Pengertian Pasar Persaingan Sempurna dan Contoh-contohnya

pasar persaingan sempurna

Salah satu jenis pasar dalam dunia ekonomi adalah pasar persaingan sempurna. Meski sering disebut dalam dunia ekonomi, nyatanya masih banyak orang yang tidak memahami arti dari jenis pasar ini. Maka dari itu, mari mencari tahu apa pengertian istilah tersebut beserta contohnya.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna dan Ciri-ciri

pasar persaingan sempurna
Jenis pasar dimana jenis barang yang dijual sama atau homogen

Istilah ini memiliki arti yaitu pasar yang jumlah pembeli maupun penjualnya sangat banyak.  Akan tetapi produk yang dijual sama atau homogen. Adapun contoh produk yang dijual seperti beras, kentang, minyak, gandum, sayur, buah, kecap, bawang merah dan sebagainya.

Meskipun menjual produk atau barang yang sama, harga produk dalam pasar tersebut tidak bisa dipengaruhi oleh penjual atau pembeli. Jadi, bisa dibilang jika harganya benar-benar berasal dari kesepakatan dan juga interaksi antara penawaran serta permintaan. Konsep pemasaran seperti ini supaya penjual lebih teratur dalam menjalankan bisnisnya.

1. Memiliki Banyak Penjual dan Pembeli

Ciri pertama dari pasar ini adalah memiliki banyak penjual dan juga pembeli. Hal ini membuat perilaku keduanya (penjual dan pembeli) tidak bisa mempengaruhi kondisi pasar. Interaksi antara penjual dan pembeli biasanya sebagai pengikut harga sehingga harga dalam pasar bersifat tetap.

2. Produk atau Barang yang Dijual Bersifat Homogen

Ciri utama yang paling mencolok dari pasar ini adalah produk atau barang yang dijual bersifat homogen atau sama. Jadi produk atau barang yang dihasilkan oleh setiap perusahaan itu sangat identik dan sulit dibedakan. Maksudnya, konsumen yang membeli produk atau barang di satu perusahaan berarti akan mendapat produk yang sama meski membeli di perusahaan lainnya.

3. Penjual dan Pembeli Paham dengan Keadaan Pasar

Penjual maupun pembeli tahu semua hal terkait dengan pasar, mulai dari tingkat harga hingga perubahannya. Hal ini membuat seluruh sumber daya dapat digunakan sepenuhnya untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Pemahaman seperti ini juga akan membuat harga di pasar menjadi sama.

4. Free Entry and Free Exit

Istilah ini juga berlaku pada pasar ini dikarenakan tidak adanya keterikatan dalam membuka maupun menutup pasar. Dimana setiap perusahaan bebas membuka atau menutup usahanya sesuai dengan hasil yang diperoleh. Entah dalam keadaan rugi maupun untung.

5. Mobilitas Sumber Ekonomi Sempurna

Mobilitas sumber ekonomi dalam pasar ini sangatlah sempurna. Hal ini dikarenakan proses penjualan produk atau barang bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan tidak ditemukan persaingan atau promosi besar-besaran dalam pasar dikarenakan produk yang dijual bersifat homogen atau sama. Akan tetapi, hal ini akan memicu terjadinya defisit inovasi. 

Contoh Pasar Jenis Persaingan yang Sempurna

pasar persaingan sempurna
Adanya pasar buah dan sayur juga termasuk jenis pasar dengan persaingan sempurna

1. Pasar Bursa Efek

Pasar bursa efek ternyata masuk dalam kategori pasar dengan persaingan yang sempurna. Meskipun modal maupun bursa efek bukanlah bahan pokok masyarakat. Hal ini dikarenakan harga produk ditentukan oleh sistem sehingga tidak akan terpengaruh pihak lainnya, bak penjual maupun pembeli.

2. Pasar Buah dan Sayur

Tingkat konsumsi buah maupun sayur di Indonesia sangatlah tinggi. Kondisi ini kemudian membuat buah dan sayur menjadi komoditas yang tidak bisa ditinggalkan masyarakat. Harga jual buah maupun sayur merupakan hasil permintaan dan penawaran dari pihak penjual serta pembeli. Jadi, tidak ada pihak yang bisa mempengaruhi harga jual lebih tinggi dari harga buah dan juga sayur sejenis di pasar.

Nah itulah pengertian pasar persaingan sempurna beserta contoh-contohnya. Diharapkan penjelasan diatas bisa membantu pembaca memahami tentang pasar tersebut. Semoga bermanfaat ya!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *