebih mudah memahami tentang topik inflasi. Sebelum membuatnya terlebih dahulu harus paham tentang sistematika penulisan makalah ekonomi. Memahami sistematika penulisan makalah perlu diperhitungkan supaya pembuatannya menjadi lebih rapi dan enak dibaca. 

Memahami makalah ekonomi makro tentang inflasi bukanlah sesuatu yang sulit. Pasalnya, isi makalah tersebut merupakan gambaran singkat mengenai permasalahan yang berkaitan dengan inflasi. Oleh karena itu, apa yang akan ditulis dalam makalah ekonomi makro tersebut harus berasal dari sumber yang bisa dipertanggungjawabkan. 

Cara Membuat Makalah Ekonomi Makro Tentang Inflasi 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa makalah ekonomi makro tidak sulit dalam pembuatannya. Namun, memang harus dipastikan bahwa apa yang ditulis pada makalah membahas tentang masalah inflasi dan juga solusinya. Berikut ini merupakan contoh makalah ekonomi makro tentang inflasi yang bisa dijadikan referensi.

1. Menuliskan Judul 

makalah ekonomi makro
Membuat Judul Makalah

Setiap makalah harus memiliki judul yang jelas. Dengan adanya hal tersebut, maka akan mempermudah pembaca dalam mengetahui inti tulisannya tanpa harus membacanya secara keseluruhan. Judul yang dibuat tidak boleh lebih dari 12 kata, ditulis di tengah atas halaman menggunakan huruf kapital serta dicetak tebal. 

2. Menuliskan Bab I Pendahuluan 

Pada bagian pembuka makalah akan diawali dengan pendahuluan. Bab pendahuluan ini berisi tentang latar belakang, rumusan masalah dan tujuan. Proses pembuatan bab pendahuluan tidak bisa dilakukan sembarangan karena di dalamnya merupakan gerbang awal dari kelanjutan makalah ekonomi makro di bab berikutnya.

Inti dari latar belakang adalah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada pembuatan makalah itu sendiri. Contohnya mengapa membahas topik tersebut?. latar belakang itu sendiri harus dibuat dengan jelas dan mudah dimengerti. Di dalam latar belakang juga harus membahas mengenai data-data yang mendukung.

Bagian rumusan masalah bisa diisi dengan beberapa pertanyaan-pertanyaan yang nantinya akan dijelaskan pada bagian pembahasan. Pertanyaan tidak perlu banyak cukup 2 sampai 3 saja. pertanyaan tersebut merupakan hasil pengerucutan dari latar belakang yang telah dibuat sebelumnya.  Sedangkan tujuan berisi tentang tujuan dibuatnya makalah tersebut.

3. Bab II Pembahasan 

makalah ekonomi makro
Bagian Pembahasan Makalah

Pada bab pembahasan ini merupakan bagian yang paling penting dari sebuah makalah. Bagian ini berisi mengenai uraian dari pembahasan yang sedang dibahas. Misalnya membahas mengenai inflasi berarti isinya mengenai hal itu. Isi dari bab pembahasan harus sesuai dengan latar belakang, rumusan masalah dan juga tujuan makalah.

Isi dari pembahasan mencakup tentang landasan teori, uraian materi dan juga solusi atau penyelesaian dari sebuah permasalahan yang sedang dibahas. Untuk membuat bab ini harus lebih banyak referensi dari buku atau berita supaya data yang ditulis benar-benar bisa dipertanggungjawabkan.

4. Bab III Penutup 

Bagian penutup makalah terdiri dari apa kesimpulan dan juga saran. Kesimpulan berisi tentang ringkasan hasil pembahasan makalah yang dibuat. Pada bagian ini Anda bisa menganalisis poin penting pada bagian pembahasan untuk menghasilkan sebuah kesimpulan dari permasalahan yang dibahas.

Sedangkan saran merupakan bagian yang ditujukan kepada pembaca. Saran ini harus berisi mengenai harapan penulis supaya makalah yang dibuat bisa bermanfaat dan diterapkan oleh pembaca. 

5. Daftar Pustaka 

makalah ekonomi makro
Menuliskan Bagian Daftar Pustaka

Pada bagian daftar pustaka berisi tentang daftar referensi yang digunakan oleh penulis dalam membuat makalah tersebut. Ini merupakan bagian penting yang tidak boleh diabaikan. Daftar referensi yang bisa digunakan yaitu buku, jurnal dan informasi valid dari internet. 

Itulah penjelasan mengenai gambaran contoh makalah ekonomi makro tentang inflasi. Diharapkan penjelasan diatas bisa menambah pemahaman mengenai penulisan makalah mengenai ilmu ekonomi. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk pembacanya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *