Kupas Tuntas Tentang P2P Lending yang Harus Dipahami

p2p lending

Meski menjadi istilah yang cukup umum dalam dunia keuangan, namun tak bisa dipungkiri jika banyak orang masih belum memahami apa itu P2P lending. Ketika membahas tentang peer to peer lending terdapat dua pendekatan. Pertama adalah pendekatan sebagai peminjam dan yang kedua adalah pendekatan sebagai pemberi pinjaman (investor).  

Apa Itu Peer to Peer Lending? 

p2p lending
Memahami Konsep Peer to Peer Lending

Peer to peer (P2P) lending merupakan metode atau praktik memberikan pinjaman uang kepada seseorang atau bisnis. Selain itu, juga mengajukan pinjaman untuk keperluan individu atau bisnis. Intinya P2P lending menghubungkan antara pemberi pinjaman (investor/pendana) dengan peminjam yang dilakukan secara online. 

P2P lending memungkinkan setiap orang untuk bisa memberikan pinjaman atau mengajukan pinjaman satu sama lain. Pinjaman yang diajukan akan digunakan untuk berbagai kepentingan. Dalam prosesnya tanpa menggunakan jasa dari lembaga keuangan yang sah sebagai perantara. 

Sistem peminjaman ini mirip dengan konsep marketplace online. Hal ini karena dalam sistem peer to peer juga menyediakan wadah sebagai tempat bertemunya pembeli dengan penjual. Bisa dikatakan P2P lending merupakan marketplace untuk kegiatan pinjam dan meminjam uang. 

Banyak orang menggunakan P2P lending karena prosesnya mudah. berbeda dengan mengajukan pinjaman ke lembaga resmi, seperti koperasi, bank, jasa kredit, pemerintah dan sebagainya. Jadi tidak heran jika penggunanya semakin meningkat, terlebih pengguna internet semakin banyak.

Daftar P2P Lending Indonesia Terdaftar OJK

1. KoinWorks  

Daftar P2P lending Indonesia terdaftar di OJK salah satunya adalah KoinWork. KoinWork menawarkan sarana investasi dengan bunga yang kompetitif. Bunga yang ditawarkan mulai 18% per tahun sesuai dengan risiko pinjaman. Sebelum memberikan dana investasi pihak KoinWorks terlebih dahulu akan menyeleksi profil calon peminjam.

Keunggulan dari KoinWorks  yaitu dilengkapi dengan proteksi untuk meminimalisir dampak kerugian investor. Investor bisa memilih akan membiayai sektor apa saja, contohnya kesehatan, bisnis, dan juga pendidikan. Dana untuk investasi mulai 100 ribu ditambah dana atas transaksi investasi dengan jumlah sesuai ketentuan.

2. Danamas 

p2p lending
Perusahaan Lending Danamas

Danamas merupakan perusahaan lending pertama di Indonesia yang memiliki izin dari OJK. Tujuan didirikannya perusahaan ini adalah untuk mencetak pengusaha kecil di Indonesia. Perlu diketahui jika Danamas selalu siap mendukung masyarakat yang tertarik untuk menjadi investor bagi UMKM. Pinjaman terbesar yang bisa diberikan mencapai 2 Miliar.

3. DanaKita  

Perusahaan yang satu ini menawarkan layanan peminjaman dana secara online dengan return signifikan bagi investor. Perusahaan ini berani memberikan pinjaman ke masyarakat tanpa jaminan serta bisa dicairkan dengan cepat. Dana yang dipinjamkan mulai 5 juta hingga 1 juta dengan jangka waktu mulai 6, 12 dan 18 bulan. 

4. Klik ACC 

p2p lending
Sistem Peminjaman dari Klik ACC

Perusahaan selanjutnya adalah Klik ACC. Klik ACC ini merupakan perusahaan yang menyediakan layanan peminjaman secara online dengan menggunakan sistem kemitraan. Keamanan dari perusahaan ini tidak bisa diragukan karena didukung oleh BCA dan juga sudah bekerja sama dengan perusahaan besar, seperti XL Axiata, Tokopedia dan sebagainya. 

5. Uangteman 

Uang teman merupakan salah satu perusahaan startup yang ada di Indonesia. Perusahaan ini menyediakan layanan dalam jangka waktu pendek untuk kebutuhan bisnis maupun konsumsi. Uang Teman hadir sebagai sarana untuk pembiayaan online dengan layanan simpel, transparan dan juga simpel. 

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian P2P lending dan daftar P2P lending di Indonesia terdaftar OJK. Diharapkan penjelasan diatas bisa menambah informasi dan pengetahuan mengenai P2P lending. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *