6 Peluang Bisnis Home Industri yang Menjanjikan dan Menguntungkan

bisnis home industri

Saat ini bisnis home industri sangat diminati oleh masyarakat, selain karena konsepnya yang sederhana tetapi juga menjanjikan. Banyak peluang dan ide bisnis yang bisa direalisasikan dalam bisnis home industri. Jenis bisnis yang satu itu sangat cocok untuk para ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang.

Mengawali bisnis home industri tidak membutuhkan modal besar tetapi keuntungan yang akan didapat sangat besar. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk dicoba dan ditekuni. Berikut adalah beberapa peluang bisnis home industri yang menguntungkan. 

Peluang Bisnis Home Industri  

1. Aneka Olahan Jamur

bisnis home industri
Olahan dari Jamur

Makanan dengan bahan dasar jamur saat ini sangat digemari oleh masyarakat. jamur tersebut bisa diolah menjadi makanan dengan nilai ekonomis tinggi, seperti abon jamur, sate jamur, keripik jamur dan sebagainya. 

Lebih enaknya lagi, bibit jamur bisa dijual secara langsung tanpa menunggu buahnya. Bahkan budidaya jamur bisa dilakukan di tempat sempit sekalipun. Modal yang dibutuhkan untuk menekuni bisnis ini sangat terjangkau. Fakta inilah yang kemudian membuat bisnis olahan jamur perlu menjadi peluang bisnis home industri.

2. Home Industri Makanan Kering 

Bisnis home industri modal kecil tetapi menguntungkan adalah makanan kering. Peluang menekuni bisnis ini sangat menjanjikan terlebih olahan makan tersebut bisa bertahan lama sehingga bisa dijual dalam jangka waktu beberapa hari. Selain itu, juga tidak mudah basi.

Beberapa produk olahan makanan kering adalah keripik ikan, keripik ketela, keripik pisang, kerupuk beras, kacang gurih, berondong jagung, sale pisang, rengginang dan sebagainya.

3. Home Industri Oleh-oleh Khas 

bisnis home industri
Oleh-oleh Khas Daerah Tertentu

Sudah bisa dipastikan bahwasanya setiap daerah mempunyai oleh-oleh khas. Biasanya jajanan tersebut dibeli oleh wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut untuk oleh-oleh keluarga maupun teman dirumah. Realita ini kemudian membuka peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Beberapa produk oleh-oleh khas yang bisa dijadikan ide usaha adalah Tahu Kediri, Lumpia Semarang, Dodol Garut, Pempek Palembang, Keripik Apel Malang, Peuyeum Bandung, Pie Susu Bali, Pecel Madiun, dan Pia Pathok Jogja. 

4. Home Industri Kue

Salah satu menu wajib dalam suatu acara adalah kue, entah kue kering atau basah. Hal ini yang membuat permintaan akan kue terus meningkat dan tidak akan ada habisnya. Sehingga peluang bisnis ini memiliki prospek yang sangat cerah dan menguntungkan. 

Contoh produk kue home industri adalah kue nastar, kue putri salju, kue cookies, kue bawang, kue sagu, kue brownies, kue tart, kue kukus, kue lapis, kue gulung, kue blackforest, rainbow cake dan sebagainya.

5. Home Industri Kain Flanel 

Selama ini kain flanel sudah diketahui merupakan bahan dasar untuk membuat kerajinan tangan. Jenis kain tersebut bisa disulap menjadi berbagai macam aksesoris lucu dan unik. Harga kain flanel sangat terjangkau dan mudah untuk didapatkan, tetapi setelah diubah menjadi aksesoris akan memiliki harga jual tinggi.

Adapun contoh aksesoris dan souvenir berbahan dasar kain flanel adalah pin, bros, sandal, bungkus Hp, dompet, jepit rambut, bando, boneka, topi, boneka dan sebagainya.

6. Home Industri Daur Ulang Sampah

bisnis home industri
Bisnis Daur Ulang

Keberadaan sampah seringkali dianggap menjadi sesuatu yang tidak berguna. Padahal sampah memiliki nilai ekonomis tinggi jika diolah dengan tepat. Baik sampah organik maupun non organik bisa diolah dan dijual kembali. Hanya dengan modal kecil akan mendapatkan hasil yang menguntungkan.

Itulah 6 peluang bisnis home industri yang bisa dicoba sebagai peluang usaha yang menjanjikan dan berprospek bagus di masa mendatang. Semoga penjelasan diatas bisa menginspirasi pembaca semuanya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *