Menguak Freelancer Adalah: Fakta, Opini, Masyarakat, Dan Kebebasan Kerja

freelancer adalah Penghasilan

Kerja gak harus ngantor, sepertinya tagline ini sangat populer di zaman milenial saat ini karena tersedia banyak pekerjaan yang dapat dikerjakan dari jarak jauh atau online. Hal itu dapat terjadi setelah adanya kesepakatan kerja antara keduanya. Freelancer adalah pekerja lepas yang dibayar untuk suatu proyek tertentu. Untuk ulasannya dapat disimak di sini!

Mengenal Freelancer

Pengertian freelancer merupakan pekerja lepas tanpa adanya ikatan dalam jangka panjang dengan suatu instansi atau seseorang yang memberinya pekerjaan. Akan tetapi, sistem pekerjaan yang dilakukan tetap diikat dengan kontrak kerja. Biasanya hanya berisi detail pekerjaan yang akan digarap, biaya pengerjaan atau upah yang akan diterima, dan rentang waktu pengerjaan proyek.

Freelancer terdiri atas dua jenis, yaitu freelancer full time dan freelancer part time. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pertama, freelancer full time berarti seluruh waktu yang dimilikinya digunakan untuk suatu pekerjaan dan upahnya berasal dari pekerjaan itu. Kedua freelancer part time berarti mengerjakan proyek untuk mengisi waktu luang dan dapat penghasilan tambahan.

Contoh Pekerjaan Seorang Freelancer

Terdapat banyak pekerjaan yang termasuk dalam kategori contoh kerja freelancer. Akan tetapi, pekerjaan freelancer biasanya berkaitan dengan IT dan teknologi. Contohnya, IT, contentwriter, copywriter, desain, konsultan, data entry, penerjemahan, digital marketing, dan masih banyak lagi. Pekerjaan tersebut dapat dikerjakan secara online atau jarak jauh dan dapat dikerjakan dimana saja.

freelancer adalah pekerja lepas

Dengan keahlian khusus yang dimiliki anda dapat memilih salah satu pekerjaan tersebut. Anda dapat melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk pekerja lepas. Dengan begitu, anda dapat mengerjakan proyek secara individu dan online. Keuntungan yang diperoleh adalah tidak perlu tatap muka secara langsung dengan clien.

Sistem Kerja seorang Freelancer

Beberapa perusahaan lebih tertarik untuk merekrut para pekerja lepas daripada karyawan tetap. Perusahaan menggunakan website sebagai cara kerja freelancer untuk mendapat clien dan proyek. Banyak contoh website yang dapat digunakan, lalu calon clien akan membuat detail job serta gaji yang ditawarkan. Lalu bagi yang tertarik dengan pekerjaan itu dapat mendaftar dan mengirim portofolionya.

Website merupakan pihak ketiga yang menyalurkan job dari clien ke pekerla lepas. Setelah clien cocok dengan freelancer, akan terjadi negosiasi mengenai detail pekerjaan dan harga. Lalu anda dapat memulai pekerjaan dan gaji akan diperoleh saat pekerjaan selesai. Melalui sistem kerja seperti ini semua pihak diuntungkan dan sangat kecil kemungkinan untuk terjadi penipuan atau fee yang tidak dibayar.

Syarat Jadi Seorang Freelancer

Tertarik menjadi freelancer? Syarat menjadi freelancer sangat mudah, yaitu pertama memiliki keahlian atau pengalaman tertentu. Dengan begitu anda akan banyak dicari untuk proyek tertentu. Kedua memiliki manajemen waktu yang baik karena sangat berguna untuk disiplin dalam mengatur diri sendiri. Anda memerlukan tenggat waktu untuk menyelesaikan sebuah proyek secara tepat waktu.

ini freelancer adalah pekerja lepas

Freelancer merupakan pekerjaan yang menuntut komitmen dan professional dalam bekerja. Hal tersebut karena pekerja dan clien jarang bertatap muka, sedangkan profesionalitas kerja juga dibutuhkan agar pekerjaan berjalan lancar. Keempat butuh fasilitas pendukung dalam pengerjaan proyek, seperti computer, jaringan internet, dan cemilan ringan untuk teman kerja.

Freelancer adalah sebuah pekerjaan yang menjanjikan untuk para pengangguran atau seorang yang memiliki keahlian khusus, tetapi tidak ingin terikat dengan perusahaan. Proyek yang anda pilih juga beragam jenisnya, tetapi mayoritas seputar IT dan teknologi karena dapat dikerjakan secara online atau jarak jauh dan yang utama harus didukung dengan alat dan jaringan internet. Pekerjaan yang menarik bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *