Panduan Lengkap Memilih Asuransi yang Tepat Guna

Kepemilikan asuransi dapat dikatakan penting untuk kelangsungan hidup di masa depan.Bagi Anda yang telah menyadari pentingnya kebutuhan untuk memiliki asuransi, jangan terburu-buru memilih asuransi. Memilih produk asuransi tidak bisa sembarangan, butuh pertimbangan dan pengaturan yang matang agar manfaatnya benar-benar Anda rasakan.

Oleh karena itu, berikut ini kami siapkan panduan lengkap cara untuk memilih produk asuransi lengakp dengan tips yang dapat membantu Anda mendapatkan perlindungan yang terbaik dalam ulasan berikut ini:

Cara Memilih Asuransi

Ketika memilih produk asuransi, terdapat beberapa cara yang dapat Anda ikuti agar mendapatkan asuransi yang tepat guna dan sesuai. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Kenali Dulu Kebutuhan Anda yang Akan Diasuransikan

Disadari atau tidak, kita seringkali tidak mengetahui dengan tepat apa yang sebenarnya kita butuhkan. Oleh karena itu, tentukan kebutuhan yang benar-benar penting untuk diasuransikan.

Misalnya, jika Anda memiliki penyakit yang kambuh mendadak seperti asma, Anda tentu butuh asuransi kesehatan yang dapat mengcover biaya perawatan tanpa khawatir tidak dapat membayar tagihan rumah sakit karena kambuh mendadak. Meskipun, ada baiknya juga kita yang tidak memiliki  penyakit yang kambuhan juga memiliki asuransi, karena kita tentu tidak tahu kapan kita bisa jatuh sakit.

  • Kumpulkan Informasi Mengenai  Desain Asuransi

Untuk memilih produk asuransi yang tepat guna, maka Anda perlu mengenali desain atau mekanisme asuransi. Cobalah untuk mengumpulkan informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan asuransi seperti polis, sistem premi, sistem klaim, jenis-jenis perlindungan yang ditawarkan, hingga manfaat-manfaat yang Anda dapatkan dari asuransi tersebut.

  • Cari Informasi Mengenai Perusahaan Penyedia Layanan Asuransi yang Anda Inginkan

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang menawarkan produk asuransi, namun tidak semuanya memiliki kredibilitas yang baik. Kredibilitas tentu sangat penting, karena Anda tidak mau membayar premi yang mahal tetapi pelayanan yang diberikan tidak memuaskan.

Anda dapat melihat kredibilitas perusahaan asuransi ini dari penghargaan, review nasabah, atau usia yang menjadi bukti eksistensi perusahaan yang mampu berjalan dari masa ke masa.

Tips Memilih Asuransi

Semua orang tentu menginginkan pelayanan yang maksimal dengan harga yang seramah mungkin. Nah, untuk membantu Anda memilih produk asuransiterbaik dengan harga yang ramah berikut ini beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

  1. Memastikan Penjual Produk Asuransi Berlisensi AAJI

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika memilih produk asuransi adalah memastikan agen asuransi dari perusahaan telah terdaftar secara resmi. Hal ini begitu penting karena jika agen asuransi ini resmi maka ia akan memiliki tanggung jawab besar terhadap produk yang ia tawarkan.

Apa yang Perlu Anda Ketahui Dengan Memilih Asuransi Tepat guna?

Jika orang yang menawarkan asuransi kepada Anda adalah seorang broker, maka ada kemungkinan Anda sebagai kliennya akan kesulitan untuk melakukan klaim dan ia pun tak bisa membantu Anda secara langsung, tentu hal ini akan merugikan Anda. Oleh karena itu, pastikan agen yang menawarkan asuransi kepada Anda memiliki bukti keanggotaan AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia).

  • Menyesuaikan Premi dengan Pendapatan Anda

Keuangan memang menjadi pertimbangan yang paling sensitif ketika memilih asuransi. Jangan sampai merasa dirugikan, cobalah luangkan waktu untuk mencoba simulasi asuransi dengan menghitung biaya premi yang diterapkan oleh perusahaan penyedia asuransi. Sesuaikan dengan pendapatan bulanan Anda, usahakan anggaran untuk asuransi tidak melebihi 10 – 20% gaji bulanan Anda.

  • Membandingkan Produk dari Beberapa Perusahaan Asuransi

Tidak perlu terburu-buru, cobalah untuk memperlajari produk asuransi dari beberapa perusahaan. Mintalah penjelasan dari agen atau cari tahu sendiri mengenai produk-produk yang ditawarkan masing-masing perusahaan, sehingga Anda mendapatkan produk yang tepat dengan manfaat yang dirasakan maksimal tanpa merasa rugi secara finansial.

Itulah panduan lengkap yang dapat Anda ikuti ketika memilih asuransi agar tepat guna dan manfaatnya terasa maksimal, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *