3 Celah Menjaring Uang Dari Bisnis Ikan Hias yang Jarang Diketahui

Ikan hias bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat potensial untuk dijalankan. Menjaring uang dari bisnis ikan hias juga masih terbilang jarang untuk diketahui. Sehingga, peluang dalam bidang ini masih sangat terbuka lebar. 

Ikan hias memiliki banyak ragam, namun secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Keduanya memiliki perbedaan cara perlakuan dan perawatan. Sehingga, sebelum terjun ke bisnis ikan hias ini, pelajari karakteristik keduanya dan putuskan hendak bermain di sektor yang mana. 

Peluang Untuk Menjaring Uang Dari Bisnis Ikan Hias

Sudah banyak diketahui, jika ikan hias kebanyakan digunakan hanya sebagai pelengkap dekorasi dan koleksi penghobi saja. Namun, tidak banyak yang mengetahui celah-celah strategi bisnisnya agar bisa menjaring uang dari bisnis ikan hias ini. Untuk itu, mari simak dalam ulasan berikut ini.

1. Penghobi Usia Dini

menjaring uang dari bisnis ikan hias
Menjadi penghobi ikan hias sejak usia dini

Sejak kecil, anak memiliki kecerdasan natural yang berbeda-beda. Nah, untuk anak dengan kecerdasan natural yang tinggi, tentu memiliki peliharaan adalah impian. Dibandingkan peliharaan berupa kucing, anjing  dan burung, makan ikan hias jauh lebih mudah untuk dipilih untuk dipercayakan pada anak-anak. 

Ada beragam jenis ikan hias yang bisa untuk anak usia dini, agar perawatan dan juga kelangsungan hidupnya terjamin. Misalnya adalah ikan cupang. Ikan soliter ini tidak butuh wadah besar dan juga perawatan yang sangat mudah. Bahkan, anak-anak pun dapat merawatnya dan ini menjadi salah satu celah dalam menjaring uang dari bisnis ikan hias.

2. Menawarkan Jasa Perawatan Ikan Hias

menjaring uang dari bisnis ikan hias
Memberikan jasa untuk merawat ikan hias

Ada banyak orang yang tidak memiliki cukup waktu untuk mengurus peliharaan. Namun, di sisi yang lain mereka butuh peliharaan untuk melepas jenuh dan stress saat bekerja. Mengamati ragam ikan hias yang berenang, menghadirkan sensasi ketenangan tersendiri dan itu mereka butuhkan. 

Untuk itu, tawarkan jasa sewa ikan hias berikut dengan perawatannya. Jadi, pengusaha bisa tetap menikmati ikan hias yang cantik-cantik tanpa harus repot mengurusi saluran air, kejernihan akuarium dan lainnya.  Keuntungan lain dari bisnis ikan hias ini adalah dapat menjadi bisnis jangka panjang.

Sebab, jika bosan dapat mengganti jenis ikan yang hendak dihadirkan. Tentu saja, ini lebih mudah bagi pengusaha dibandingkan harus membeli, merawat dan juga menambah lagi jumlah ikan yang harus dipelihara. Tidak heran jika ini bisa menjadi peluang yang sangat menjanjikan.

3. Dekorasi Instansi Atau Kantor

menjaring uang dari bisnis ikan hias
Jasa dekorasi kantor atau kamar dengan ikan hias

Hampir sama dengan konsep yang ditawarkan untuk para pengusaha sibuk di atas. Dalam hal ini pebisnis ikan hias menawarkan sistem paket sewa dan perawatan. Di instansi atau kantor-kantor, hotel rumah makan dan sejenisnya, biasanya ada akuarium ikan hias. Selain untuk dekorasi juga untuk mendatangkan ambience nyaman. 

Jika sudah memiliki aquarium beserta ikannya, maka tawarkan untuk upgrade besaran akuarium, ganti model, bahkan tukar dan tambah jenis ikan yang ditampilkan. Selain itu, bisa juga menawarkan konsep aquascape agar suasana akuarium semakin dramatis dan indah.  Bagi yang belum memiliki, tawarkan jasa untuk persewaan atau beli semua.

Jaminkan bahwa semua perawatan dan kelangsungan hidup ikan tidak perlu dipusingkan lagi. Hal ini tentu jadi solusi yang menyenangkan bagi karyawan maupun pemiliknya. Sebab, tidak terbebani untuk pemeliharaan. 

Demikianlah tiga celah menjaring uang dari bisnis ikan hias yang tidak banyak dilihat oleh pebisnis ikan hias. Selain tiga strategi di atas, ada banyak strategi lain agar menghasilkan keuntungan lebih. Selamat mencoba. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *