4 Manfaat Asuransi Yang Pasti Anda Dapatkan

manfaat asuransi

Tidak sedikit masyarakat yang belum mendaftarkan diri pada program asuransi, khususnya asuransi kesehatan dan jiwa begitupun dengan manfaat asuransi itu sendiri. Ada banyak alasan, salah satunya bisa karena kekurangan informasi. Lantas, apa itu asuransi?

Penjelasan singkatnya, asuransi merupakan sebuah istilah yang merujuk pada suatu tindakan, sistem, atau bisnis yang nantinya akan bertanggung jawa pada penggantian kerugian pada jiwa, kesehatan, dan properti.

Manfaat Asuransi

Pembuatan asuransi juga memiliki manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa dipertimbangkan untuk Anda yang belum mendaftarkan diri pada program asuransi.

1. Bisa memberikan ketenangan

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan saat mendaftarkan diri pada program asuransi adalah memberikan ketenangan. Soal masa depan tentu kita tak dapat mengetahuinya. Apa yang akan dialami esok hari, apakah akan berjalan baik atau justru Anda harus mengeluarkan pengeluaran  mendadak karena suatu hal. Artinya, di masa depan ada resiko yang tak dapat Anda prediksi namun bisa Anda antisipasi dan diminimalisir.

Namun bagaimana bila Anda kemudian sadar bahwa Anda sendiri bukanlah tipe orang seperti itu. Adanya penyedia layanan asuransi bisa memberi Anda jawaban serta meringankan beban saat ada peristiwa tak terduga. Asuransi bisa memberi Anda perlindungan dari resiko yang tak pasti.

Ini karena adanya penggantian yang diberikan oleh penyedia layanan asuransi akan meng-cover sebagian, atau bahkan secara keseluruhan apa yang menjadi kewajiban dalam suatu kejadian. Asuransi juga bisa dikenal sebagai salah satu alternatif untuk mengendalikan kerugian serta loss control dengan cara melakukan survey di lapangan.

2.  Bisa menjadi investasi dan tabungan Anda di masa depan

Saat Anda mendaftarkan diri sebagai salah satu nasabah dari lembaga asuransi dan menjadi pemegang polis, maka Anda bisa memperoleh jaminan pengembalian dana investasi saat kontrak berakhir. Asuransi yang memang diperuntukkan investasi akan diberi kelonggaran hingga fleksibilitas saat memilih masa tanggungan.

Nah, biasanya akan ada 3 pilihan waktu. Yaitu masa pertanggungan nasabah pemegang polis, jangka waktu 5, 7 sampai 10 tahun. Ada juga besaran premi, yaitu tunggal yang memang relatif terjangkau, serta bebas biaya administrasi.

3. Bisa meminimalisir kerugian

Soal rugi, tentu tidak ada yang mau mendapatkannya. Namun kerugian juga tidak bisa terprediksi. Oleh sebab itu, dengan pendaftaran asuransi sesuai jenis, fungsi dan kepemilikiannya secara umum. Asuransi mampu membantu pemegang polis meminimalisir kerugian yang tidak terduga. Beberapa kerugian tak terduga seperti terjadinya kecelakaan, bencana kebakaran hingga harus mengeluarkan biaya rumah sakit.

4. Membantu mengatur keuangan

Saat Anda mendaftarkan diri pada program asuransi maka Anda wajib membayar sejumlah premi, dengan rutin. Hal ini akan memaksa Anda untuk menyediakan dana cadangan yang mesti dipakai saat terjadi suatu kejadian diluar prediksi atau tak terduga. Walaupun begitu saat kejadian tersebut benar-benar sudah terjadi, Anda tentu harus mengeluarkan biaya yang banyak maka asuransi bisa menanggungnya.

Dengan adanya asuransi, Anda bisa mengurangi pengeluaran tak terduga yang bisa saja malah jauh lebih tinggi dibanding biaya harian.

Itulah beberapa manfaat asuransi yang bisa Anda dapatkan. Di Indonesia sendiri soal asuransi sudah diatur secara resmi dalam peraturan pemerintah sehingga regulasinya sudah jelas. Jenisnya juga ada beragam, diantaranya asuransi kesehatan dan jiwa yang cukup banyak diminati.

Sementara untuk lembaganya sendiri, ada lembaga swasta ada juga lembaga miliki pemerintah yaitu BPJS. Anda bisa memilih lembaga asuransi mana yang memang sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *